Pengaruh Parasosial Terhadap Loyalitas Fans Dalam Komunitas Nctzen Di DKI Jakarta

Yos Horta Meliala, Dian Ismi Islami, Nurullita Zahrani Salsabila

Abstract


Landasan teori parasosial adalah hubungan virtual satu arah yang terjalin antara selebriti dan penggemarnya. Biasanya, penggemar di usia remaja dan dewasa muda merasakan hubungan yang kuat dengan selebriti idolanya, meskipun selebriti tersebut sama sekali asing bagi mereka. Meski demikian, para penggemar menganggap hubungan ini tulus dan intim. Loyalitas penggemar meningkat seiring dengan ikatan parasosial yang terjalin antara penggemar dan idolanya. Tujuan pertama dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh parasosial dalam komunitas NCTzen. (2) Mengetahui seberapa besar loyalitas fans dalam komunitas NCTzen. (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh parasosial terhadap loyalitas fans dalam komunitas NCTzen di DKI Jakarta. Melalui pendekatan eksplanatif, paradigma postivsime, dan metodologi survei, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teori penelitian ini menggunakan teori konvergensi simbolik. Komunitas NCTzen di grup WhatsApp dijadikan sebagai populasi penelitian, dan pendekatan sampling jenuh digunakan untuk memilih sampel sebanyak 60 responden. Uji t, uji koefisien determinasi, dan uji regresi linier sederhana merupakan beberapa analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sesuai dengan analisis yang diperoleh melalui uji t membuktikan bahwa Parasosial terhadap Loyalitas Fans berpengaruh signifikan, dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05. Maka H0 dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Parasosial dipengaruhi oleh Loyalitas sebanyak 46,8% dan 53,2%. diperoleh dari variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Parasosial, Loyalitas Fans, Komunitas, NCT

Full Text:

PDF

References


Afifa, N. A. (2022). Analisis Parasosial Dan Loyalitas Fans Exo Di Masa Wajib Militer.

Jurnal Ilmu Komunikasi Islam Indonesia.

Databooks.com. (2022). Jumlah Penjualan Album Fisik Boyband Kpop NCT, NCT 127,

Dan NCT U. Retrieved from

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/28/ini-jumlah-penjualan-album-fisik-boyband-kpop-nct-nct-127-dan-nct-u

Muhammad, W. A. (2021). Fenomena Hallyu (Gelombang Korean-Pop/ K-Pop) Dan

Dampaknya Di Indonesia. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 15(1).

Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas

Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. Jurnal Lontar Volume 9 Nomor 1.

Puspitasari, W. (2021). Gaya Hidup Penggemar K-Pop (Budaya Korea) Dalam

Mengekspresikan Kehidupannya Studi Kasus K-Pop Lovers Di Surakarta. Jurnal

Pendidikan Sosiologi, 4(1).

Rosanto, S & Ratnasari, N. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Loyalitas

Pembelian di Masa New Normal . Destinesia Jurnal Hospitaliti & Pariwisata, 3(2).

Sadasri, L. M. (2021). Parasocial Relationship dengan Selebritas (Studi Kualitatif pada

Praktik Penggunaan Fandom Applications). Jurnal Studi Pemuda, 10(2).

Sagita, A & Kadewandana, D. (2017). Hubungan Parasosial di Media Sosial: Studi Pada

Fandom Army di Twitter. Journal of Strategic Communication, 8(1).

Sokolova, K., & Kefi, H. (2020). Instagram and YouTube bloggers promote it, why

should I buy? How credibility and parasocial interaction influence purchase

intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 53.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryadi, Israwati. (2010). "Teori Konvergensi Simbolik". Jurnal Academica FISIP

Universitas Tadulako, Vol. 2, No. 2, Edisi Oktober 2010. ISSN 1411-334

Wendyanto, C. M. (2022). Pengaruh Personal Branding terhadap Loyalitas Penggemar

(Studi Kasus Kuantitatif pada Grup K-Pop BLACKPINK). Jurnal Koneksi, 6(1).

Yuliawan, B. A. P & Subakti, G. E. (2022). Pengaruh Fenomena Korean Wave (K-Pop

dan K-Drama) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemarnya Perspektif Islam.

Jurnal Penelitian Keislaman, 18(1).




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i1.4221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id