Sosislisai Indeks Kota Layak Huni Kota Tangerang Selatan

Catur Priyadi

Abstract


Permasalahan pembentukan Kota Tangerang Selatan sebagai daerah otonom pada tahun 2008 merupakan bentuk upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan pemerintahan, pengembangan potensi daerah, serta pembangunan kota. Problem kualitas hidup, penerapannya sering kali menghadapi berbagai permasalahan yang kompleks. merupakan permasalahan yang dihadapi masyarakat dan Dinas Kota Tangerang Selatan. Komunikasi sosialisasi dapat dijadikan support system dalam menghadapi masalah tersebut. Karena itu, kegiatan sosialisasi penguatan komunikasi Sosisaliasi menjadi alternatif solusi untuk menghadapi permasalahan tersebut Permasalahan kurang pemahaman masyarakat dan Pemerintah terkait kelayakan hidup sebuah kota sebagai standarisasi. Metode dalam kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami dan menafsirkan perilaku manusia dalam situasi tertentu berdasarkan perspektif penulis sendiri. Tahapan kegiatan sosialisasi yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan sosialisasi, dan tahap pelaporan. Secara umum hasil Kegiatan Pengabdian pada masyarakat sosialisasi kota layak huni Tingkat kepuasan warga masih kurang terhadap layanan publik terutama terkait kualitas hidup masyarakat disebuah kota. diperlukan kegiatan sosialisasi memahami bahwa setiap kasus pertumbuhan penduduk, kemacetan, kesehatan, kualitas pendidikan, layanan memiliki akar permasalahan yang berbeda sehingga cara penanggulangannya pun berbeda. Tetap diperlukan kolaborasi, koordinasi dan sinergi antara Masyarakat dan Pemerintah agar tercapainya kualitas hidup mewujudkan kota layak huni.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A. (2016). Perkembangan paradigma administrasi publik (New Public Administration, New Public Management dan New Public Service). Jurnal Publik Profetik, 04(2), 172–199.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatiif, Kuantitatif, dan Mixed. 1–308. file:///C:/Users/Hp/Documents/buku creswell.pdf

Crosby, B. C., ‘t Hart, P., & Torfing, J. (2017). Public value creation through collaborative innovation. Public Management Review, 19(5), 655–669. https://doi.org/10.1080/14719037.2016.1192165

Dyah Lintang Trenggonowati, Asep Ridwan, & Winda Chamidah Nurmayanti. (2019). Usulan Aksi Mitigasi Risiko Rantai Pasok Produk Pancake Durian dengan Pendekatan House Of Risk (HOR) dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), 2(4). https://doi.org/10.32734/ee.v2i4.661

Ghozali, Imam & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit, Universitas Diponegoro.

Gonzalez, R., Llopis, J., & Gasco, J. (2013). Innovation in public services: The case of Spanish local government. Journal of Business Research, 66(10), 2024–2033. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2013.02.028

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Gava Media.

Lv, Y., Wu, M., & Shouse, R. C. (2022). Impact of organizational culture, occupational commitment and industry-academy cooperation on vocational education in China: Cross-sectional Hierarchical Linear Modeling analysis. PLoS ONE, 17(2 February), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0264345

Nguyen, V. T., Siengthai, S., Swierczek, F., & Bamel, U. K. (2019). The effects of organizational culture and commitment on employee innovation: evidence from Vietnam’s IT industry. Journal of Asia Business Studies, 13(4), 719–742. https://doi.org/10.1108/JABS-09-2018-0253

Nurhandayani, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, dan Beban Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Ekobil), 1(2), 108–110. https://doi.org/10.58765/ekobil.v1i2.65

Safitri, S. (2016). Sejarah Perkembangan Otonomi Daerah Di Indonesia. Jurnal Pendidilkan Sejarah, 5(9), 79–83.

Xi, J., Koch, K., Othman, B., & Liu, P. (2020). Employees Perspectives of the Determinants of Corporate Culture in Western-based Multinational Corporations Operating in China. Revista Argentina de Clínica …, October. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.1038

Yin, N. (2018). The influencing outcomes of job engagement: an interpretation from the social exchange theory. International Journal of Productivity and Performance Management, 67(5), 873–889. https://doi.org/10.1108/IJPPM-03-2017-0054




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i2.5008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

   

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id