Peran HUMAS Disdukcapil Jakarta Dalam Menyosialisasi Penggunaan Aplikasi Alpukat Betawi Ke Masyarakat Jakarta

Nur’aini Alprita, Widyarini Ridwan, Catur Priyadi

Abstract


Di tengah pandemi Covid-19, Indonesia memasuki era masyarakat 5.0 yang memaksa pemerintah untuk mengembangkan layanan digital. Aplikasi Alpukat Betawi, dari Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, dibuat untuk memenuhi kebutuhan administratif agar cepat dan ringkas. Jakarta sebagai kota yang memiliki masyarakat cenderung sibuk sehingga diperlukan humas sebagai untuk menyosialisasikan aplikasi tersebut. Studi ini bertujuan menjawab: 1) Peran Humas DUKCAPIL DKI Jakarta dalam memperkenalkan aplikasi Alpukat Betawi, dan 2) Faktor hambatan/dukungan dalam adopsinya. Menggunakan teori humas, sosialisasi, dan teori 7C, penelitian ini menerapkan konstruktivisme, pendekatan deskriptif, dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, literatur, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan humas DUKCAPIL sebagai perantara penting, menghubungkan media massa dan masyarakat, memfasilitasi aliran informasi, menangani masalah di media sosial, dan menjadi sumber informasi utama. Faktor seperti aksesibilitas, efisiensi, umpan balik positif, inovasi, dan manfaat sosial berkontribusi pada kesuksesan. Namun, keterbatasan internal/eksternal dan sosialisasi yang kurang optimal tetap jadi tantangan. Kolaborasi antara DUKCAPIL, pemerintah, dan partisipasi masyarakat penting untuk meraih potensi aplikasi ini.


Keywords


Hubungan Masyarakat; Sosialisasi; DUKCAPIL; Alpukat Betawi

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2014). Research Design, Qualitatives, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fourth Edi). Sage Publications.

Evita, N., & Widjanarko, I. (2023). Aktivitas Forwarded Messages pada Pengguna WhatsApp di Berbagai Usia dan Gender. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v22i1.2360

Frizdew, M. J. (2019). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PROGRAM #GenZHeTikYuk! DALAM MENGAMPANYEKAN HEMAT PLASTIK BAGI GENERASI Z DI PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa, 6(2).

Hamsinah. (2012). Pembentukan Corporate Image untuk Citra dan Reputasi Perusahaan. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof.Dr.Moestopo(Beragama).

Kriyantono, R. (2018). Paradigma penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 1–20.

Lidwina, A. (2021). Total Unduhan Aplikasi di Indonesia Tertinggi ke-3 di Asia pada 2020. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/25/total-unduhan-aplikasi-di-indonesia-tertinggi-ke-3-di-asia-pada-2020

Mentari, M. P., & Widiantara, I. K. A. (2022). PERAN HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM DESA SANGSIT KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG. COMMENT: Jurnal Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, 2(1), 11–20.

Miles, M. B., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Edition 3). SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT. Remaja Rosdakarya.

Prawira, M. B. (2022). KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN AKTA KEMATIAN MELALUIAPLIKASI ONLINE ALPUKAT BETAWI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI DKI JAKARTA. E-Prints IPDN. http://eprints.ipdn.ac.id/11694/1/REPOSITORY BAGUS FIXX.pdf

Rahmadiani, D., & Syahriza, R. (2022). Peran Serta Humas PT . Jasa Raharja Perwakilan Medan Dalam Mensosialisasikan Layanan Asuransi Kecelakaan Lalu - Lintas Jalan Dan Penumpang Umum Kepada Masyarakat Kota Medan. Publika, 8(1). https://doi.org/10.25299/jiap.2022.vol8(1).9184

Rahman, M. F., Azani, S. S., & Rengganis, G. P. (2022). INOVASI APLIKASI ALPUKAT BETAWI DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI DKI JAKARTA. JURNAL JISPENDIORA, 1(2).

Sutarjo, M. A. S., Diniati, A., & Setiawati, S. D. (2023). Perspektif Dramaturgi Pada Komunikasi Antar Budaya Indonesia-Australia. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(1).

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa (Edisi Kedu). PT. Indeks.

Zunita, P. R. (2020). Studi Kualitatif Proses Sosialisasi Serta Eksploitasi Ekonomi pada Pengemis Anak Di Makam Sunan Giri Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Jurnal Sosial Dan Politik.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id