Pengaruh Konten Instagram Pada Followers Instagram @Makarizoprofessional Terhadap Product Knowledge Dan Citra Makarizo Professional

Diva Alifia Arumdipta, Cakraningsih Cakraningsih, Novita Damayanti

Abstract


Memahami kekuatan media sosial, banyak perusahaan memanfaatkannya sebagai strategi bisnis agar membangun citra yang kuat, meningkatkan pengetahuan konsumen tentang produk, dan menjalin hubungan yang erat dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Konten Instagram terhadap Product Knowledge dan Citra Makarizo Professional. Penelitian ini dilandasi oleh teori Computer Mediated Communication (CMC).  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah followers aktif Instagram @makarizoprofessional. Metode pemilihan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jumlah 353 responden. Berikutnya digunakan penarikan sampling yaitu Purposive Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, tiap jawaban diberikan skor berdasarkan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji Regresi Sederhana dan Uji Parsial (T) memakai bantuan SPSS 29. Hasil penelitian ini dan kesimpulan menunjukkan 1) Adanya Pengaruh Konten Instagram terhadap Product Knowledge yang signifikan dan termasuk kategori yang mempunyai pengaruh kuat. 2) Adanya Pengaruh Konten Instagram terhadap Citra yang signifikan dan termasuk kategori yang mempunyai pengaruh kuat.


Keywords


Konten Instagram; Pengetahuan Produk; Citra

Full Text:

PDF

References


Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195

Agianto, R., Setiawati , A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. TEMATIK, 7(2), 130–139. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.461

Anggraeni, N. S. P., & Rohimakumullah, M. A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi Akun Instagram @Kotajakartapusat Terhadap Citra Pemerintah. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 5(2), 418–427. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4315

Dalu Shinta, A., Prihatiningsih, N., & Rama Adhypoetra, R. (2023). Pengaruh Website dan Instagram Jaklingko Sebagai Media Informasi Dalam Berinteraksi Dengan Pengguna Transportasi Jaklingko. Jurnal Cyber PR, 3(2), 85.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Ibrahim, M. M., & Irawan, R. E. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19. Jurnal Representamen, 7(02), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/representamen.v7i02.5727

Jauhar, M. (2021). Cyber Public Relations Membangun Kepercayaan Publik Melalui Media Siber (T. Nurdiyana (ed.); Cetakan 1). Yogjakarta: LP3DI Press dan kalimedia.

Jenty, F., & Setyanto, Y. (2019). Pemanfaatan Event sebagai Upaya Public Relations dalam Membangun Reputasi Perusahaan (Studi pada PT. XYZ sebagai pendukung kegiatan Asian Games 2018). Prologia, 2(2), 320. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3593

Kaharmudzakir, I., & Qudsi, M. I. El. (2022). Pengaruh Konten Instagram @interstudiofficial dan Opini Mahasiswa terhadap Citra Perguruan Tinggi InterStudi. JURKOM: Jurnal Riset Komunikasi, 5(1), 127–140. https://doi.org/https://doi.org/10.38194/jurkom.v5i1.455

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. (Edisi ke T). Jakarta: Erlangga.

Mujianto, H. (2021). Peranan Cyber Public Relations Terhadap Citra Produk Rai Leathers Di Kalangan Pelanggan. PRecious: Public Relations Journal, 1(2), 246–262. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/precious.v1i2.5208

Pamungkas, D. S. (2021). Aktivitas Cyber Public Relations PT. Mandom Indonesia Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Gatsby Melalui Akun Instagram @Gatsbycode. [Universitas Bhayangkara Surabaya]. http://eprints.ubhara.ac.id/1187/1/SKRIPSI DEDIK REVISI SIDANG BARU FIIINNAAALLL.pdf

Rofiandi, D., & Ramaditya, M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Tunas Ridean Tbk Cabang Bekasi). [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta]. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/3508

Sadukh, A. Z. J. (2023). Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Instagram @kumparancom. In Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Instagram @kumparancom. [Universitas Atma Jaya Yogyakarta.]. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30733

Sari, D. S. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mawar Bakery & Cake Shop Di Kecamatan Medan Helvetia [Universitas Medan Area]. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17401

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). ALFABETA.

Susilo, A., & Sari, E. (2020). Implementasi Program Cyber Public Relations PT. Kereta Api Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Medium, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4792




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id