Pembimbing Keterampilan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Tuna Daksa

Wulandari Siti Aisah, Harti Yuwarti, Kusnul Arifin

Abstract


Penyandang disabilitas akan dihadapkan kepada persoalan bagaimana menyesuaikan diri pembimbing keterampilan Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor dengan upaya membangun motivasi belajar keterampilan yaitu dengan cara mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta berupaya untuk mengembangkannya dengan dilandasi proses kemandirian. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pembimbing keterampilan dalam pelatihan untuk  meningkatkan motivasi belajar tuna daksa dan Implementasi pelatihan pada tuna serta Peran pembimbing keterampilan di Sentra Terpadu Inten Soewono (STIS). Kegiatan ini dilakukan dengan tiga pembimbing keterampilan dan dua Tuna daksa. Hasil kegiatan menunjukan adanya peningkatan motivasi pembimbing keterampilan peserta tuna daksa ini yaitu dengan pendekatan khusus yang menumbuhkan chemistry, pembimbing juga harus menjadi keluarga, sahabat peserta tuna daksa. Mendorong peserta tuna daksa dalam pelatihan keterampilan sebagai komunikator yaitu menasihati secara halus dan sabar untuk dapat terus berlatih dengan peserta tuna daksa ini dengan menjaga psikis emotional pesertanya, serta perlu adanya figure orang tua dan figure orang sukses yang memiliki keahlian dan ketrampilan dalam menjalankan fungsional dengan berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Balkist, P. S. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa tunadaksa pada pembelajaranmatematika di kelas inklusif. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 146–150. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1005

Cahyati, A. D., Nurlaila, M. C., & Nurhidayah, S. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Berkelanjutan Dan Pengembangan Karakter Bagi Penyandang Disabilitas. Abdamas, 8, 46–52.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, Quantitative.

Huda, W. Al. (2015). Teori-Teori Motivasi. 1, 2.

Joseph A. Devito. (2013). The Interpersonal Communication Book. Pearson Education Limited.

Krauss, S. E. (2015). Research Paradigms and Meaning Making: A Primer. The Qualitative Report, 10(4), 758–770. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2005.1831

Marlina, S. (2011). anggota-anggotanya terlibat dalam proses komunikasi yang berlangsung secara tatap muka. 6, 113–126.

Marshall, C. (2011). Designing Qualitative Research (G. B. Rossman (ed.); 5th social). sage publication.

Michael, D. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi bagi Penyandang Disabilitas di Universitas Brawijaya. Jurnal HAM, 11(2), 201. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.201-217

Purinami, G., Apsari, N. C., & Mulyana, N. (2019). Penyandang Disabilitas Dalam Dunia Kerja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 234. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20499

Setyawan, A. (2018). Pola Komunikasi Anak Difabel ( Tuna Grahita ) pada Sekolah Khusus AS-Syifa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 106–113. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/4282

Shivers, C. M., & Resor, J. (2020). Health and Life Satisfaction Among Parents of Children with Physical Disabilities. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 32(5), 719–733. https://doi.org/10.1007/s10882-019-09716-x

tempo.co. (2018, November 7). Baru 1 Persen Teman Disabilitas yang Bekerja di Sektor Formal. Tempo.Co. https://difabel.tempo.co/read/1143835/baru-1-persen-teman-disabilitas-yang-bekerja-di-sektor-formal

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (Sixth Edition (ed.)). Sage Publications, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id