Strategi Komunikasi Digital dalam Penyebaran Informasi GEDSI
Abstract
Komunikasi adalah kunci dalam menyampaikan pesan yang dapat memberikan informasi, pemahaman dan perubahan perilaku manusia. Komunikasi melalui media digital digunakan untuk menyampaikan pesan inklusif mengenai GEDSI. Penggunaan media digital sebagai saluran informasi memerlukan strategi dari mulai pembuatan jadwal, merancang konten, menyampaikannya dan melakukan evaluasi terhadap konten yang ingin disampaikan. Pelatihan strategi komunikasi digital ini dilaksanakan secara luring dan proses mentoring daring selama satu bulan yang diikuti oleh peserta bagian unit komunikasi dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas strategi komunikasi digital dalam menyampaikan pesan-pesan inklusif. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, peserta mengetahui strategi pembuatan jadwal, pembuatan materi GEDSI dan membuat evaluasi dari konten yang dikomunikasikan melalui akun media digital yang digunakan melalui situs maupun akun media sosial yang dimiliki. Diharapkan melalui terlaksananya kegiatan ini, peserta dapat meningkatkan kesadaran dan menyebarluaskan informasi mengenai GEDSI kepada khalayak. Komunikasi digital yang inklusif dapat ditingkatkan dengan kolaborasi lintas lembaga untuk isu-isu GEDSI dan fokus pada tujuan penyebaran informasi melalui media digital.
Full Text:
PDFReferences
Asari, A., Muthia, Ashari, S. A., M, M., Dangkua, E. V., Mas’ud, H., Padikku, I. R., Pakaya, N., Irsan, R., Tuloli, M. S., & Zakaria, A. (2024). Manajemen Aset Digital : Vol. Pertama (A. Asari, Ed.). PT. Mafy Media Literasi Indonesia .
Foster, J. (2021, August 26). SEO Content Writing vs. SEO Copywriting: What’s the Difference? Https://Www.Searchenginejournal.Com/Seo-Content-Writing-vs-Seo- Copywriting/324889/.
Hendroyono, H. (2012). Semua Orang adalah Brand Gardener. Literati .
Joshi, M., & Gupta, L. (2021). Preparing Infographics for Post-publication Promotion of Research on Social Media. Journal of Korean Medical Science, 36(5). https://doi.org/10.3346/jkms.2021.36.e41
Komnas Perempuan. (2017, July 24). Siaran Pers Komnas Perempuan Catatan Komnas Perempuan 33 Tahun Ratifikasi Konvensi CEDAW di Indonesia: “Implementasikan CEDAW dalam Pemenuhan Hak Perempuan Korban Kekerasan.” Https://Komnasperempuan.Go.Id/Siaran-Pers-Detail/Siaran-Pers-Komnas-Perempuan-Catatan-Komnas-Perempuan-33-Tahun-Ratifikasi-Konvensi-Cedaw-Di-Indonesia.
Lestari, D., & Jono, A. A. (2023). Stereotype Peran Gender Pada Sekolah Inklusi. Al Huwiyah Journal of Woman And Children Studies, 3(2).
Pakpahan, R. T. (2024). Pelatihan Content Creator Pemula Dalam Memasuki Industri Konten Digital . Jurnal Pustaka Dianmas , 4(1), 36–44.
Peran Media Sosial dalam Mempromosikan Kesetaraan Gender . (2024, August 24). Https://Suarasosial.Com/2024/08/20/Peran-Media-Sosial-Dalam-Mempromosikan-Kesetaraan-Gender/.
Stefanyk, A. (n.d.). 4 Best Practices for Creating an Inclusive Digital Strategy. Https://Www.Isae.Org/Index.Php?Option=com_dailyplanetblog&view=entry&category=marketing-Communications&id=53:4-Best-Practices-for-Creating-an-Inclusive-Digital-Strategy.
Syabrina, R. A. N. (2017). Efektivitas dan Efisiensi Komunikasi Pada Penyelenggaraan Festival Damar Kurung Gresik Tahun 2017Syab. Univeritas Airlangga .
Zahra, L. (2023). Membangun Masyarakat Inklusi (Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Disabilitas Intelektual). Representamen, 9(01), 9–17. https://doi.org/10.30996/representamen.v9i01.7487
DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i2.4997
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL PUSTAKA DIANMAS
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id