Implementasi Corporate Philanthropy PT. Petromine Energy Trading dalam Program CSR "Bantu Tetanggamu"

Hamsinah Hamsinah, Aldi Noufal Rahman, Dian Ismi Islami, Mochammad Muminto Arief

Abstract


Corporate social responsibility merupakan salah satu tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh PT. Petromine dalam program “Bantu Tetanggamu”. Dalam pelaksanannya, PT. Petromine menerapkan bentuk corporate philanthropy berdasarkan pada penyesuaian program dengan masyarakat. Corporate philanthropy mampu membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan jangkauan program yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan PT. Petromine memilih bentuk corporate philanthropy dalam pelaksanaan program “Bantu Tetanggamu”, bagaimana bentuk tersebut diterapkan, serta hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan jenis deskriptif. Metode studi kasus diterapkan peneliti dengan pengumpulan data melalui metode wawancara mendalam. Objek penelitian ini adalah program "Bantu Tetanggamu" dan subjek penelitian merupakan praktisi program “Bantu Tetanggamu. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber sebagi teknik dalam menguji keabsahan data dan teknik Miles & Huberman dalam menganalisis data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa corporate philanthropy merupakan penerapan corporate social responsibility yang sesuai dengan kapabilitas perusahaan guna mencapai tujuan dan jangkauan program yang telah ditentukan. Kegiatan tersebut diterapkan dengan melibatkan seluruh karyawan dalam mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat sekitar tempat tinggal mereka. Hambatan dalam pelaksanaan program “Bantu Tetanggamu” adalah terjaganya kualitas setiap barang dalam paket sembako dalam pendistribusian hingga diterima oleh masyarakat.


Keywords


Corporate Social Responsibility; Corporate Philanthropy; Bantu Tetanggamu

Full Text:

PDF

References


Anita, R., Neneng Salmiah, Intan Adino, & Muhammad Rasyid Abdillah. (2022). Filantropi Perusahaan: Sebuah Reviu Literatur dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.31849/jmbt.v4i1.10621

Budianto, A. A., Hairunnisa, & Boer, kheyene M. (2020). Peran Humas PT. Multi Harapan Utama Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR ) Di Kecamatan Loa Kulu kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Ilmu Komunikasi, 8(1), 234–248.

Clara Irdyan Febrianny, Unggul Purwohedi, & Dwi Handarini. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Asing, dan Keberadaan Wanita Dalam Dewan Direksi Terhadap Nilai Filantropi Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 1(1), 123–132. https://doi.org/10.21009/japa.0101.09

Dachi, C. S., & Djakman, C. D. (2020). Penerapan Stakeholder Engagement dalam Corporate Social Responsibility: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Mata X. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 291–306.

Kurnia, A., Shaura, A., & Raharjo, S. T. (2019). SUSTAINABLE DEVELOPMENT DAN CSR. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 231–237.

Kusumawati, P., & Yuanjaya, P. (2023). C orporate Social Responsibility Bank BPD DIY Dalam Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) Di Kabupaten Kulon Progo CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF BANK BPD DIY IN THE SOCIAL REHABILITATION Keberadaan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH . 08.

Mareta Puri Rahastine. (2021). Analisa Peranan dan Fungsi Public Relation Baitulmaal Munzalan Indonesia dalam Publikasi Gerakan Infaq Beras Jakarta. EJournal Komunikasi, 12(1), 85–90.

Mei, N., Ananda, V., Sakdiyah, N., Nasheh, A. Q., Khikmah, A., Lutfiana, S., & Chotimah, C. (2024). Perbedaan Humas Dan Kajian Lain Program Studi Manajemen Pendidikan Islam , Universitas Islam Negeri Sayyid Ali. 2(3).

Mutmainnah, M., Widodo, A. S., Dimyati, A., Dhiani, H. P., & Wardani, S. (2020). Aplikasi Social Responsibility: Kegiatan Bakti Sosial Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Kukusan Rt 06 Rw 05 Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat 16425. Dedikasi Pkm, 1(3), 33. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.6682

Pratama, H., & Wijayanti, R. (2022). Pengungkapan Perubahan Iklim : Faktor Penentu dan Konsekuensinya Terhadap Nilai Perusahaan. E-Qien, 10(1), 472–478.

Primandita Fitriandi. (2020). Bunga Rampai Keuangan Negara : Kontribusi Pemikiran Untuk Indonesia. Politeknik Keuangan Negara STAN.

Razali, G., & Hidayat, R. (2022). Strategy and Function of Perfect Health’s Public Relations Activities in Enhancing a Positive Image through Philanthropic Corporate Social Responsibility. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 7(1), 56–62. https://doi.org/10.25008/jkiski.v7i1.616

Santoso, P. Y., & Larasati, A. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mempertahankan Keberlanjutan Operasional Perusahaan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 241–250.

Sri Ardani, N. K., & Mahyuni, L. P. (2020). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Manfaatnya Bagi Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 12. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2339

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

vivianita, A., Nafasati, F., & indudewi, D. (2020). Pengaruh Environmental Performance Terhadap Firm Value Dengan Female Commissioner Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei 2016-2018). Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.33019/ijab.v2i2.30

Wamea, J., Islami, D., & Srisadono, W. (2023). Implementasi CSR PT. Pertamina Retail Dalam Program Pertamina Retail Peduli Stunting. Jurnal Cyber PR, 3(2), 139. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v3i2.3771

Yin, R. K. (2023). STUDI KASUS DESAIN & METODE (N. Duniawati (ed.)). Penerbit Adab.

Yudhistira. (2023). Apa itu CSR Perusahaan? Dasar Hukum, Dana, dan Contohnya. Bhinneka.Com.

Yudho Wibowo, Alief Indra Pratama, Dimas Aji Prastyo, & Maya Lutviana. (2023). Implementasi Program Corporate Social Responsibility di PT. Pertamina Patra Niaga Soekarno Hatta Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI). Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(8), 324–331. https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i8.56




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v5i1.5679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id