Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pemberdayaan Masyarakat Atas Promosi Kuliner Lokal

Dian Ismi Islami

Abstract


Kuliner lokal yang eksistensinya masih dipertahankan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai maakanan tradisonal perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat. salah satu bentuk dukungan yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) adalah dengan mengadakan pengabdian masyarakat berupa optimalisasi sosial media untuk pelaku UMKM kuliner lokal. Tujuan dari kegiatan ini adalah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan civitas akademik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yang ketiga yakni pengabdian kepada masyarakat, membina hubungan yang baik dengan masyarakat pelaku usaha UMKM kuliner lokal di daerah Jakarta, Depok dan Bogor, sebagai bentuk tanggung jawab dalam mentrasfer dan menginformasikan ilmu kepada masyarakat.. Metode pelaksanaan dimulai dengan perkenakan pihak civitas akademika universita Moestopo kepada pihak UMKM kuliner lokal. Dilanjutkan dengan wawancara sebagai bagian dari riset usaha, kemudian melakukan analisa usaha mitra UMKM kuliner lokal, setalahnya memberikan masukkan terkait pemasaran dan cara membuat dan membangun media sosial untuk pemasaran bagi pelaku usaha, terakhir melakukan rangkaian proses pembuatan konten usaha kuliner lokal tersebut. Hasil dari kegitan ini berupa optimalisasi sosial media UMKM kuliner lokal.


Full Text:

PDF

References


Diva, K. ky. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumen. Kompasiana, 1. https://www.kompasiana.com/vickydiva/64aa3e214addee6991724592/pengaruh-media-sosial-terhadap-perilaku-konsumen

Djakasaputra, A., Refaldy, A., & Chandra, J. (2023). Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Bisnis Kuliner. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 131–138. https://doi.org/10.55047/prima.v2i1.513

Harsana, M., & Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di D.I. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 15(1), 1–24. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/36472

Muljanto Silajadja1, Pamela Magdalena2, T. P. N. (2023). 3 1,2,3. Https://Jurnaluniv45sby.Ac.Id/Index.Php/Cakrawala/Article/View/1001/873, 9(23), 656–664.

Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.118

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v4i2.5010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

   

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id