Pemanfaatan Akun Instagram @Bawasludkijakarta Dalam Menyebarkan Informasi Mengenai Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024

Muhammad Nanda Multazam, Prasetya Yoga Santoso, Yuni Retna Dewi

Abstract


Pemilihan presiden 2024 atau pemilu menjadi ajang penting baik secara individu maupun institusi dalam berpartispasi dan mencari informasi yang penting. Terlebih lembaga yang secara khusus ambil bagian seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana @bawasludkijakarta menggunakan media sosial Instagram untuk menyebarkan konten berita tentang seputar Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024. Kendala yang sering dihadapi oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta   adalah platform yang digunakan dalam penyebaran konten tersebut. Perubahan cepat di dunia digital telah mempengaruhi kebiasaan pengguna, terutama generasi muda, yang mencari media sosial dengan fitur-fitur menarik.Dalam hal ini, hadirnya Instagram sebagai platform populer di kalangan generasi muda menjadi fokus utama @bawasludkijakarta dalam menyebarkan konten mereka. Penggunaan Instagram yang memiliki kelebihan dalam penyampaian informasi melalui gambar dan video diharapkan  dapat  menjawab  tantangan  dalam  menyebarkan  berita  positif  tentang  pemilihan  umum presiden Indonesia 2024 kepada target utama mereka yaitu generasi muda. Selain itu, dengan memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada akun Instagram @bawasludkijakarta. Konsep-konsep penting seperti  Konsep  New  Media  dan  Konsep  7C's  digunakan  dalam  penelitian  ini  dengan  pendekatan paradigma Post Positivisme. Teknik wawancara mendalam (In- Depth Interview) digunakan untuk mengumpulkan data.


Keywords


Instagram; @bawasludkijakarta; Media Sosial; Pemilihan Presiden

Full Text:

PDF

References


Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111–125.

Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289.

Bajri, R. A. D. (2019). Tujuh ‘C’ Dalam Program Humas Jakarta Smart City. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 48–65. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.349

Budiman, Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Ranah Komunikasi, 3(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/rk.3.1.34-44.2019

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches ((4th Editi). California: Sage Publishing.

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, V(2), 77–84. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ld.v2i2.3525

Helianthusonfri, J. (2021). Instagram Untuk Pemula. Jakarta: PT Gramedia.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosis Rekatama Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yazid, T. P. (2015). Implementasi Cyber Public Relations Melalui Pengelolaan Website Pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 160–173. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/3345




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id