Penggunaan Aplikasi Tiktok Oleh Divisi Media Sosial Dalam Mempromosikan Portal Berita Media Indonesia

Irma Diah Saputri, Muminto Arief, Cakraningsih Cakraningsih

Abstract


Media Indonesia ingin menggaet generasi muda serta dapat bersaing secara kompetitif dengan media lainnya, melalui penggunaan TikTok dengan harapan meningkatkan awareness. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi TikTok oleh divisi media sosial dalam mempromosikan portal berita dan hambatannya. Kajian teori yang diguanakan adalah teori Determinisme Teknologi oleh Marshall McLuhan dan konsep empat tahapan dari model Cutlip and Center. Pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode kontruktivisme. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Analisis data kualitatif dengan mengkategorikan jawaban. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa persiapan yang dilakukan divisi media sosial Media Indonesia yaitu menyiapkan SDM yang berkualitas, membut konten video yang menarik dan melakukan kosnsitensi tehadap program yang telah dilakukan dan penyebaran informasi. Nama akun TikTok @media_indonesia dengan logo perusahaan. Lalu jenis konten yang di unggah seperti informasi viral, news poitik dan hiburan. Hambatannya masih kurang SDM yang berkualitas sehingga pengoperasian TikTok tidak maksimal. Saran penelitian: Media Indonesia di divisi media sosial masih kurang anggota di dalam divisi tersebut, sebaiknya divisi tersebut menambahkan beberapa anggota lagi untuk membantu mengelola berbagai platform khususnya TikTok sehingga fokus pada pekerjaannya masing – masing.

Keywords


Media Indonesia; IMC; Portal Berita; TikTok

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Agustang, A., & Putra Agustang, A. D. M. (2022). Perempuan Dan Tiktok: Studi Tentang Eksistensi Diri Dan Tubuh Sebagai Konsumsi Publik Perempuan Milenial Mahasiswi FIS-H Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(3), 159. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.37108

Andhika, M. H. R., Hamzah, R. E., Pasaribu, M., & Putri, C. E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi @suasanakopi. Cyber PR, 2(2), 107–118.

Bayquni. (2018). Partisipasi Khalayak Media Online Terhadap liputan6.com dalam Memenangkan Persaingan Industri Media Massa di Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 228–237.

Bungin, B. (. (2017). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Febriana, A. I. D. (2018). Determinasi Teknologi Komunikasi Dan Tutupnya Media Sosial Path. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 86. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.948

Fitri, T. S. N. (2018). Event Marketing Urban GIGS Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Pproduk GG MILD Di Pekanbaru. JOM FISIP UNRI, 5(Januari-Juni), 3–14.

Gunawan, I. (2014). Meotode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Haqqu, R. (2020). Era Baru Televisi dalam Pandangan Konvergensi Media. Jurnal Rekam, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.24821/rekam.v16i1.3721

Moleong, L. . (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosidin, A. B., & Hamid, A. (2020). Media Online Dan Kerja Digital Public Relations Politik Pemerintah Dki Jakarta. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 164–174. https://doi.org/10.32509/.v19i2.1046

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Ke 24). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id