Mitos Dibalik Tayangan Iklan Sasa Welcome Back Micin Swag Generation #Generasimicin

RR Bramayanti Krismasakti, Retno Tri Rachmawati, Nono Sungkono, Kusnul Arifin, Rialdo Rezeky M.L. Toruan

Abstract


Periklanan mengalami kemajuan seiring dengan perkembangan teknologi media. Berbagai perusahaan melakukan promosi dengan media sosial salah satunya bumbu masakan Sasa melalui channel Youtube. Iklan digunakan untuk menginformasikan dan meyakinkan orang untuk membeli produk dan layanan yang dijual oleh pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana konsep Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang dihadirkan dalam iklan Sasa: Welcome Back Micin Swag Generation #GenerasiMicin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan konsep semiotika oleh Roland Barthes. Sehingga dapat membedah makna yang terkandung dalam pesan iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mitos-mitos yang terkandung di balik sebuah teks dan desain tidak bisa berhenti bekerja hanya pada tataran denotasi saja, akan tetapi dideskripsikan lebih detail tentang konsep konotasi yang menjadi sumber terciptanya mitos yang dihasilkan dari konstruksi yang komprehensif hingga lihat kode berupa gambar, sudut pandang dan lainnya di Sasa: Welcome Back Micin Swag Generation #GenerasiMicin. Dampak positif untuk meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri bagi generasi milenial adalah konsep denotasi, konotasi dan mitos yang dihadirkan dalam iklan Sasa: Welcome Back Micin Swag Generation #GenerasiMicin.


Keywords


periklanan; semiotika; micin; sasa

Full Text:

PDF

References


Anggakara, T. P., & Gunawan, S. (2017). The Concept of The Luxury Branding In Samsung Galaxy S6 Edge Series Through Triadic Modes of Sign. Kata Kita, 5(1), 142–148. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/katakita.5.1.142 -148

Arasid, M. N., & Hapsari, R. (2019). Pemaknaan Ilustrasi Berita Infografis Pada Media Online: Analisis semiotika pada Instagram CNBC Indonesia. J-IKA, 6(2), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.640 3

Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Sosial: Format Kuantitatif Dan Kualitatif. Surabaya: Universitas Airlangga Press.

Cahyadi, W. (2012). Bahan Tambahan Pangan (Edisi 2.). Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publicana FISIP Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.

Christian, M. (2019). Telaah Keniscayaan Iklan Di Kanal Youtube Sebagai Perilaku Khalayak Di Kalangan Milenial. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(2), 141–211. https://doi.org/https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i0 2.1890

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed). New Jersey: Prentice-Hall Published.

Lina, L., & Damayanti, R. (2021). Makna Slogan “We’Ll Take Care of You Wherever You Are" Pada Iklan Samsung India. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 144–158. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1537

Lusiawati, I., & Taufik, C. (2021). PEREMPUAN VOLUME 1 Perempuan dan Media.

Prasetya, A. B. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.

Purwandi, A. H. (2017). Milenial Nusantara: Pahami Karakternya, Rebut Simpatinya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Putra, Y. R., Meiriki, A., & Ersyad, F. A. (2019). Penggunaan Unsur-Unsur Seni Pertunjukkan Kethoprak Dalam Iklan Tvc Djarum 76 Seri Jin Sebagai Strategi Branding Produk. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 21(2), 138. https://doi.org/10.26623/jdsb.v21i2.1726

Putra, Y. S. (2016). Theorotical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(18), 123–134. https://doi.org/10.52353/ama.v14i2.213

Rahayu, M. N., Poerana, A. F., & Lubis, F. O. (2020). Pemanfaatan Instagram Dalam Menjaga Hubungan Baik Pt. Pupuk Kujang Dengan Stakeholders. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 186–201. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1537

Santoso, P. (2016). Konstruksi Sosial Media Massa. Al-Balagh: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 30–48.

Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi Pond’s Men #Lelakimasakini (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16–30. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.