Komunikasi Pemasaran T&T Store Pada Fitur-Fitur Shopee Dalam Meningkatan Penjualan

Rangga Maulana, Catur Priyadi, Widyarini Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat Strategi yang dilakukan T&T Store dalam meningkatkan penjualannya. T&T Store merupakan online shop yang menjual berbagai macam produk FO dengan kualitas yang masih sangat bagus, T&T Store merupakan bisnis online yang dirintis oleh kedua pasangan milenial yang mempunyai ide untuk mencari uang lebih untuk menjadi anak mandiri yang dapat menghasilkan penghasilan sendiri dengan memanfaatkan Shopee sebagai sarana dalam memasarkan produk yang dijual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif dan teknik pencarian data melalui pencarian data dengan wawancara kepada narasumber untuk menjawab dan mengetahui bagaiman strategi yang digunakan dalam meningkatan penjualan yang dilakukan T&T Store. Teori yang digunakan adalah strategi komunikasi pemasaran dan new media sebagai wadah dalam memasarkan produknya. Hasil Penelitian menemukan bahwa T&T store memanfaatkan aplikasi e-commerce Shopee untuk memasarkan produknya dikarenakan Shopee merupakan e-commerce yang cukup menawarkan banyak promo ataupun fitur-fitur nya yang disenangi kaum milenial seperti gratis ongkir, bayar ditempat, potongan-potongan harga pada beberapa waktu dan tanggal unik. Dengan memanfaatkan Shopee tersebut, Penjualan yang dilakukan T&T Store mengalami peningkatan karena peminat Shopee lebih banyak dibandingkan dengan sosial media lainnya.


Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. (2000). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi (cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Gde Wahirayasa, C., & Gd Ag Artha Kusuma, A. (2018). Peran E-marketing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(6), 3291–3319. https://doi.org/: http//doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i06.p16

Lubis, A. Y. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Infrastruktur Negara Berkembang. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 225. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.20

MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi). PT Remaja Rosdakarya.

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616

Murtani, H. (2017). Strategi Marketing Brand Di New Media. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, XIII, No 4, 307. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/156

Rachmiaty, Z. (2017). STRATEGI VIRAL MARKETING “ THE GOODS DEPT .”file:///C:/Users/acer/Documents/viral marketing.pdf

Raymond, L. R. (2015). Strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan merek dagang pt. hipernet indodata (hypernet). Jurnal Wacana, XIV(4), 388–399. file:///C:/Users/acer/Downloads/137-434-1-PB.pdf

Riyadi, H. (2019). Apa Itu Shopee dan Keunggulan yang di miliki Shopee. https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/

Situmorang, J. R. (2010). Pemasaran Viral – Viral Marketing. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 6(1), 63–75. https://doi.org/10.26593/jab.v6i1.369.

Sugiyono, P. D. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. In Memahami Penelitian Kualitatif (p. 3). Alfabeta.

Susanti, N. (2018). Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 717–722. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2042

Wibisono, G. (2019). Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda: Pengaruh Penggunaan Media Sosial ‘Good News From Indonesia’ Terhadap Perilaku Nasionalisme. Jurnal Studi Pemuda, 6(2), 560. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39264

Wulandari, V. D. A. (2020). Universitas prof. dr. moestopo (beragama) fakultas ilmu komunikasi. https://library.moestopo.ac.id/index.php?p=show_detail&id=49536&keywords=strategi+pemasaran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.