Storynomics Tourism Melalui Tayangan Video Dalam Mempromosikan Batik New Normal

Novalia Agung Wardjito Ardhoyo, Nasrullah Kusadjibrata, R. Rama Adhypoetro

Abstract


Warisan budaya produk batik di desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, memiliki cerita sejarah dan nilai-nilai budaya yang masih diyakini oleh masyarakat setempat. Dengan demikian promosi dapat menggunakan konsep storynomics tourism melalui tayangan video. Hal ini sejalan dengan perkembangan trend masyarakat yang semakin dekat dengan perangkat berbasis digital, sehingga menjadi peluang dalam mempromosikan batik New Normal melalui platform media sosial. Tujuan akhir kegiatan ini adalah untuk menghasilkan tayangan video batik New Normal yang merepresentasikan realita dari proses dan kekhasan batik tersebut. Tema video menggunakan teknik storynomics. Kegiatan ini meliputi tahapan pra produksi, produksi dan paska produksi. Proses produksi video diawali dengan pengumpulan data melalui interaksi langsung dengan para pengrajin batik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan kepustakaan yang digunakan dalam menyusun storyline video. Pengumpulan stok video dilakukan langsung di lokasi desa produsen batik New Normal. Setelah melalui tahap editing, tayangan video dikonsultasikan dengan pengrajin sehingga dihasilkan video yang disepakati oleh semua pihak. Hasil kegiatanselama 6 (enam) bulan menghasilkan tayangan video batik New Normal. Video yang ditayangkan melalui media sosial menjadi salah satu strategi efektif dan efisien dalam mempromosikan batik New Normal hingga jangkauan  internasional.

Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2023, 17 September 2023). Personal Interview.

Dewi, P. Y. N, Ariani, R. P. dan Kusyanda M. R. P. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO DESTINASI WISATA BALI AGA BERBASIS STORYNOMICS DI DESA PEDAWA BULELENG- BALI. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Volume 14, Nomor 2, Juli 2023 E-ISSN : 2599-1442. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/63042/26769 Doi: http://10.23887/jppkk.v14i2.63042

Firmansyah, Muhammad Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Fitri. (2023, 17 September 2023). Personal Interview.

Groth, A., Buchauer, R., & Schlögl, S. (2018). Influence of Social Media Engagement on Sustainable Mobility Behaviour in Alpine Regions. In Information and Communication Technologies in Tourism 2018. 186–199. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-729237_15

Irsan, M., Santoso, P. Y., Kusadjibrata, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Keris di Masa Pandemi. Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies eISSN: 2829-2510 - Vol. 1, No. 2 Oktober (2022), pp. 119-129. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/hybrid_ad/article/download/2563/1166

Johnston, K. A., & Taylor, M. (2018). The handbook of communication engagement. John Wiley & Sons.

Juditha, C. (2017). Memahami Struktur Jaringan Media Sosial sebagai Cara Strategis Periklanan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Pekommas, 2(1), 99–114. file:///C:/Users/user/Downloads/mukhlis,+Vol+2+No+1_10.pdf

Kartini, Raden Asri. 2021. ANALISIS SWOT TERHADAP STORYNOMICS TOURISM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PARIWISATA (STUDI KASUS KAWASAN WISATA KALI CISADANE, KOTA TANGERANG, BANTEN, INDONESIA). Dynamic Management Journal Vol. 5 No. 2. Dikutip dari https://www.google.com/url?esrc=s&q=&rct=j&sa=U&url=https://jurnal.umt.ac.id/index.php/dmj/article/view/5639&ved=2ahUKEwiE3bvmxcP8AhVgFbcAHVCRDsoQFnoECAYQAg&usg=AOvVaw2Gay5Gh9mXlDH-CFJvOkLe diakses pada 10 Januari 2023 jam 21.36 wib.

Kemp, S. (2022). April Global Statshot Report. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2022-april-global-statshot

Khairally, Elmy Tasya. 2021. Pariwisata RI Bakal Dikembangkan Lewat Storynomics tourism, Apa Itu? Dikutip dari https://www.google.com/url?esrc=s&q=&rct=j&sa=U&url=https://travel.detik.com/travel-news/d-5806356/pariwisata-ri-bakal-dikembangkan-lewat-storynomics-tourism-apa-itu&ved=2ahUKEwiTsay60MP8AhWEh-YKHWoXCBgQFnoECAIQAg&usg=AOvVaw3DB0Ni4QCbE6YJr_x07rsa diakses pada 10 Januari 2023 jam 21.19 wib.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Theories Of Human Communication (8th ed.). Thomson Wadworth.

Maidasari, Evi., Narundana, Vonny Tiara., Lolyana, Rina. 2021. PENGARUH PROMOSI VIDEO MARKETING DAN KESADARAN MEREK DALAM MEMPENGARUI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN YAMAHA. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 11 No. 2 Dikutip dari http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmb/article/view/1962 diakses pada 8 Februari 2023 jam 18.40 wib.

McKee, R., & Gerace, T. 2018. Storynomics: Story-driven Marketing in the Post-advertising World. Hachette UK.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Riyantie, M., Alamsyah, Pranawukir, I. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI JANJI JIWA MELALUI DIGITAL MARKETING DI ERA PANDEMI COVID-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Volume 20, No. 2, Desember 2021, 255-267 DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1721

Sari, Ida Ayu Laksmita. Putra, I Nyoman Darma. Purnawan, Ni Luh Ramaswati. Suardiana, I Wayan. 2022. STORYNOMICS BALI AGA: PEMANFAATAN CERITA RAKYAT UNTUK PROMOSI DESA WISATA SIDETAPA, KABUPATEN BULELENG. JUMPA Volume 8, Nomor 2. Dikutip dari https://www.google.com/url?esrc=s&q=&rct=j&sa=U&url=https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/82278&ved=2ahUKEwjpppOT0MP8AhX9ALcAHVkRCpkQFnoECAQQAg&usg=AOvVaw1EzYewlbpKX5tCscZcAiGz diakses pada 10 Januari 2023 jam 21.28 wib.

Sulistyono, A. & Jakaria. (2022). Analisis Pengaruh Social Media Engagement Terhadap Relationship Quality Yang Dimediasi Oleh Faktor-faktor Relationship Management. Equilibrium, 11(1), 53-65. http://journal.stiem.ac.id/index.php/jureq/article/view/987/525

Suri, A., Subagyo, F. A. K. D., & Irwansyah, I. (2021). Computer-Mediated Communication dan Manajemen Kesan Pada Pembelajaran Elektronik Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(1), 89–108. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i1.19079

Winarni, Rani dan Astuti, Endah Resnandari Puji. 2019. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYLINE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 diakses dari https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/download/2249/1572 pada 8 Februari 2023 jam 18.47 wib.

Yasmine, Fathia. Noviyanti, Sri. 2021. Mengenal Storynomics tourism, Gaya Baru Promosikan Pariwisata. Diunduh dari https://amp.kompas.com/travel/read/2021/04/24/174103027/mengenal-storynomics-tourism-gaya-baru-promosikan-pariwisata diakses pada 11 Januari 2023 jam 12.43 wib.




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i1.4366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

   

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id