Pengaruh Penggunaan Instagram @keanuagl Terhadap Brand Knowledge Ms.Glow dan Pembentukan Brand Awareness

Vanessa Anggraeni, Yos Horta Meliala, Cakra Ningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan Instagram @keanuagl terhadap Brand Knowledge produk Ms.Glow dan Pembentukan Brand Awareness di Kalangan Followers-Nya.Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksplanatif, dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner, observasi dan studi pustaka. Kuesioner dibagikan kepada sampel penelitian sebanyak 100 responden namun hanya kembali sebanyak 94 kuesioner, sedangkan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling yang disederhanakan dengan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil adanya pengaruh variabel X (pengaruh penggunaan Instagram @keanuagl) terhadap variabel Y (brand knowledge & brand awareness) sebesar 62,1%. Hasil uji t didapatkan t hitung > t tabel yaitu t hitung 12,288 > 1,986, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram @keanuagl terhadap Brand Knowledge dan Brand Awareness Ms.Glow di kalangan Followers instagram @Keanuagl memberi pengaruh secara positif dan signifikan.



Keywords


Use of Instagram; Brand Knowledge; Brand Awareness

Full Text:

PDF

References


Aryanto, A. (2020) MS Glow Pelopori Produk Skincare dalam Negeri. Retrieved from wartaekonomi.co.id website: https://www.wartaekonomi.co.id/read283337/ms-glow-pelopori-produk-skincare-dalam-negeri

Anggraini, M. (2020). 5 Fakta Kehidupan Selebgram Keanu Agl Tak Banyak Orang Tahu. Retrieved form merdeka.com website: https://www.merdeka.com/trending/5-fakta-kehidupan-selebgram-keanu-agl-tak-banyak-orang-tahu.html

Bungin, B. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Raja Grafindo.

David Aaker, A. (2008). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Endra,Y. (2021) Profil Keanu Agl, Selebgram yang Terkenal karena Komedi Nyinyir. Retrieved from matamata.com website: https://www.matamata.com/seleb/2021/06/15/110051/profil-keanu-agl-selebgram-yang-terkenal-karena-komedi-nyinyir

Ghozali, Imam, (2016), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: BPFE.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hootsuite:We are Social. (2019) : Indonesian Digital Report.

Hadyan, R. (2020) MS Glow Skin Care Raih Best Brand dengan Penjualan Eksklusif. Retrieve from bisnis.com website: https://lifestyle.bisnis.com/read/20201223/220/1334631/ms-glow-skin-care-raih-best-brand-dengan-penjualan-eksklusif

Kerlinger. (2006). Asas–Asas Penelitian Behaviour. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kotler, Philip & Garry Armstrong. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management, 15th Edition. England: Pearson Education.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurnia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi.

Kriyantono, R. (2014).Teknik Praktis Riset Komunikasi,cet ke-7.Jakarta:Prenada.

Mcquail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa Edisi 6 Buku 1.Salemba Humanika.

Marketeers. (2015). Pentingnya Brand Ambassador Bagi Garnier. Retrieved from marketeers.com website: http://marketeers.com/pentingnya-brandambassador-bagi-garnier/ – diakses 15/9/17 18:27 wib)

Purnamasari, S. (2020) Tentang MS Glow: Sejarah Berdirinya MS Glow (Informasi). Retrieved from MS Glow website: https://ms-glow.store

Shimp, T. A. (2013a). Periklanan Promosi. Erlangga.

Shimp, T. A. (2013b). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga.

Solis, Brian. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen (R. Sikumbang (Ed.); Kedua). Ghalia Indonesia

Suparwi, Suparwi, and Syarifatul Fitriyani. "Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017." BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 8.2 (2020): 253-272.

Tambunan, D. S., & Tri Indra Wijaksana, S.Sos., M. S. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand awareness Pada Ovo. E-Proceeding Of Management, 6(1), 1178.

Usman, Husaeni & Akbar, Purnomo Setiady. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.