Strategi Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Dalam Meningkatkan Brand Journalism di Majalah Bhumipura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi humas yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan Republik Indonesia dalam meningkatkan brand journalism di majalah bhumipura dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas meliputi perencanaan komunikasi yang terarah dan sistematis, penggunaan berbagai gaya jurnalistik seperti hard news, opini, dan feature, serta kerja sama dengan mitra eksternal guna meningkatkan kualitas editorial. Strategi ini terbukti efektif dalam membangun citra positif institusi dan meningkatkan pemahaman publik terkait kebijakan keimigrasian, yang ditandai dengan berbagai penghargaan yang telah diraih. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia, tenggat waktu yang ketat, serta kurangnya komunikasi organisasi yang eksplisit terkait konsep branding terbaru yakni "Guard & Guide". Untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan peningkatan komunikasi internal, evaluasi berkala, serta optimalisasi platform digital guna memperluas jangkauan audiens.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia, A. M. (2018). Personal branding remaja di era digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626
Agustini, N. A., & Purnaningsih, N. (2018). Pengaruh komunikasi internal dalam membangun budaya organisasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 89–108. https://doi.org/10.46937/16201825198
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni mengelola data : penerapan triangulasi teknik, sumber, dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Anto, R. P., Nur, N., Yusriani, Ardah, F. K., Ayu, J. D., Nurmahdi, A., Putra, M. F. P. (2024). Metode penelitian kualitatif: teori dan penerapannya. In angewandte chemie international edition. Surakarta: CV Tahta Media Group.
Arrese, Á., & Pérez-Latre, F. J. (2017). 2.4 The rise of brand journalism. Commercial communication in the digital age, 121–140. https://doi.org/10.1515/9783110416794-008
Iriantara, Y. (2019). Government PR 4.0. Jurnal Media Nusantara, 16(1), 13–26. Retrieved from http://ojs.uninus.ac.id/index.php/medianusantara/article/view/630/407
Light, L. (2014). Brand journalism: how to engage successfully with consumers in an age of inclusive individuality. Journal of Brand Strategy, 3(2), 121. https://doi.org/10.69554/mxzk6414
Margareta, D. Nugrogo, S. (2022). Brand journalism act dalam membangun brand. Virtu: jurnal kajian komunikasi, budaya dan islam, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/virtu.vxxx.xxxxx
Maryana, D., Puspita, R., Imaddudin., & Madonna. M. (2021). Praktik jurnalisme merek untuk membentuk citra polda metro jaya (studi kualitatif deskriptif produksi pesan pada PMJNEWS. COM). Jurnal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 51–64. Retrieved from http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JDMK/article/view/616
Majalah Bhumipura - Direktorat Jenderal Imigrasi edisi 1 Februari 2021.
https://www.imigrasi.go.id/majalah
Pratiwi, R., & Bilal, R. (2023). Implementasi cyber public relations monumen pers nasional surakarta dalam membangun citra pasca pandemi. Sintesa, 2(01), 36–58. https://doi.org/10.30996/sintesa.v2i01.8462
Riyanto, N. T. (2018). Brand journalism dalam perusahaan bumn (studi deskriptif kualitatif pada humas pt. Dirgantara indonesia (persero) dalam memanfaatkan instagram sebagai media publikasi. Malang: Universitas Brawijaya. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/13148/%0Ahttp://repository.ub.ac.id/13148/1/Nadira Tara Riyanto.pdf
Rohim, S. (Ed.). (2016). Teori komunikasi: perspektif, ragam, dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Saputri, A. D., Ningsih, C., & Sukarni, N. F. (2023). Strategi humas ditjen diktiristek dalam mempublikasikan program kampus merdeka melalui website dikti.kemdikbud.go.id. Jurnal Cyber PR, 23(1), 53–65. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3189
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi pemulihan pemasaran umkm di masa pandemi covid-19 pada sektor ekonomi kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212
Sugiyono (Ed.). (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Utomo, B. (2019). Analisis pengaruh kompetensi komunikasi, kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (studi pada Pt. Bangun Jaya Alam Permai I, Di Kotawaringin Barat). JURNAL EKOMAKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.33319/jeko.v8i1.28
Wright, D. K., & Hinson, M. (2017). Tracking how social and other digital media are being used in public relations practice: a twelve-year study. Public Relations Journal, 11(1), 1–30. Retrieved from www.newspaperdeathwatch.com
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v5i1.5364
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id