Citra Crazy Rich Indonesia Di Instagram Melalui Prespektif Structuralism Pierre Bourdieu

Ganjar Wibowo, Manik Sunuantari, Annisarizki Annisarizki, Iin Soraya, Imsar Gunawan

Abstract


Media sosial telah menjadi ruang penting bagi individu untuk berkomunikasi, berbagi aktivitas, dan membentuk citra diri, baik melalui tulisan maupun visual. Instagram, sebagai salah satu platform jejaring sosial yang paling populer, menjadi etalase digital bagi berbagai ekspresi kehidupan, termasuk gaya hidup mewah. Dalam konteks ini, istilah “crazy rich” muncul sebagai label simbolik yang melekat pada individu-individu yang menampilkan kekayaan dan kemewahan secara mencolok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik sosial yang dibangun oleh empat figur publik Indonesia yang dikenal sebagai crazy rich melalui akun Instagram mereka: @juragan_99, @raffinagita1717, @_rudysalim, dan @ahmadsaroni88. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori praktik sosial Pierre Bourdieu sebagai landasan analisis, khususnya konsep habitus, ranah, dan kekerasan simbolik. Penelitian ini menyoroti bagaimana keempat akun membangun personal branding melalui visualisasi aset, aktivitas dan jejaring sosial, yang kemudian memunculkan dominasi simbolik di ruang digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan berbagai bentuk modal secara strategis berkontribusi pada terbentuknya citra sebagai individu sukses dan kaya. Citra tersebut mendapatkan pengakuan sosial dari publik, tercermin melalui interaksi digital serta pelabelan simbolik sebagai crazy rich.


Keywords


Crazy Rich; Instagram; Habitus; Ranah; dan Kekerasan Simbolik

Full Text:

PDF

References


Arumdipta, D. A., & Damayanti, N. (2024). Pengaruh Konten Instagram Pada Followers Instagram @ Makarizoprofessional Terhadap Product Knowledge Dan Citra Makarizo Professional. Jurnal Cyber PR, 4(2), 95–105.

Aulia, N., Gunawan, W., & Yunita, D. (2024). Proses Pembentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Akun Selebgram @Roro_Yustina). Jurnal Sosiologi Nusantara, 10,No.1, 165–181.

Bourdieu, P. (1979). Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste.

Cahyaningrum Dewojati, N. N. (2023). Konsep Habitus Bourdieu dan Dinamika Masyarakat Tionghoa dalam Pendidikan jang Kliroe dan Korban dari Peroentoengan. Jurnal Sasatra Dan Kearifan Lokal, 3(1), 1–23.

Djama’an Satori, Aan Komariah, M. P. (2010). Metodologi penelitian kualitatif (Cetakan 2). Alfabeta.

Essential, T. H. E., To, G., Latest, T. H. E., & Behaviours, C. (2024). DIGITAL 2024.

Handayani, N. D., Lubis, N., & Hasibuan, W. A. (2022). Analisis Wacana Fairclough Pada Pemberitaan Selebgram Rachel Vennya Di Media Daring Tempo . Co. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 6(2), 156–169.

Institute, I. R. (2024). INDONESIA GEN Z.

Khasanah, V. A., Zahrani, S., Sulistyani, M., Aula, A. Z., & Utomo, P. Y. (2022). Analisis Fenomena Flexing dan Implikasinya terhadap Crazy Rich Indra Kenz. Jurnal Potensial, 1(1), 77–83.

N. K. Denzin and Y. S. Lincoln. (2009). Handbook penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Rachel, I., Nilamsari, N., Krismasakti, B., & Adhypoetro, R. (2024). Pengaruh Konten Instagram @ Nagara . Foods Terhadap Product Knowledge. Jurnal Cyber PR, 4(2), 132–144.

Ritzer, G. (1996). Modern Sociological Theory. The McGraw-Hill Companies Inc.

Simon, F. (2008). Kebudayaan dan Waktu Senggang. Jalasutra.

Wibowo, G., Sunuantari, M., Soraya, I., & Gunawan, I. (2024). Analisis Foto Instagram Publik Figur Politik Indonesia Melalui Pendekatan. JUrnal Media Penyiaran, 4(02), 33–39.

Yovanka Septina Wiryadiguna, Ririn Jamiah, H. P. (2022). Analisis Konten Instagram @dinkeskotabandarlampung Sebagai Upaya Penanggulangan Penyebaran Covid-19. KONTEKSTUAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1, 56–72.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v5i1.5333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id