Peran Komunikasi Perubahan dalam Corporate Social Innovations (CSI) di Era Marketing 5.0

Iswahyu Pranawukir, Erita Riski Putri, Rezzi Nanda Barizki, Nur Desilawati, Maria Jashinta Elisabet Hamboer

Abstract


Marketing 5.0 adalah paradigma pemasaran yang menekankan pada keterlibatan emosional dan humanisasi merek dalam menciptakan nilai bagi pelanggan dan masyarakat. Dalam era ini, perusahaan dituntut untuk tidak hanya berorientasi pada laba, tetapi juga pada dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan oleh aktivitas bisnisnya. Corporate Social Inovations (CSI) adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk menunjukkan komitmennya terhadap isu-isu sosial dan lingkungan melalui inovasi produk, proses, atau model bisnis yang dapat memberikan manfaat bagi berbagai pemangku kepentingan. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali konsep dan karakteristik CSI, serta contoh-contoh penerapannya di berbagai industri. Artikel ini juga mengacu pada teori marketing 5.0, teori inovasi sosial, dan teori triple bottom line strategi pengelolaan pesan dalam mengantisipasi dampak dan tantangan CSI di era marketing 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSI merupakan perubahan yang tidak dapat dihindari terutama dalam menghadapi era Marketing 5.0 yang diwarnai dengan disrupsi teknologi digital. Adapun strategi menghadapi perubahan tersebut menjadi strategis dengan diimplementasikannya strategi pengelolaan pesan triple bottom line melalui tahapan model perubahan Kurt Lewin. Artikel ini memberikan beberapa rekomendasi bagi perusahaan yang ingin mengimplementasikan CSI di era marketing 5.0.

Keywords


Marketing 5.0; Corporate Social Inovations; Triple Bottom Line; Komunikasi Perubahan

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Hamboer, M. J. E., Hiswanti, Septiandi, R., & Ahmad A, A. (2021). Komunikasi Simpatik Melalui Aksi Altruistik(Sumbangan Bahan Makanan Kepada Warga Terdampak Psbb Covid-19 Daerah Kelurahan Lenteng Agung,Jak-Sel. Teratai, 2(1), 8. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/189/172

Aruman, A. E., Sumardjo, S., Panjaitan, N. K., & Sadono, D. (2017). Model Komunikasi untuk Membangun Kesiapan Perubahan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 15(1), 43–55. https://doi.org/10.46937/15201722768

Dwivayani, K. D., & Boer, K. M. (2020). Gerakan Komunikasi Mitigasi Bencana Dalam Upaya Meminimalkan Dampak Bencana Pada Masyarakat Kota Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 1. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3816

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Farahdiba, D. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992

Misnan, M., & Barizki, R. N. N. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Hipmikindo Dalam Mensinergikan Sumberdaya Akademisi Dan Pelaku Umkm. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 226–241. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1722

Misnan, M., Sukma, A. H., Sobir, O. Z., & ... (2020). Menginspirasi Peluang Usaha Melalui Komunikasi Lintas Budaya. Jurnal Pengabdian …, 1(1). http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/21%0Ahttp://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/download/21/14

Misnan, & Prisila, D. (2022). Manajemen Resiko Bisnis Pakaian Impor Bekas (Penyuluhan Partisipatif pada “Mahad Aly” Yayasan Pondok Pesantren Tahfidz Madinatul Quran Sukmajaya Depok). Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 53.

Pranawukir, I. (2021). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Adaptifitas Sumberdaya Manusia Dan Keunggulan Kompetitif Lembaga. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2), 247–259. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i2.1635

Pranawukir, I., & Sukma, A. H. (2021). Strategi Corporate Social Responsibility Dompet Dhuafa dalam Membangun Brand Differentiation Lembaga. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 22. https://doi.org/10.33474/jisop.v3i1.9000

Riyantie, M., Alamsyah, A., & Pranawukir, I. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Janji Jiwa Di Era Digital Dan Era Pandemi Covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 255–267. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1721

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191

Sukma, A. H., & Pranawukir, I. (2020). Perencanaan dan Strategi Komunikasi Jaringan Franchise Warung Tegal Kharisma Bahari. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.