Konten dan Pengunan Beauty Influencer TikTok @fidyahaliza Terhadap Minat Beli Produk Somethinc

Aulia Rahma Putri, Mukka Pasaribu, Eni Kardi Wiyati, Widyarini Ridwan

Abstract


Berbagai produk saat ini membutuhkan berbagai media unuk memperkuat identitas bisnisnya termasuk media sosial dan penggunaan influencer. Salah satunya penggunaan media sosial TikTok dan beauty influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten di media sosial TikTok terhadap minat beli produk Somethinc, mengetahui pengaruh beauty influencer @fidyahaliza di media sosial TikTok terhadap minat beli produk Somethinc, dan mengetahui pengaruh konten dan beauty influencer @fidyahaliza di media sosial TikTok terhadap minat beli produk Somethinc. Pada penelitian ini menggunakan teori AIDA sebagai landasan teori utama serta konsep konten, beauty influencer, dan minat beli. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh konten di media sosial TikTok terhadap minat beli produk Somethinc sebesar 72,1%, terdapat pengaruh beauty influencer @fidyahaliza di media sosial TikTok terhadap minat beli produk Somethinc sebesar 59,5% dan konten dan beauty influencer @fidyahaliza di media sosial TikTok berpengaruh secara simultan terhadap minat beli produk Somethinc, dengan pengaruh sebesar 75,6%.


Keywords


Beauty Influencer; Konten; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Amruddin, Priyanda, R., Siwi, A., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (F. Sukmawati (ed.); 1st ed.). CV. Pradina Pustaka.

Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 6(2), 130–145.

Basuki, A. A., & Prabandari, S. P. (2020). The Influence Of Beauty Influencer Toward Purchase Intention Of Loval Cosmetic. Faculty Of Economics and Bussiness, Brawijaya University.

Jannah, M., Kambolong, M., & Ningtyas, C. P. (2023). Pengaruh Beauty Influencer Tasya Farasya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik PT. Paragon Technology Innovation (Studi Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis). Bussiness UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 431–442.

Mardhatilla, J. (2019). Pengaruh Konten Instagram @Senemu.Coffee Terhadap Minat Beli Followers-Nya Di Kafe Senemu 2.1. Ilmu Komunikasi, 1–11.

Nurlan, F. (2019). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (Asnidar (ed.); 1st ed.). CV. Pilar Nusantara.

Purnamasari, E., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE BIMA). Balance: Jurnal Ekonomi, 16(2), 166–174.

Puspita, A. N. (2022). Pengaruh Konten Instagram@ Jogjafoodhunter Terhadap Minat Beli Followers Dan Tingkat Popularitas Tempat Kuliner Di Kota Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Puspitasari, D., & Nugrahani, R. U. (2024). Pengaruh Media Sosial Lemon8 Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mengenai Korean Fashion Style. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(2), 302–315.

Rafi, M., & Zulfison, Z. (2023). Pengaruh Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Dalam Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah Mandiri. Journal of Accounting, Management and Islamic Economics, 1(2), 685–700. https://doi.org/10.35384/jamie.v1i2.480

Rahmawati, S. D. (2021). Pengaruh Seorang Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui E-Commerce. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 281–294.

Sahir, S. H. (2022). METODELOGI PENELITIAN (T. Koryati (ed.); 1st ed.). KBM INDONESIA.

SR, R. F. A., & Farida. (2023). PENGARUH KONTEN BEAUTY PADA TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN. JOURNAL COMMUNICATION SPECIALIST, VOL 2(3), 507–519.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (29th ed.). ALFABETA, cv.

Zahra, S. A., Toruan, R. R. M. L., & Islami, D. I. (2024). Kampanye Digital Politisi Muda Adiguna Daniel Dalam Membangun Personal Branding Melalui Tiktok. Cyber PR, 4(2), 168–179. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4638




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v5i1.5581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id