Pengaruh Kolaborasi Merek Esqa X Barbie Terhadap Minat Beli Dengan Dimediasi Kepercayaan Merek Pada Followers Instagram @Esqacosmetics.

Radja Erland Hamzah, Widyarini Ridwan, Muhammad Naufal Rafiansyah

Abstract


Kosmetik merupakan produk kecantikan yang digunakan untuk meningkatkan aroma atau penampilan kulit manusia. Dengan terus berkembangnya pasar kosmetik di Indonesia, brand-brand lokal seperti Esqa Kosmetik menjadi kebanggaan bagi negara ini. Langkah kolaboratif merek antara Esqa Kosmetik dengan Barbie ini dapat dipandang sebagai tindakan yang cerdas dalam mengikuti perkembangan zaman dan merespons preferensi konsumen. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui  seberapa besar pengaruh terhadap kolaborasi merek esqa x barbie Kepercayaan Merek di Instagram. 2) Untuk mengetahui  seberapa besar pengaruh kepercayaan merek Esqa x Barbie terhadap minat beli di Instagram. 3) Untuk mengetahui  seberapa besar pengaruh terhadap kolaborasi merek esqa x barbie minat beli di Instagram. 4) Untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kolaborasi Merek Esqa X Barbie Terhadap Minat Beli Dengan Dimediasi Kepercayaan Merek Followers @Esqacosmetics. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif dan paradigma positivisme. Teori yang digunakan penelitian ini ada teori new media. Populasi penelitian ini yaitu followers Instagram @esqacosmetics. Sampel yang digunakan sebanyak 347 responden, dengan menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: 1) Berdasarkan Uji Parsial (t hitung) menunjukkan hasil signifikan Kolaborasi Merek 4.266 dan nilai Sig. = 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Kolaborasi Merek berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Merek. 2) Berdasarkan Uji Parsial (t hitung) menunjukkan hasil signifikan Kepercayaan Merek 12,679 dan nilai Sig. = 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Kepercayaan Merek berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. 3) Berdasarkan Uji Parsial (t hitung) menunjukkan hasil signifikan Kolaborasi Merek 3,601  dan nilai Sig. = 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Kolaborasi Merek berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. 4) Dengan nilai statistik sobel test sebesar 4.004 dengan signifikan sebesar 0.00 < 0.05 dengan demikian terdapat pengaruh Kolaborasi Merek terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan Merek. artinya variabel Z secara signifikan mampu memediasi variabel X terhadap Y.

Keywords


Kolaborasi Merek, Kepercayaan Merek, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Aulia. (2023, July 22). Barbie, Dunia Mendadak Berwarna Merah Muda. Kompas.Id.

Balaka, Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (I. Ahmaddien, Ed.; Edisi Pertama). Bandung: CV.Widina Media Utama.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pertama). Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Efendi, A., Astuti, P. I., Nuryani, D., & Rahayu, T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. In Jurnal Penelitian Humaniora (Vol. 18, Issue 2).

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Officialsebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahma, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (H. I. Ismail, Ed.; Pertama). Gunadarma Ilmu.

Indriastuty, N. (2020). Pengaruh bauran promosi terhadap minat pengunjung Wisata budaya pesta adat Erau. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 61–80.

Kristanto, V. H. (2018). Metode Penelitian (Pertama). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=1s-EDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=menurut+sugiyono+(2018)+metode+survey&ots=TTF2ja4juc&sig=XM0fRUl3L977WLY7jbzlExW35aA&redir_esc=y#v=onepage&q=menurut%20sugiyono%20(2018)%20metode%20survey&f=false

Molekandella Boer, K. (2012). BARBIE SEBAGAI IKON GAYA HIDUP WANITA MODERN. www.kapanlagi.com,26/11/12

Nababan Christian, W. M. (2023). Pertumbuhan Industri Kecantikan Ditopang Impor Bahan Baku. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/07/23/pertumbuhan-industri-kecantikan-ditopang-impor-bahan-baku?status=sukses_login

Nurlela, Latief, R., & Kurdi, Muh. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Sosial Media “Whatsapp” Terhadap Rendahnya Komunikasi Interpersonal Siswa Sma Negeri 9 Makassar. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 9, 106–124.

Pangaribuan, L. (2017). Efek Samping Kosmetik Dan Penangananya Bagi Kaum Perempuan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). In Jurnal Common | (Vol. 3).

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1).

Riyanto, D. A. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. Andi.Link.

Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3).

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 2, Issue 1).

Setiawaty, N. A. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok).

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common |, 5(2). https://doi.org/10.34010/common

Wang, S., Chan, A., & Fordian, D. (2022). The Effect Of Co-Branding On Customer-Based Brand Equity Of Indomie Hypeabis Campaign (Study On Collaboration Of Indomie And The Goods Dept). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 121(2). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i2.35613

Wisnubrata. (2023). Demam Barbie yang Memberi Inspirasi Produk Kosmetik. Kompas.Com.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i1.4222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id