Kampanye Waste Down Beauty Up Terhadap Sikap Pada Pengikut Akun @Sociolla Dengan Dimediasi Kesadaran
Abstract
Sociolla sebagai perusahaan yang bergerak menjadi marketplace pada sektor kecantikan sejak 2015 menggerakan kampanye sebagai inisiatif sustainability beauty bertemakan Waste Down Beauty Up. Kampanye Waste Down Beauty Up mengajak khalayak untuk bijak dalam berbelanja dan mengelola limbah kecantikan dengan 4 langkah sederhana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kampanye Waste Down Beauty Up terhadap sikap pengikut akun instagram Sociolla, pengaruh kampanye Waste Down Beauty Up terhadap kesadaran pengikut akun instagram Sociolla, pengaruh kesadaran terhadap sikap pengikut akun instagram Sociolla, pengaruh kampanye Waste Down Beauty Up terhadap sikap pengikut akun instagram Sociolla dengan dimediasi kesadaran. Peneliti menggunakan paradigma positivisme, dengan pendekatan kuantitatif dan sampel sebesar 400 responden dari total populasi keseluruhan pengikut akun instagram Sociolla dengan menggunakan teori atribusi. Hasil menunjukan terdapat pengaruh kampanye Waste Down Beauty Up terhadap sikap pengikut akun instagram Sociolla, terdapat pengaruh kampanye Waste Down Beauty Up terhadap kesadaran pengikut akun instagram Sociolla, terdapat pengaruh kesadaran terhadap sikap pengikut akun instagram Sociolla, dan Kampanye Waste Down Beauty Up berpengaruh terhadap sikap pengikut akun instagram Sociolla dengan dimediasi kesadaran berpengaruh positif dan signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Hamasy, A. I. (2022). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus. Kompas.Com.
Annur, C. M. (2023). Pengguna Instagram RI Tembus 100 Juta Orang per April 2023, Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks.
Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Databoks.
Arumdipta, D. A., Cakraningsih, C., & Damayanti, N. (2024). Pengaruh Konten Instagram Pada Followers Instagram @ Makarizoprofessional Terhadap Product Knowledge Dan Citra Makarizo Professional. Cyber PR, 4(2), 95–105. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4632
Azwar, S. (2022). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. https://pustakapelajar.co.id/product/sikap-manusia-teori-dan-pengukurannya-edisi-3/
Defitri, M. (2022). Pentingnya Daur Ulang Plastik Bekas Skincare. Waste4change.
Duku, S. (2015). Mengenal Kampanye Komunikasi. Wardah, 14(1), 71–85. https://doi.org/10.19109/wardah.v12i2.238
Fachmi Aditya. (2020). Perbedaan Glasgow Coma Scale dan full outline of unresponsiveness score pada pemeriksaan tingkat kesadaran. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(November), 545–554.
Geller, E. S. (2000). The Psychology Of Safety Handbook. Lewis Publisher.
Imandiar, Y. P. (2022). Sampah Plastik dari Brand Besar Cemari Lingkungan Sungai Ciliwung Baca artikel detiknews, “Sampah Plastik dari Brand Besar Cemari Lingkungan Sungai Ciliwung” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6342389/sampah-plastik-dari-brand-besar-cemari-lingk. Detiknews.
Irawan, P. (2023). Beban TPST Bantargebang Makin Berat, Didominasi Sampah Plastik Konvensional. Kosadata.
Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 870–880. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.358
Kusumasari, R. N. (2015). Lingkungan sosial dalam perkembangan psikologis anak. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 32–38.
Larasati, R., Handayani, L., & Mahdalena, V. (2023). The Effect of the #WasteDown Beauty Up Campaign Message on Instagram on Environmental Awareness on Sociolla’s Instagram Followers. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science, 3(02), 709–725. https://ajmesc.com/index.php/ajmesc/article/view/339
Magdalena, Y. S., Zulkarnain, Z., & Jushermi, J. (2022). Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Pengetahuan Lingkungan Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Sikap Serta Dampaknya Pada Niat Beli Produk Hijau The Body Shop Di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FEB, 9(1), 1–15.
Maknun, M. (2024). Erha Hadirkan Reverse Vending Machine di Mal untuk Kurangi Sampah Kosmetik. Investor.Id.
Ningrum, K. Y., & Risa, N. A. (2023). Sustainable Beauty: “Waste Down Kindness Up Sociolla” Kolaborasi Sukin dengan Waste4Change dalam Upaya Pengolahan Sampah Kecantikan. International Journal of Demos, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.37950/ijd.v5i4.418
Priliantini, A., Krisyanti, K., & Situmeang, I. V. (2020). Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID). Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387
Putri, C. N. (2021). Di Balik Ancaman Limbah Skincare dan Kosmetik, Ini yang Bisa Kita Lakukan. Kompas.Com.
Rosalina, I. F., Shovmayanti, N. A., Citrayomie, A. G., Yoman, M., Harsari, R. N., Fatimah, Deswindi, L., Gunarso, S., Laksono, R. D., FINASIM, Riana, N., Abdillah, I. I., Sutresna, A., Leriani, O. A., & Rahmadiana. (2024). Buku Ajar Psikologi Komunikasi (Sepriano (ed.); pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sirait, N., Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Influence of the Campaign “Let’S Disconnect To Connect” on Anti-Phubbing Attitude (Survey in Line Starbucks Indonesia Official Account Followers). Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164. https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1665
Statista. (2024). Skin Care - Indonesia. Statista. https://www.statista.com/outlook/emo/beauty-personal-care/skin-care/indonesia
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan Mix Method (kedua). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (29th ed.). ALFABETA, cv.
Susanto, A. (2024). Sampah yang Terus Menggunung di TPST Bantargebang. Kompas.Com.
Venus, A. (2018a). Manajemen Kampanye (R. K. Soenandar (ed.); Edisi Revi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Venus, A. (2018b). Manajemen Kampanye Paduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik (Revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Wahidah, D. N., Handayani, L., & Nathanael, G. K. (2023). Pengaruh Pesan Kampanye #Kerentanpanyampah the Body Shop Indonesia Terhadap Sikap Khalayak (Survei Pada Followers Akun Instagram @Thebodyshopindo.Impact). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 159–169. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4655
Wardhani, R. A. S. (2008). Studi Tentang Kesadaran Pekerja terhadap Pelaporan Kecelakaan Kerja di PT.Astra Nissan Diesel Indonesia Periode Juni-Juli Tahun 2008. Universitas indonesia.
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v5i1.5680
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id