Implementasi CSR PT. Pertamina Retail Dalam Program Pertamina Retail Peduli Stunting

Joenatan Hendrik Wamea, Dian Ismi Islami, Wahyu Srisadono

Abstract


Stunting menjadi kekhawatiran serius bagi pemerintah Indonesia. Tingginya angka stunting di negara ini memiliki dampak negatif terhadap pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Sepertihalnya yang dilakukan Pertamina Retail dalam merespon masalah tersebut Pertamina Retail mengimplementasikan kedalam program Tanggung jawab sosial dan lingkungan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi pedoman Pertamina Retail dalam melakukan program Pertamina Retail Peduli Stunting. bagaimana proses yang dilakukan dalam mengimplementasikan program ini dan juga bagaimana keterlibatan stakeholder dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan. Teori yang diterapkan peneliti yaitu teori stakeholder dan teori Tindakan komunikasi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus serta peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian ini, peneliti mengungkapkan  Pertamina Retail berpedoman kepada kekhawatiran pemeritah akan stunting serta peneliti mengungkapkan dalam proses pelaksanaan program tersebut memiliki tahapan-tahapan mulai dari survey, kordinasi, persiapan alat dan bantuan sampai kepada pelaksanaan kegiatan. Keterlibatan stakeholder merupakan kunci dari keberhasilan Implementasi program “Pertamina Retail Peduli Stunting” adanya hubungan kolaboratif ini menciptakan hubungan yang baik dan berkesinambungan antara perusahaan dan stakeholdernya.

Keywords


Pertamina Retail; Implementasi Program; Tanggung Jawab Sosial

Full Text:

PDF

References


Andika, F., Afriza, N., Husna, A., Rahmi, N., & Safitri, F. (2022). Edukasi Tentang Isu Permasalahan Kesehatan di Indonesia Bersama Calon Tenaga Kesehatan Masyarakat Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Kesehatan), 4(1), 39–44.

Ariastini, N. N., & Semara, I. M. T. (2019). Implementasi Konsep Triple Bottom Line Dalam Program Corporate Social Responsibility Di Hotel Alila Seminyak. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2), 160–168. https://doi.org/10.22334/jihm.v9i2.155

Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jisip, 7(2), 77.

Dr. Ilona Vicenouie Oisina Situmeang, M. S. (2016). COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Dipandang dari Perspektif Komunikasi Organisasi. Equilibria.

Editor medis siloam. (2023). informasi siloam. Siloamhospitals.Com.

Erlangga, C. Y., & Masitoh, S. (2020). Strategi Public Relation Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Di Era New Normal ( Studi Kasus Suvana Jakarta Golf ). Jurnal Public Relation-JPR, 1, 122–127.

Fitri Indah Sari, Mediaty, D. S. (2020). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY VS CREATING SHARED VALUE MELALUI KAJIAN PERSPEKTIF ISLAM: PENDEKATAN KRITIS JURGEN HABERMAS. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 3017, 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jiap.v6i1.14459

Ibrahim, A. I., Erdiyana, L. K., & Nugraha, A. R. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) pada Program Siswa Mengenal Nusantara. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 85–96. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.2363

Juwita, R. (2018). Intersubyektifitas Teori Tindakan Komunikatif Habernas dan Praktik Kerja Public Relations dalam Program CSR. Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 40.

Kemenkes. (2023). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. Kemenkes, 1–7.

Lumi, C. A., Johnly, R., Wehelmina, P., Jurusan, R., Administrasi, I., & Bisnis, A. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility Berdasarkan Konsep Triple Bottom Line pada PT Bank SulutGo. 4(4), 444–449.

Natakoesoemah, S. (2020). Pendekatan Komunikasi Partisipatif sebagai Model Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR ) JAPFA4Kids. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(3), 247. https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3206

Oktina, D. A. (2022). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) TAHUN 2018. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Pertiwi, N. (2021). Implementasi Sustainable Development di Indonesia. Pustaka Ramadhan, 1–134.

Pramiana, O., & Anisah, N. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 169–182. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i2.311

Putri, A. R., Yuwarti, H., & Prihatiningsih, N. (2023). Implementasi Kegiatan CSR Metro TV Dalam Mempertahankan Reputasi. Jurnal Cyber PR, 23(1), 13–25. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3185

Rachman, F. (2022). Transformasi Program CSR di bidang Kesehatan dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Pandemik Covid-19 di Era New-Normal. International Journal of Innovation Review, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.52473/ijir.v2i1.16

Rizqian, D. R. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF TEORI TINDAKAN KOMUNIKATIF JURGEN HABERMAS. 8(2), 1–21.

Saleh. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98–105. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4134

Santoso, M. B., & Raharjo, S. T. (2022). DISKURSUS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). Share : Social Work Journal, 11(2), 100. https://doi.org/10.24198/share.v11i2.37076

Setyowati, Y. (2019). Komunikasi Pemberdayaan sebagai Perspektif Baru Pengembangan Pendidikan Komunikasi Pembangunan di Indonesia. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 188–199. https://doi.org/10.46937/17201926849

Simanjuntak, P. Y. R., Patana, P., Siregar, T., Program, M., Manajemen, S., Perairan, S., Pertanian, F., Utara, S., Studi, P., Sumberdaya, M., Pertanian, F., Utara, U. S., Studi, P., Sumberdaya, M., Pertanian, F., & Utara, U. S. (n.d.). KABUPATEN SIMALUNGUN SUMATERA UTARA ( Analysis Potential Ecotourism Toba Lake in Paris Beach , Simalungun district , North Sumatera ).

Sudaryanti, D., & Riana, Y. (2017). Pengaruh Pengungkapan Csr Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 2(1), 19–31. https://doi.org/10.51289/peta.v2i1.273

Suyadnya, S. K. & I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi pengalaman di lapangan. PT Raja Grafindo Persada.

Syahriani, D. (2018). Hubungan Komunikasi Corporate Social Responsibility Dengan Reputasi Perusahaan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 54–74.

Tarmizi, dr. S. N. (2023). blog sehat. Https://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id/.

Valeri, M. (2019). Sustainable Development and Corporate Social Responsibility. CSR, Sustainability, Ethics and Governance, 9–62. https://doi.org/10.1007/978-3-319-97649-5_2

Zain, R. N. W., Hendriyani, C., Nugroho, D., & Ruslan, B. (2021). Implementation of CSR Activities from Stakeholder Theory Perspective in Wika Mengajar. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 3(1), 102–107. https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1846




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id