Optimalisasi Strategi Komunikasi Melalui Instagram dalam Kegiatan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas strategi komunikasi melalui media sosial Instagram dalam kegiatan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (DESTANA). Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat IDRIP DESTANA dilaksanakan di empat provinsi Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung dan Banten. Instagram digunakan sebagai salah satu media yang memiliki keragaman konten dan populer di kalangan Millenial dan gen Z. Akun @destana.wilayah1 digunakan sebagai sarana sosialisasi kegiatan program DESTANA yang berlangsung di 54 Desa/ Kelurahan di 4 provinsi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk menguatkan strategi komunikasi sosialisasi kegiatan DESTANA yang dilakukan oleh wakil koordinator bidang advokasi dan komunikasi di provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Lampung, dan Banten. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini strategi komunikasi akun Instagram @destana.wilayah1 dan akun yang dimiliki oleh masing-masing Desa/Kelurahan dapat mengoptimalkan sosialisasi mengenai kegiatan DESTANA di masing-masing wilayah hal ini terlihat dari interaksi yang terjalin dalam akun dan tumbuhnya akun secara organik.
Full Text:
PDFReferences
Baiq Vira Safitri,dkk (2020). Komunikasi Kebencanaan: Suatu Strategi Dalam Membangun Masyarakat Sadar Bencana Pada BPBD Kota Mataram. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora) Volume 6 Nomor 2, 143-150.
Efendi, A. L., Fadilla, A., Khoirunnisa, A. C., Bakry, G. N., & Aristi, N. (2024). Analisis Jaringan Komunikasi # Pilpres2024 Pada Platform Twitter. 204, 219–232. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i2.2976
Erwin Mulyadi (2022). Analisis Isi Pesan Instagram BPBD DKI Jakarta Dalam Mitigasi Bencana Banjir Memakai Model CERC. Jurnal Signal Volume 2, 177-136.
Mochamad Iqbal, dkk (2021). Komunikasi Mitigasi Bencana (Studi Kasus Mitigasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jabar dalam Menghadapi Bencana Alam Gempa Bumi Akibat Sesar Lembang). Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi E-ISSN : 2614-0381, ISSN: 2614-0373 Volume 4, No. 2, Juli 2021.
Negoro, S. H. (2021). Penerapan Komunikasi Risiko Bencana Pada the Cangkringan Jogja Villas & Spa. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 159–170. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1677
Zhang, C., Fan, C., Yao, W., Hu, X., & Mostafavi, A. (2019). Social media for intelligent public information and warning in disasters: A interdisciplinary review. International Journal of Information Management, 49, 190 - 207.
Oktariani, Rika dan AG Eka Wenats Wuryanta. (2020). Komunikasi Pemerintah Melalui Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepada Publik. EXPOSE Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 3, No 02.113-123. DOI: 10.33021/exp.v3i2.1196
Dataindonesia.id.(12 April 2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia Pada Maret 2019-Maret 2024. Diakses pada 27 Juli 2024 di https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia-pada-maret-2019maret-2024
Katadata.co.id.( 1 Maret 2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Diakses pada 26 Juli 2024 di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Meta.com.(2020).We’re committed to supporting COVID-19 relief efforts. Diakses pada 26 Juli 2024 di https://about.meta.com/actions/responding-to-covid-19/
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i1.4338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id