Pelatihan Conten Cretaor Pemula Dalam Memasuki Indsutri Konten Digital

Roy Tumpal Pakpahan

Abstract


Pelatihan content creator menjadi ladang baru bagi dunia industri digital. Pengetahuan dan kemampuan perlu diasah dan dikembangan dengan pihak-pihak yang punya akses dengan industri digital. Kondisi ini mendorong Tim Pemateri FIKOM Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) bekerjasama dengan media online Law-Justice. Co untuk memberi pelatihan bagi calon content creator pemula, khususnya mahasiswa yang baru lulus dari bangku kuliah. Bukan hanya terkait dengan tugas-tugas menulis saja, namun kemampuan soft skill tersebut bisa membantu mereka pada jenjang yang lebih tinggi. Ketika mereka menjadi jurnalis atau wartawan yang bekerja secara profesional, maka akan punya bekal pengetahuan dan kemampuan menulis karena sudah terbiasa. Sebab, bisa menulis artikel atau tugas-tugas yang terkait akan membiasakan mereka menulis dengan karya sendiri dan menjauhkan mereka dari tindakan plagiat atau membajak karya orang lain di kemudian hari. Tim dari FIKOM Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Tim Law-Justice.co juga melakukan pendampingan selama 3 bulan sejak pelatihan ini dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Arriagada, A., & Ibáñez, F. (2020). “You Need At Least One Picture Daily, if Not, You’re Dead”: Content Creators and Platform Evolution in the Social Media Ecology. Social Media and Society, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2056305120944624

Kusuma, Y., & Prabayanti, H. R. (2022). Content Creator Yang Berkarakter Berdasarkan Analisis Video YOUTUBE Ningsih Tinampi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(2), 210–225. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/wacana.v21i2.2111

Livingstone, S., Helsper, E. J., Ólafsson, K., & Lupiáñez-Villanueva, F. (2017). Maximizing Opportunities and Minimizing Risks for Children Online: The Role of Digital Skills in Emerging Strategies of Parental Mediation. Journal of Communication, 67(1), 82–105. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jcom.12277

Wijaya, A., Khudori, A. N., Jamaludin, Tarecha, R. I., Fauziah, Grace, E., Silitonga, H. P., Amna, Wardhana, A., Umiyati, H., Abidin, N., & Harto, B. (2022). The Art Of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Bandung: Media Sains Indonesia.

Wulandari, D. (2020). Content Creator Melonjak Selama Pandemi, Samsung Gelar “Galaxy Creator Workshop". Marcomm. Online Magazine - Mixx. https://mix.co.id/marcomm/news- trend/content-creator-melonjak- selama-pandemi-samsung-gelar- galaxy-creator-workshop/

Yuniarti, Y., Aziz, M., & Gani, H. A. (2024). The Impact of Creative Content on Digital Marketing Effectiveness: A Comprehensive Analysis. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), 12(03), 6179–6193. https://doi.org/https://doi.org/10.18535/ijsrm/v12i03.em19




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i1.4363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

   

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id