Kampanye Digital Politisi Muda Adiguna Daniel Dalam Membangun Personal Branding Melalui Tiktok
Abstract
Perkembangan teknologi digital saat ini dimanfaatkan dalam dunia politik khususnya para politisi muda di Indonesia. Salah satu politisi muda yang menggunakan teknologi digital khususnya media sosial yaitu Adiguna Daniel yang berasal dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pemilihan Legislatif 2024 dimaknai sebagai pertarungan pada dunia media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kampanye digital politisi muda Adiguna Daniel melalui TikTok pada pemilihan legislatif 2024. Penelitian ini menggunakan Teori Dramaturgi dan Teori New Media. Paradigma yang digunakan merupakan paradigma konstruktivisme. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Serta teknik keabsahan yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial TikTok sangat tepat dalam menyasar kalangan Gen Z sebagai konsituen dalam pemilihan legislatif. Pada kampanye digital tersebut Adiguna Daniel berhasil meningkatkan visibilitas, membangun hubungan yang erat dengan pemilih, dan memperkuat posisinya dalam dinamika politik di Indonesia serta dikenal sebagai politisi muda yang cerdas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldino, A. P. (2024). Pemilu 2024, TikTok, dan Partisipasi Semu. Www.Detik.Com. https://news.detik.com/kolom/d-7260093/pemilu-2024-tiktok-dan-partisipasi-semu
Anandra, Q., Uljanatunnisa, U., & Cahyani, I. P. (2020). Analisis Elaboration Likelihood Theory Pada Kampanye “Go Green, No Plastic” Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(2), 96. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.3421
Arianto, A. (2019). Studi Dramaturgi Dalam Presentasi Diri Kelompok Jamaah An-Nadzir Kabupaten Gowa. Jurnal ASPIKOM, 4(1), 96. https://doi.org/10.24329/aspikom.v4i1.425
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204
Fikri, M., Alam, F. P., & Abidin, Z. (2022). Pengelolaan Kampanye Digital Pasangan Karna Suswandi-Khoirani (Karunia) Pada Pilkada Situbondo 2020. Journal Publicuho, 5(4), 1234–1244. https://doi.org/https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.65
Flew, T. (2014). New Media.
Goffman, E. (1956). The Presentation of Self in Everyday Life. Doubleday.
Hasan Sadikin, U., Amalia Salabi, N., & Fuad Muzaki, A. (2021). Menyemai Benih Politisi Muda.
Iqbal, M., & Nugraha, Z. A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Kampanye Digital # WasteDownBeautyUp oleh Sukin dan Sociolla Muhammad Iqbal Zefanya Atmaja Nugraha kehidupan manusia yang mana saat ini di dukung juga dengan keberadaan revolusi 4 . 0 yang dengan angka-angka pada tahun sebel. Harmoni : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(3), 296–312. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i3.2832
Jayus, Sumaiyah, Mairita, D., & Abdullah, A. (2024). Media Sosial sebagai Media Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024 Social Media as a Political Campaign Media Ahead of the 2024 Elections. Jurnal Simbolika, 10(1), 72–81. https://doi.org/10.31289/simbolika.v10i1.11468
Levy, P. (2011). New Media Teori dan Aplikasi.
Nurhapipah, A., Steviana, S., & Raharja, R. M. (2024). Strategi Kampanye Di Era Digital: Dengan Memanfaatkan Aplikasi X Dalam Pemilu 2024. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2(3), 272–281. https://doi.org/https://doi.org/10.59246/aladalah.v2i3.874
Perry, D. K. (2021). Communication Campaigns. Theory and Research in Mass Communication, April, 187–199. https://doi.org/10.4324/9781410604033-14
Rodas, H. (2017). Dramaturgia. Dramaturgias, 4, 109–112. https://doi.org/10.26512/dramaturgias.v0i4.8523
Rogers, E. M., & Storey, J. D. (1987). Communication Campaign. Sage.
Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (Haidir). Citappustaka Media.
Salman Farid, A. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Kampanye Politik Dan Dampaknya Terhadap Partisipasi Politik Dan Persepsi Publik. QAULAN Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 45–50.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suneki, S., & Haryono. (2017). Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial. Civis, 2(2), 1–11.
Venus, A. (2012). Manajemen Kampanye-Paduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4638
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id