Strategi Komunikasi Public Relations Ritel MR D.I.Y. Cibinong City Mall Cibinong

Sanika Sembiring, Ratna Kartika Sari, Dewi Retno Budiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi Public Relations (PR) ritel MR D.I.Y. dalam membangun hubungan interaktif dan personal dengan pelanggan. Sebagai salah satu pemimpin pasar dalam sektor ritel DIY (Do It Yourself), MR D.I.Y. mengintegrasikan elemen strategi komunikasi berbasis komunitas, personalisasi pesan, dan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang relevan dan bermakna. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, analisis konten kampanye PR yang dilakukan melalui media sosial, situs web resmi, ulasan pelanggan serta aktivitas berbasis komunitas serta wawancara menjadi desain utama penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi PR MR D.I.Y. menonjolkan beberapa pendekatan. Pertama, MR D.I.Y. membangun komunitas pelanggan melalui kampanye interaktif di media sosial, seperti "DIY Challenge,". Kedua, strategi komunikasi berbasis narasi (storytelling) untuk menonjolkan nilai-nilai utama merek, seperti kreativitas, keberlanjutan dan keterjangkauan. Ketiga, komunikasi dua arah melalui dialog aktif dengan pelanggan melalui media sosial dan aplikasi mobile, memungkinkan merek untuk merespon umpan balik secara real-time. Keempat, pendekatan personalisasi diterapkan melalui konten yang relevan dengan preferensi audiens, menciptakan hubungan emosional yang lebih kuat dan mendorong perilaku impulse buying.


Keywords


Public Relations; MR D.I.Y.; Strategi Komunikasi, Komunitas Digital; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Afnan, D., & Fathurrohman, F. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 8–17. https://doi.org/ 10.36787/jsi.v3i1.199

Ahmad, K. B. (2023). Kosmologi Sebagai Pertahanan Bangsa: Studi Kasus Kosmologi Sunda, Jawa, dan Bali. repository.ar-raniry.ac.id. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31767/

Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2018). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 197–208. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.483

Dewi Purnama, S., & Sapphire Sani, F. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Kuliner Melalui Media Sosial Instagram Pada Grande Garden Café. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi, 02(02), 33–39.

Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif [Getting Closer to the Phenomenological Approach: A Qualitative Research]. Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, March, 1–15.

Johana, K., Setiadarma, D., & Dewi P. Wijaya, K. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 10 DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS “BALI BARU” DI KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(6). https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i6.293

Kherbache, M., Maimour, M., & Rondeau, E. (2022). Network Digital Twin for the Industrial Internet of Things. Proceedings - 2022 IEEE 23rd International Symposium on a World of Wireless, Mobile and Multimedia Networks, WoWMoM 2022. https://doi.org/10.1109/ WoWMoM54355.2022.00089

Kurniawati, L. (2021). Strategi Digital Marketing dan Komunikasi Bisnis untuk Enterpreneur Pemula di Indonesia. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(3). https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i3.1291

Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. . (2017). Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado). Acta Diurna, VI(1), 1–46. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/ 15493/15034

Lesmana, D., & Valentina, G. M. (2021). Digital Marketing Rumah Makan Padang Melalui Instagram Berdasarkan Social Construction of Technology. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1). https://doi.org/10.37535/103002120212

Mahatmi, M. W., & Sebatubun, M. M. (2022). Strategi Komunikasi Stakeholders Dengan Pendekatan Data Alumni Menggunakan Data Mining. PRecious: Public Relations Journal, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.24246/precious.v2i1.5350

Mudana, I. G., Sutama, I. K., & Widhari, C. I. S. (2017). MODEL KEWIRAUSAHAAN MEMANDU WISATA MENDAKI GUNUNG AGUNG DI DESA SELAT, KARANGASEM. Soshum : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(3). https://doi.org/ 10.31940/soshum.v7i3.717

Muslikhin, M., Horng, J. R., Yang, S. Y., Wang, M. S., & Awaluddin, B. A. (2021). An artificial intelligence of things‐based picking algorithm for online shop in the society 5.0’s context. Sensors, 21(8). https://doi.org/10.3390/s21082813

Nasution, N. B., & Jana, P. (2021). ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING UNTUK PEMETAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING. STATMAT : JURNAL STATISTIKA DAN MATEMATIKA, 3(1). https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8606

Pauji, I., & Nurhasanah, N. (2022). Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Manufaktur. Journal of Management & Business, 5(2).

Perbawasari, S., Sjuchro, D. W., Setianti, Y., Nugraha, A. R., & Hafiar, H. (2019). Government Marketing Public Relations Strategy in Preparing Halal Tourism in Priangan Region. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 35(1). https://doi.org/ 10.29313/mimbar.v35i1.4134

Pradiatiningtyas, D. (2021). KONSEP AUGMENTED REALITY DAN MOBILE MARKETING SEBAGAI USAHA PENGEMBANGAN PARIWISATA YOGYAKARTA DI ERA PANDEMI COVID 19. Jurnal Pariwisata, 8(1). https://doi.org/10.31294/par.v8i1.10464

Pratiwi, M. (2017). PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP LOYALITAS PASIEN POLIKLINIK OBSTETRI DAN GINEKOLOGI RSIA ANNISA. Jurnal Vokasi Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.30602/jvk.v3i1.76

Samad, M. Y. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Komunikasi Politik: Propaganda Isu Sistem Pemilu Proporsional. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 25(2). https://doi.org/10.17933/iptekkom.25.2.2023.257-270

Savitri, I., Trihapsari, C. M., & Cahyati, M. E. (2022). The Role of Cyber Public Relations In Health Campaign In Pandemic Times. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 56–62. https://doi.org/10.21070/kanal.v10i2.1667

Scelly, A., Chayadi, R., & Loisa, S. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Prologia, 5(1), 175–183.

Siregar, M. R. A., Salsabila, A. S., Mutmainah, S. H., & Inzaghi, K. W. (2023). Memahami Perilaku Generasi Z di Kedai Kopi Bogor Timur. Jurnal Riset Public Relations, 1–6. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1720

Sucahyo, G. (2019). Strategi Public Relations Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Dalam Mengelola Hoax. repository.uinjkt.ac.id. https://repository. uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49003

Sungkono, N., Pasaribu, M., & Dewi, Y. R. (2024). Strategi Komunikasi Humas Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Cirebon Dalam Mengembangkan Wisata Kuliner. 4(2), 145–156.

Susilo, A., & Sari, E. (2020). Implementasi Program Cyber Public Relations Pt. Kereta Api Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Medium, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4792

Widiawati, K. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Bintang Empat Meraih Pelanggan. Jurnal Administrasi Kantor, 7(1).

Yusuf, F. R., & Wijaya, W. V. (2021). Aktivitas Cyber Public Relations Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Dalam Diseminasi Informasi Pariwasata Di Era New Normal. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.35760/mkm. 2021.v5i1.5705




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id