Manfaat Infografis Pada Website Humas Polri Bagi Polsek dan Polres di Indonesia
Abstract
Divisi Humas POLRI berperan dalam menjalankan pelayanan di lapangan. Saat ini, peran Humas Polri sangat dipengaruhi oleh digitalisasi untuk menyampaikan sebuah informasi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana gambaran pemanfaatan infografis dan faktor faktor penting apa saja pada penggunaan infografis pada website Humas Polri dalam meningkatkan kegiatan internal Humas Polri. Teori yang digunakan adalah Element of Online PR dan New Media dari Philips & Young, dengan metodologi yang digunakan adalah deskriptif kulalitatif dengan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini adalah infografis sangat tepat digunakan dalam menyampaikan informasi, karena penyampaian informasi menjadi lebih menarik, bisa diterima dan mudah dipahami. Infografis tersebut sebenarnya hanyalah informasi yang dikemas dalam bentuk gambar, animasi dan sedikit tulisan, sehingga khalayak tidak perlu memahami narasi yang disampaikan, cukup melihat dan memahami gambar, animasi dan alur yang disampaikan. Penggunaan media sosial dilakukan sesuai dengan hakikat dari media sosial itu sendiri yaitu, 1) Compiuting 2) Content and 3) Engagement, atau keterkaitan, ini semakin menunjukkan bahwa keterkaitan atau keterhubungan yang dilakukan dimedia sosial adalah hal yang penting, sebagai upaya memperluas penerimaan khalayak akan informasi. Penggunaan media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook serta Tiktok sudah dilakukan, dan hal itu menjadi keharusan dalam menyebarkan informasi di era digital 4.0 ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardial, H. (2015). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi (Keempat). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Febriyanti, N., Choliq, M. I., & Mukti, A. W. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kesediaan Vaksinasi Covid-19 Pada Warga Kelurahan Dukuh Menanggal Kota Surabaya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 1–7. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/168.
Hoirun Nisak, S., & Muhyadi. (2018). Peran Humas Dalam Rangka Meningkatkan Citra Positif Lembaga Kepolisian Di Polda DIY. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(5), 421–427.
Ishaq, R. A., Damayanti, N., Prihatiningsih, N., & Yuwarti, H. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital di Era New Normal Polres Metro Kota Bekasi. Jurnal Cyber PR, 2(2), 159–172. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2431
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Kuswanti, A., & Oktarina, S. (2019). Pemanfaatan Media Informasi di Era Digital bagi Kemandirian Ibu Rumah Tangga. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.23960/jsp.v1i1.11
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Romli, K. (2017). Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 163–218. http://www.erickazof.com/apa-itu-
Syafaat, M., & Wahyudin, D. (2023). Analisis Implementasi Digital Public Relations Pada Konten Instagram @Alaminuniversal. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 1–12. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom
Vercic, D. (2009). Mass Media and Public Relations,” in The Global Public Relations Handbook: Theory, Research and Practice. (K. Sriramesh & Dejan Vercic (eds.)). New York: Routledge.
Yananingtyas, H. Z., & I. (2020). Cyber Public Relations Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199–212. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7456
Yuliansyah, H. (2020). Gerak Komunikasi Visual. 25–33.
Yuliawati, & Irawan, E. P. (2016). Peran Cyber Public Relations Humas Polri Publik Secara Online. Jurnal Politikom Indonesia, 1(1), 208–220. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.308
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i1.4217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id