Pelatihan Kesiapan Menghadapi Krisis Komunikasi Pada Biro SDM Polda Metro Jaya

Rialdo Rezeky Manogari, Radja Erland Hamzah

Abstract


Situasi krisis ini sering kali melibatkan kegagalan dalam menyampaikan informasi yang akurat, transparan, dan tepat waktu kepada publik atau pemangku kepentingan, sehingga memperburuk situasi dan menambah ketidakpastian bagi insitusi dan publik. Strategi komunikasi krisis melalui manajemen krisis perlu dilakukan dengan Langkah-langkah yang tepat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan pada Selasa, 8 Oktober 2024 di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan. Peserta kegiatan personil Polri Biro SDM Polda Metro Jaya sebanyak 121 orang. Tujuan  kegiatan agar personil Polri dalam hal ini Biro SDM Polda Metro Jaya diharapkan  dapat meningkatkan  kapasitas komunikasi,  meningkatkan fungsi SDM,  sehingga mampu meningkatkan citra Polri. Metode pelaksanaan melalui ceramah, diskusi/tanya-jawab dan contoh studi kasus. Hasil kegiatan ini menunjukkan perlunya pemahaman komunikasi dengan baik, pemahaman target publik dan media yang digunakan. Serta perlunya latihan komunikasi krisis yang melibatkan pelatihan tentang bagaimana mengelola informasi, merespons media, dan berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk karyawan, pelanggan, dan publik.

Full Text:

PDF

References


Herdito, R. D. (2016). Humas dan Manajemen Krisis. Jurnal Ilmiah WUNY, 17(3). https://doi.org/10.21831/jwuny.v17i3.9738

Irwanti, M. (2023). Manajemen Krisis Komunikasi (E. Jaelani (ed.); Cetakan Pe). Bandung: Widina Media Utama.

Kusnandar, V. B. (2022). Ini Angka Pelanggaran Anggota Polri 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/11/ini-angka-pelanggaran-anggota-polri2021

Lourensia, F., & Setyanto, Y. (2019). Peran Public Relations dalam Memulihkan Reputasi ( Studi Kasus Manajemen Krisis PT Kereta Commuter Indonesia Pasca Perubahan Sistem E-Ticketing). Prologia, 2(2), 327–333. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3595

Makdin, D., Rifky Pratama, H., Damayanti, D., & Noviana, A. (2023). Elaborasi Komunikasi Krisis Polri: Analisis Penanganan Kasus Penembakan Brigadir J Menggunakan Situational Crisis Communication Theory. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 25(1), 85–102. https://doi.org/https://doi.org/10.17933/iptekkom.25.1.2023.85-102

Pudjiastuti, W., & Fadhal, S. (2012). Opini Mahasiswa Terhadap Citra Polisi Republik Indonesia (POLRI). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 1(3), 201–216.

Rezeky, R. (2024). Manajemen Komunikasi Krisis (Cetakan Pe). Banjar: CV. Ruang Karya Bersama.

Siregar, I. K., & Haeirina, K. P. (2021). Komunikasi Krisis PT. Jouska Finansial Indonesia Dalam Pemulihan Citra Perusahaan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1301

Stoddart, M. C. J., Catano, G., Ramos, H., Vodden, K., Lowery, B., & Butters, L. (2020). Collaboration gaps and regional tourism networks in rural coastal communities. Journal of Sustainable Tourism, 28(4), 625–645. https://doi.org/10.1080/09669582.2019.1694526

Tolan, C. A. (2017). Peranan Komunikasi Dalam Membangun Citra Polisi Republik Indonesia (POLRI) Pada Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Kota Manado). VI(1).




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i2.4957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

   

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id