Strategi Promosi Instagram @Dombabatur Sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi Di Kota Batur, Banjarnegara

Rialdo Rezeky Manogari, Rama Adhypoetra, Ramadhani Nur Hanifah

Abstract


Promosi dengan media sosial membuat sektor pariwisata di Indonesia meningkat. Pengelola instagram @dombabatur melakukan promosi di media sosial yang dapat menjangkau khalayak luar supaya dapat mengetahui Domba Batur ada dan dapat mengunjungi wisata edukasi Domba Batur, serta dapat berwisata di daerah dataran tinggi Kota Batur tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi promosi Instagram @dombabatur yang dilakukan oleh pengelola instagramnya dan mengetahui faktor penghambat serta pendukung dari strategi promosi Instagram @dombabatur sebagai daya tarik wisata edukasi di Kota Batur. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, paradigma post-positivisme. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi mengacu konsep Computer Mediated Communication Theory, Komunikasi Pemasaran dengan bauran promosi 7P pada Instagram. Hasil strategi promosi Instagram @dombabatur memiliki faktor penghambat dari promosi instagram @dombabatur yaitu pengelola instagram kurang konsisten untuk pengunggahan konten dan kurangnya konten mengenai edukasi Domba Batur serta terdapat faktor pendukung dengan strategi promosi yang memanfaatkan kegunaan smartphone yang terkoneksi internet dengan menggunakan aplikasi media digital instagram serta digunakannya fitur Instagram yang menerapkan konsep komunikasi pemasaran dengan promosi 7P.

Keywords


Domba Batur, Instagram, Komunikasi Pemasaran, Promosi

Full Text:

PDF

References


Basit, A., & Rahmawati, T. H. 2017. “Cyber Public Relations (E-PR) Dalam Brand Image Wardah Kosmetik Dengan Pedekatan Mixed Method.” Nyimak (Journal of Communication) 1(1): 197–208.

Christian, M. 2019. “Telaah Keniscayaan Iklan Di Kanal Youtube Sebagai Perilaku Khalayak Di Kalangan Milenial.” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 5(2): 141–211.

Hamzah, Radja Erland, Rialdo Rezeky Manogari, and Riska Putri Shabrina. 2020. “Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen.” Komunikata57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 1(1): 50–59.

Haryati, Yati, Ellina Nopidia, Ellisa Septiani, and Fitrohtul Laeli. 2020. “Strategi Pendampingan Melalui Bauran Pemasaran Di BMT NU Sejahtera KC Harjamukti Dalam Menghadapi Masa Pandemi.” Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 262.

Keller, Kevin Lane, and Philip Kotler. 2016. Marketing Managemen. 15th Editi. New Jersey: Pearson Education Inc.

Kepariwisataan. 2009. Undang-Undang. Indonesia. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_10.pdf.

Kusuma, Diana Fitri, and Mohamad Syahriar Sugandi. 2018. “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts.” Jurnal Manajemen Komunikasi 3(1): 18–33.

Lontoh, Jurista Karia, Altje Lenny Tumbel, and Raymond Kawet. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon.” Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi 8(4): 11–20.

Moleong, L.J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosis Rekatama Media.

Novianti, E., & Wulung, S. R. P. 2020. “Implementasi Komunikasi Daring Dalam Menunjang Jawa Barat Sebagai Destinasi Pariwisata Cerdas.” Jurnal Komunikasi 12(1): 53.

Nurul Huda. 2021. “Komunikasi Dalam Bidang Pariwisata.”

Pertiwi, Fides Garda, and Christian Lilik HS Nivak. 2021. “Strategi Pemasaran Dan Promosi Secara Online Melalui Instagram Di Cimory On The Valley.” Jurnal Destinasi Pariwisata 9(2): 282.

Project, UpLand. 2023. “Domba Batur, Ternak Unggulan Di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara.” PSP Pertanian. https://upland.psp.pertanian.go.id/artikel/1693815529/domba-batur-ternak-unggulan-di-dataran-tinggi-dieng-banjarnegara (August 23, 2023).

Singgalen, Yerik Afrianto, Gatot Sasongko, and Pamerdi Giri Wiloso. 2019. “Community Participation in Festival and Digital Tourism Campaign (Case of North Halmahera District, Indonesia).” Journal of Indonesian Tourism and Development Studies 7(1): 21–31.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i1.4215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id