Pengalaman Komunikasi Caddy Dalam Melakukan Evasi Komunikasi

Dewi Mariani Purba, Hamsinah Hamsinah, Anggia Hesti Benjamin

Abstract


Penelitian ini menganalisis fenomena evasi komunikasi dalam hubungan kerja antara para caddy dan pemain golf berdasarkan data wawancara. Penelitian menggunakan pendekatan grounded theory untuk mengidentifikasi pola evasi komunikasi yang muncul dari data wawancara dan middle theory untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan evasi komunikasi. Motivasi utama dalam evasi komunikasi caddy adalah untuk melindungi diri dari situasi yang tidak diinginkan dan mempertahankan hubungan kerja yang baik dengan pemain golf. Faktor-faktor psikologis dan sosial, seperti rasa takut dan keinginan untuk menghindari konfrontasi, turut mempengaruhi keputusan menggunakan strategi evasi komunikasi. Ditemukan pula bahwa repetisi dan canalizing adalah bentuk evasi komunikasi yang sering muncul dalam data. Repetisi terjadi ketika para caddy mengulang penggunaan alasan atau informasi palsu secara konsisten, sementara canalizing terjadi ketika mereka mengarahkan percakapan ke topik lain untuk mengalihkan perhatian dari pertanyaan atau permintaan yang tidak nyaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evasi komunikasi merupakan strategi perlindungan diri para caddy untuk menjaga privasi dan menghindari situasi yang tidak diinginkan. Faktor-faktor seperti norma-norma sosial, pengalaman sebelumnya, dan interaksi sosial mempengaruhi pola evasi komunikasi yang terjadi. Penelitian ini memberikan wawasan yang bernilai tentang fenomena evasi komunikasi dalam konteks hubungan kerja antara para caddy dan pemain golf, serta implikasi penting untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas hubungan kerja.

Keywords


evasi komunikasi; hubungan kerja; caddy; golf

Full Text:

PDF

References


Agus, G. (2022). Melakoni Profesi sebagai Caddy Golf, Bukan Sekadar Pekerjaan “Happy-Happy.” Era.Id.

Amin, K., Padjadjaran, U., Raya Bandung Sumedang, J. K., & Sumedang, K. (2021). Pengalaman Komunikasi dan Adopsi Teknologi Komunikasi dalam Menjalankan Organisasi Mahasiswa selama Pandemi Covid-19 Experience of Communication and Communication Technology Adoption in Running Student Organizations During The Covid-19 Pandemic. 09(01), 1–15.

Aryandi, D. (2019). Pekerjaan yang Asyik, Caddy Bisa Memiliki Wawasan Luas. Tribunnews.

Dwi Jayati, D. (2023). Jerat Pidana Pasal Pelecehan Seksual dan Pembuktiannya. Hukum Online.Com.

Farid, muhammad. (2022). Mengenal Profesi Caddy Golf: dari Tugas, Syarat, hingga Gaji yang Didapatkan. Voi.

Putri, W. E., & Firdaus, M. (2018). Pengalaman Komunikasi Mahasiswi Yang Melakukan Hijrah (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswi Fisip Universitas Riau Yang Melakukan Hijrah). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 1–12.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sipahutar Celvin, P. A. N. (2020). Pengalaman Komunikasi Curhat Anonim Bagi Followers @18Autobase Di Twitter . Lensa Mutiara Komunikasi, 4(Nomor 2), 1–19.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wagiono. (2022). Kenali dan Cegah Pelecehan Seksual di Tempat Kerja. Kementrian Keuangan.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id