Pengaruh Konten Instagram @Nagara.Foods Terhadap Product Knowledge Dan Brand Image
Abstract
Media sosial khususnya Instagram memiliki peranan kruisal terutama untuk brand atau pun pebisnis. Hal ini disebabkan karena Instagram memiliki hasil yang menjanjikan untuk membantu brand mengembangkan bisnisnya, salah satunya ialah brand Nagara Foods. Brand ini terbentuk karena melihat peluang untuk memanfaatkan perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19 yang membutuhkan makanan praktis berkualitas dengan pelayanan online. Namun sayangnya, brand frozen foods ini sempat mengalami stagnasi. Sehingga pada tahun 2023, brand berkomitmen untuk memperkuat pesan-pesan brand berupa product knowledge dan Brand image melalui konten kreatif di Instagram, dengan harapan dapat dikenal sebagai frozen food berkualitas, aman, dan sehat bagi keluarga modern. Konten dipublikasikan secara konsisten setiap minggu dengan berbagai format, serta memanfaatkan fitur Instagram untuk memperkuat identitas brand. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh konten Instagram @nagara.foods terhadap pengetahuan produk dan citra merek. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form kepada 88 responden yang merupakan pengikut Instagram Nagara Foods, serta didukung oleh teori S-O-R, hasil penelitian membuktikan bahwa konten Instagram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengetahuan produk dan citra merek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amruddin, Priyanda, R., Siwi Agustina, T., Sri Ariantini, N., Gusti Ayu Lia Rusmayani, N., Astarani Aslindar, D., Puspita Ningsih, K., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (F. Sukmawati, Ed.; Cetakan Pertama). PRADINA PUSTAKA. https://repository.itspku.ac.id/306/
Asrulla, Risnita, Syahran Jailani, M., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10836
Atikah, R. (2019). Implementasi Cyber Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan PLN (PERSERO) Aceh [Universitas Islam Negri AR-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10893/
Damayanti, A., Diah Delima, I., & Suseno, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang). PIKMA : Jurnal Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 174–189. https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/pikma/article/view/1308
Databoks. (2020, October 12). Pesan Makanan Online Jadi Pengeluaran Terbanyak Konsumen saat Pandemi. Databoks.Com. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/12/pesan-makanan-online-jadi-pengeluaran-terbanyak-konsumen-saat-pandemi
Databoks. (2023, November 28). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia
Ellin, A. (2018). Pengaruh Daya Tarik Konten Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image [Universitas Multimedia Nusantara]. https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5866/
Esa, A. (2022). Pengaruh Kualitas Konten Instagram @volix.media Terhadap Citra dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Hiburan Followers [Universitas Prof. Dr. Moestopo (Bergama)]. https://library.moestopo.ac.id/index.php?p=show_detail&id=129497
Fadilah Amin, N., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sample Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 16–23. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; Cetakan ke-1). KBM Indonesia . https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/16455
Maulana, F. (2023, October 25). Owned Media: Definisi, Jenis, Contoh hingga Manfaat. Nolimit.Id. https://nolimit.id/blog/apa-itu-owned-media-contoh-manfaat/
Millenia, L. P., Gemiharto, I., & Risanti, Y. D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada Akun Instagram @bittersweet_by_najla. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 5(2), 25–37. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/Telangke/article/view/720
Novizal, G., & Rizal, A. (2020). Pengaruh Product Knowledge Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Mobil Wuling Di Dealer Wuling Semarang). Proceeding SENDI_U, 634–636. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8047
Oktavia, A. (2022). Pengaruh Sosial Media Instagram @sweaterpolos.id dan Kolaborasi Swepoxbtrterhadap Brand Image Sweaterpolos.id [Universitas Prof. Dr. Moetopo (Beragama)]. https://library.moestopo.ac.id/index.php?p=show_detail&id=129501&keywords=pengaruh+media+sosial+instagram
PT Prancang Kreatif Indonesia. Sejarah Nagara Foods. Retrieved April 1, 2024, from https://www.prancang.co.id/projects/nagara-foods
Rodiyah, I. (2021). Pengantar Dasar Statistika Dilengkapi Analisis dengan Bantuan Software SPSS (S. Irawati, Ed.; Cetakan ke-1). LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG . https://eprints.unhasy.ac.id/312/
Satira, U., & Hidriani, 2rossa. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. SADIDA : Islamic Communications and Media Studies, 1(2), 184–188. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/sadida/article/view/1612
Shofin Mubarok, F. (2022). Pemanfaatan New Media untuk Efektivitas Komunikasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 28–42. https://doi.org/10.30659/jikm.10.1.28-42
Sinta Sari, D. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mawar Bakery & Cake Shop di Kecamatan Medan Helvetia [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/17401
Sosiawan, E. A., & Wibowo, R. (2019). Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 148–151. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2698
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke-10). Penerbit AlfaBeta . https://digilib.stekom.ac.id/ebook/view/METODE-PENELITIAN-KUANTITATIF-KUALITATIF-DAN-RND
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian (2019) (E. Mulyatiningsih, Ed.; 12th ed.). CV ALFABETA.
Syafira, R. (2023). Pengaruh Isi Konten Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image Erigo . Medialog Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 74–76. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.1954
Theandra, R. (2022). Pengaruh Context, Communication, Collaboration, Dan Connection Dalam Instagram Terhadap Minat Beli Produk Porkita. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(6), 728–730. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/jp.v7i6.3087
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4635
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id