Strategi Komunikasi Humas Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Cirebon Dalam Mengembangkan Wisata Kuliner
Abstract
Kabupaten Cirebon di kenal dengan sejarah dan objek pariwisata di Indonesia. Untuk mendukung nilai sejarah dan pariwisata maka wisata kuliner juga menjadi perhatian pemerintah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan wisata kuliner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teori Komunikasi Pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa strategi komunikasi Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan wisata kuliner dengan komunikasi pemasaran. Pertama untuk iklan (Advertising), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon dibidang Promosi dan Ekonomi Kreatif telah melakukan iklan melalui media sosial seperti, Face Book, Instagram. Kedua Untuk Personal Selling (Penjualan Personal), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan KM 2298 dariarah Jawa Tengah ada Tourist Information Center diharapkan wisatawan untuk singgah menikmati hidangan kuliner di rest area yang dimaksud. Ketiga Promosi Penjualan (Sales Promotion), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan Tour & Travel serta Perhotelan memberikan paket Promosi wisata kuliner. Keempat Pemasaran Langsung (Direct Marketing), Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon membuka peluang usaha untuk menanamkan modalnya dengan membangun mitra usaha dalam bidang perhotelan dan wisata kuliner yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, D. N., & Yuningsih, S. (2023). Strategi Marketing Public Relations Dalam Mempromosikan Bisnis Fashion Mecchanism Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bincang Komunikasi, 1(1), 29–35.
Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi (Keempat). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2016). Marketing Managemen (15th Editi). New Jersey: Pearson Education Inc.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing (Edisi Ke T). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran. (Jilid I. E). Jakarta: Erlangga.
Lestari, D., & Paryanto. (2023). Budaya dan Heritage Kota Cirebon: Identitas, Komersialisasi dan Pariwisata. Jurnal PUSTAKA, 23(2), 84–96.
Moonik, N., & Pomantow, W. G. (2023). Pentingnya Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Acha Olshop. MABP, Jurnal, 5(2), 77–91.
Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23–38.
Oktaviani, F. (2018). Strategi Branding Public Relations “Jendela Alam” dalam Mengembangkan Produk Agrowisata. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 203–213. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3950
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Pertiwi, F. G., & Nivak, C. L. H. (2021). Strategi Pemasaran Dan Promosi Secara Online Melalui Instagram Di Cimory On The Valley. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 282. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p05
Rafsanzani, F., & Kurniasih, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran melalui Media Sosial Instagram @Pangandaran.Tourism. Masyarakat Pariwisata : Journal of Community Services in Tourism, 3(2), 43–50. https://doi.org/https://doi.org/10.34013/mp.v3i2.924
Ri’aeni, I. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Produk Kuliner Tradisional. LUGAS Jurnal Komunikasi, 1(02), 141–149. https://doi.org/https://doi.org/10.31334/ljk.v1i2.443
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yin, R. K. (2018). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4636
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id