Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Keris di Masa Pandemi
Abstract
Selama masa pandemi COVID-19 memiliki dampak yang cukup besar terutama pada sektor seni dan industri kreatif terutama industri Batik. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi yang kreatif dalam strategi pemasaran Batik Keris guna meningkatkan tingkat penjualan Batik Keris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Batik Keris di masa pandemi Dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi saat melakukan strategi komunikasi pemasaran di masa pandemi serta ke efektifan dari strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan Batik Keris di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan paradigma penelitian yang digunakan yaitu Post-positivisme, serta metode penelitiannya menggunakan wawancara. Narasumber penelitian ini merupakan Kepala dan Pelaksana Divisi Promosi Batik Keris. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Pemasaran. Dalam hasil penelitian ini, Batik Keris melakukan strategi komunikasi pemasaran di masa pandemi menggunakan media online seperti Instagram dan e-commerce lainnya dengan mempertimbangkan dan menyesuaikan strategi komunikasi pemasaran dengan situasi pandemi saat ini sekaligus menjalankan strategi pemasarannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifahmi, H. (2005). Sinergi Komunikasi Pemasaran: Intergrasi Iklan, Public Relations dan Promosi. PT. Mizan Pustaka.
Batik Keris. (n.d.). https://batikkeris.co.id/company/about_us
Budiono, M. A. (2005). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Karya Agung. Dwidjowinoto, W. (2002). Kesahihan Pengamatan Dan Wawancara Bahan Penataran Metode Penelitian Kualitatif Bagi Dosen-Dosen. Universitas Negeri Surabaya.
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Erlangga. Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media. Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media Group.
MAYASARI, M. D. (2009). Strategi Pemasaran Pada Pt. Batik Danar Hadi Di Surakarta. Tugas Akhir.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Morissan, A. M. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Penerbit Kencana.
Mulyana, D., & Solatun. (2008). Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Putranto, S. E. (2003). Studi Mengenai Orientasi Strategi Dan Kinerja Pemasaran. In Studi Mengenai Orientasi Strategi Dan Kinerja Pemasaran (Vol. 2, Issue 1, pp. 93–110). https://doi.org/10.14710/jspi.v2i1.93-110
Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021. Jurnal IKRA- ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. ANDI. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabeta, CV.
Suhardi, A., & Herlina. (2010). Pengaruh Daya Beli Masyarakat Terhadap Nilai Penjualan Ikan Lele Di Desa Ganjaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8 No 1(1), 40–47. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmk/article/view/290/pdf
Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication: Teks dan Kasus. Pustaka Pelajar.
Supriyono, R. A. (1990). Akuntansi Biaya, Perencanaan dan Pengendalian Biaya Serta Pembuatan Keputusan. BPFE.
Syaiful, F. F. (2020). Manajemen Entrepreneurship Education melalui pemasaran di tengah Pandemi covid-19 : Studi kasus usaha minuman Kamsia Boba di Kabupaten Bangkalan. Edukasi Nonformal, 2634 (April).
Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3 September).
Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. ANDI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies
Secretariat address:
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)
email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.