Pengaruh Iklan Marketplace di Televisi Terhadap Minat Konsumen Potesial melakukan Transaksi Online

Fickri Fadillah, Hendri Prasetya

Abstract


Perkembangan Marketplace sebagai mekanisme pemasaran dan penjualan secara on line saat ini berkembang pesat. Beragam aplikasi Marketplace sangat mendorong penjualan berbagai komoditas. Marketplace menjadi mekanisme dan ruang pemasaran yang menawarkan fleksibilitas dan perluasan dalam beragam aspek pemasaran seperti place, product dan juga mekanisme penawaran atau promosional. Maraknya bermunculan penyelenggaran marketplace memunculkan iklim persaingan yang harus dijalani. Penyelenggara Marketplace tetap membutuhkan ruang untuk mengkomunikasikan keberadaan dan keunggulan masing masing aplikasi belanja mereka di media konvensional seperti televisi. Penelitian ini ingin mengukur pengaruh iklan marketplace yang terdiri dari Shopee, Lazada dan Tokopedia di media televise terhadap minat beli. Minat beli yang dimaksud di panelitian ini adalah keberminatan pembelian yang dilakukan melalui aplikasi marketplace. Pendekatan yang digunakan adalan kuantitatif dengan jenis ekplanatif. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan kategori responden minimal berusia 18 tahun dan pernah menonton iklan marketplace di televisi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 67 orang. Hasil Uji regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi X kepada Y sebesar 35.1% yang berarti Pengaruh Iklan Marketplace di Televisi memberikan kontribusi sebesar 0.351 terhadap Minat Bertransaksi OnlinArtinya, Iklan Marketplace di Televisi berpengaruh terhadap Minat Bertransaksi Online.

Keywords


Marketplace; Iklan; Minat Beli; Transaksi online

Full Text:

PDF

References


A, M, Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Prenada Media Group

Ardianto, Elvinaro dkk. 2009. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma Teori Aplikasi Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Armstrong, G. & Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran: Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Burhanudin, Ranu. 2017. Pengaruh Iklan Traveloka di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi di Indonesia). Vol 4 No. 2. Manajemen Bisnis. Universitas Telkom

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hadari Nawawi. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Indrajaya, Sonny. Analisa Pengaruh Kemudahan Belanja, Kualitas Produk Belanja di Toko Online. Fakultas Ekonomi Bisnis. Universitas Mercu Buana Jakarta

Jabbar, Malik Abdul & Kartini Rosmalah. 2018. Journal of Strategic Communication. Vol. 9 No.1. Ilmu Komunikasi. Universitas Pancasila

Jaiz, Muhammad. 2013. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana

Kriyantono, Rahmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran.. Jakarta: Kencana Perdana

Margono. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moriarty dkk. 2011. Advertising Edisi 8. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo

Royan. 2004. Marketing Selebrities: Selebriti Dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: Media Komputindo

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito

Sukendar, Markus Utomo. 2017. Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Sutopo. 2013. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suyanto. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Penada Media Group

Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta. Penerbit Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.