Penyuluhan Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Membangun Perilaku Anak di Kelurahan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

Yuni Retna Dewi, Nono Sungkono, Mukka Pasaribu, Hamsinah Hamsinah, Widyarini Ridwan

Abstract


Komunikasi orang tua dengan anak membutuhkan keahlian dan kemampuan sehingga terjalin komunikasi yang baik. Pentingnya komunikasi khusunya komunikasi antar pribadi orang tua dengan menjadi fenomena yang menarik saat ini di tengah banyaknya informasi yang didapat dari berbagai sumber. Maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan tim Dosen FIKOM Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengambil tema Penyuluhan Komunikasi Antar Orang Tua Dengan Anak Dalam Membangun Perilaku Anak. Metode penyuluhan dengan ceramah dan diskusi serta tanya jawab. Peserta penyuluhan ini terdiri dari Ibu-Ibu PKK RW. 03 Kelurahan Bendungan Hilir berjumlah 25 orang. Tujuan Penyuluhan ini 1) untuk mengetahui pentingnya komunikasi untuk perkembangan anak, 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi antara orang tua dengan anak, 3) Untuk mengetahui pentingnya komunikasi yang efeltif dan efisien orang tua dengan anak. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa orang tua mengalami kendala dalam membangun komunikasi antar pribadi dengan terkait perilaku diakibatkan pengetahuan yang dimiliki orang tua sangat terbatas di tengah perkembangan komunikasi dan informasi yang terjadi. Komunikasi merupakan kebutuhan yang penting bagi perkembangan anak. Orang tua mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembentukkan dan perkembangan tingkah laku anak, watak, moral dan kematangan anak.

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi (Keempat). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Iriantara, Y. (2013). Komunikasi Antarpribadi. Universitas Terbuka.

Morissan. (2020). Komunikasi Organisasi (Pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Nilamsari, N., Liana, C., & Sanjaya, M. (2024). Sosialisasi Penguatan Komunikasi Keluarga Menghadapi Problem Tawuran dan Kesehatan Jiwa Bagi Perangkat Kelurahan Cililitan Jakarta Timur. Jurnal Pustaka Dianmas, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i1.4337

Norhabiba, F., & Ragil Putri, S. A. (2018). Hubungan Intensitas Akses Media Baru Dan Kualitas Interaksi Lingkungan Sekitar Pada Mahasiswa Untag Surabaya. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 8. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.1.8-15

Putra, R. H. (2013). Komunikasi Keluarga Dalam Membangun Konsep Diri Pada Mantan Penderita Skizofrenia. Jurnal E-Komunikasi, 1(1), 1–10. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/75

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019

SP, S. M. S. (2020). Pendekatan Komunikasi Antarpribadi Psikologi Dengan Penderita Depresi. POPULIKA, 8(2), 78–83.

Toruan, R. R. M. L. (2021). Partisipasi Guru dan Orang Tua Dalam Menggalakkan Literasi Pada Kalangan Pelajar. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 21–27. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas/article/view/1497

Triningtyas, D. A. (2016). Komunikasi Antar Pribadi (Cetakan 1). CV. Ae Media Grafika.




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i2.5007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

      

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id