Penggunaan Konten Youtube Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Brand Jakarta Uncensored

Mukka Pasaribu, Yuni Retna Dewi, Wanda Oktaviani

Abstract


Proses perencanaan pembuatan konten Youtube sebagai media komunikasi pemasaran pada brand Jakarta Uncensored, dan proses pelaksanaan pembuatan konten Youtube sebagai media komunikasi pemasaran pada brand Jakarta Uncensored. Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini meliputi CEO Jakarta Uncensored, Producer, Head of Creative, dan Production House Manager. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep dan Implementasi konten Channel Jakarta Uncensored dalam melakukan komunikasi pemasaran menggunakan media Youtube didasari dari produk konten awal pendiriannya yaitu konten podcast. Dimana media Youtube sangat sesuai dengan durasi tayang yang diperlukan Jakarta Uncensored untuk memperkenalkan brand perusahan. (2) Proses perencanaan pembuatan konten Jakarta Uncensored dilakukan dengan mengadakan pertemuan dengan tim dalam pembentukan konsep, mencari narasumber, membuat kesepakatan kerja, pengurusan dan perizinan, hingga tahapan pelaksanaan pembuatan konten, (3) Proses pelaksanaan pembuatan konten Jakarta Uncensored adalah dengan mengaktualisasikan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya, yaitu dengan mengambil gambar konten sesuai dengan segmen yang sudah ditentukan, dan menangkan kejadian aktual yang terjadi dalam proses pembuatan konten, untuk kemudian hasil video diteruskan ke tim editing untuk di edit dan disajikan melalui kanal Youtube Jakarta Uncensored


Keywords


Jakarta Uncensored, Komunikasi Pemasaran, Konten, Youtube

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2018). Efektifitas Youtube Sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi pada Serambi on TV) [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5845/4/Ali Akbar.pdf

Annur, C. . (2023). Jumlah Pengguna Facebook Di Indonesia. Kata Data.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapubllish/2023/05/04/jumlah-pengguna-facebook-diindonesia-terbesar-ketiga-di-dunia-pada-awal-2023#~:text=Indonesia tercatat 314 6 juta pengguna Facebook.

Dhea Kharisna. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sarana Menyebarluaskan Berita (Studi Pada CHANNEL iNEWS ACEH) [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24790/1/Dhea Kharisna, 160401028, FDK, KPI, 082149837542.pdf

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(1), 50–59.

Hariyanto, A., & Putra, A. (2022). Konten Kreator Youtube Sebagai Sumber Penghasilan (Telaah Kritis Hukum Ekonomi Syari’ah). Jurnal Al-Hukmi., 3(2), 243–262. https://doi.org/10.35316/alhukmi.v3i2.2325

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Iltiizam Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Keller, K. L., & Kotler, P. (2016). Marketing Managemen (15th Editi). New Jersey: Pearson Education Inc.

Maulida, L., & Nistanto, R. K. (2022). 25 Juta Orang Indonesia Streaming YouTube Pakai TV. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2022/10/29/13000097/25-juta-orang-indonesia-streaming-youtube-pakai-tv

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosis Rekatama Media.

Novina Dwi Nurmalitasari. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalaui Media Sosial Instagrm Dalam Meningkatkan Brand Awareness MCDUREN STREETFOOD [Universitas Telkom Bandung]. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/139820/strategi-komunikasi-pemasaran-melalui-media-sosial-instagram-dalam-meningkatkan-brand-awareness-mcduren-streetfood.html

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (Haidir). Citappustaka Media.

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim QUEENOVA. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 71–90.

Soelistyowati, R. D. (2018). Peran Youtube dalam Membangun Brand Image bagi Pengguna Aplikasi Gojek. DiMCC Conference Proceeding, 1(0), 165–176. http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/DIMCC/article/view/515




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i1.4220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id