Analisis Social Media Marketing Instagram Kafe Upala Dalam Membangun Brand Awareness Generasi Z Jatiwaringin Bekasi
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membawa perubahan dalam berbagai tatanan kehidupan, termasuk dalam hal pemasaran yang telah berkembang menggunakan media baru seperti media sosial. Berbagai sektor usaha mulai beralih menggunakan platform meda sosial Instagram untuk pemasaran, tidak terkecuali pada sektor kuliner termasuk kafe. Kafe Upala memilih Instagram sebagai media pemasaran dikarenakan Instagram sedang digandrungi oleh banyak kalangan terutama generasi Z. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas pemasaran di akun Instagram @upalacoffee dalam upaya membangun brand awareness konsumen generasi Z. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus intrinsik serta paradigma konstruktivis dan menggunakan teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara serta dokumentasi langsung di kafe Upala. Hasil penelitian ini dapat dilihat melalui kesuksesan pemasaran media sosial berdasarkan lima dimensi yaitu, interaksi, kustomisasi, hiburan, tren dan dari mulut ke mulut. Hasilnya, hanya tiga dimensi yang sudah dilakukan dengan baik oleh Upala Coffee & Eatery, yaitu interaksi, hiburan dan dari mulut ke mulut, sedangkan dimensi lainnya belum dijalankan dengan maksimal. Sedangkan upaya membangun brand awareness Kafe Upala telah mencapai tahap brand recognition.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikas. Al-Munzir, 8(2), 275–289. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/am.v8i2.744
Asriandi, A., & Putri, K. N. (2020). Kompetensi Generasi Z Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Perguruan Tinggi Di Makassar). Journal of Management & Business, 3(3), 184–200. https://doi.org/https://doi.org/htt//doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.738
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publicana FISIP Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.
Chen, S.-C., & Lin, C.-P. (2019). Understanding The Effect of Social Media Marketing Activities: The Mediation of Social Identification, Perceived Value, and Satisfaction. Technological Forecasting & Social Change, 140, 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.11.025
Dalu Shinta, A., Prihatiningsih, N., & Rama Adhypoetra, R. (2023). Pengaruh Website dan Instagram Jaklingko Sebagai Media Informasi Dalam Berinteraksi Dengan Pengguna Transportasi Jaklingko. Jurnal Cyber PR, 3(2), 85.
Darmadi Durianto, S., & Sitinjak, T. (2017). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Falah, R. (2021). Analisis Content Marketing Instagram Dalam Upaya Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Pada Online Store @HMNS.ID [Universitas Bakrie]. https://repository.bakrie.ac.id/5216/
Ghoza, D., & Soetomo, H. (2023). Anteseden Brand Loyalty Pada Coffee Shop Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2761–2770. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/jet.v3i2.17682
Katadata. (2018). Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 Ribu Ton. https://databoks.katadata.co.id/agroindustri/statistik/a52d67e63a182a3/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, ouke J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–13. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/38118/34843
Moleong, L. . (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permadi, A. W. (2020). Analisis Sosial Media Marking Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus : PT. Minna Padi Aset Manajemen). [Universitas Telkom]. https://repositori.telkomuniversity.ac.id/pustaka/159641/analisis-sosial-media-marketing-dalam-membangun-brand-awareness-studi-kasus-instagram-pt-minna-padi-aset-manajemen-.html
Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081
Riyanto, A. D. (2023). We are Social: Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., & Putri, S. E. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding (A. Sudirman (ed.)). Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4633
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id