Strategi Komunikasi Pemasaran di SMK Grafika Yayasan Lektur

Dinda Anisya Damayanti, Mukka Pasaribu, Catur Priyadi

Abstract


SMK menjadi instansi pendidikan yang kerap memiliki stigma buruk pada masyarakat dan memiliki angka lulusan pengangguran tertinggi sehingga berpengaruh pada sekolah, ketertarikan calon siswa untuk masuk ke SMK dan tidak diliriknya SMK oleh instansi perusahaan. Disisi lain, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengharapkan SMK dapat berkembang dan menjadi instansi pendidikan yang diminati oleh calon siswa serta orangtua. Dengan demikian, untuk menarik calon siswa dan merubah stigma sekolah, dari sisi internal atau pihak sekolah perlu mengadakan kegiatan pemasaran untuk menginformasikan, membujuk dan meyakinkan khayalak terkait keunggulan dan nilai penting SMK. Salah satu sekolah yang kerap melakukan kegiatan pemasaran adalah SMK Grafika Yayasan Lektur. Namun, untuk mencapai kegiatan pemasaran, SMK Grafika Yayasan Lektur merencanakan dan menggunakan beberapa strategi yang diterapkan dalam kegiatan pemasaran sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan SMK Grafika Yayasan Lektur dan hambatannya. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa, kegiatan pemasaran dapat membantu memperkenalkan sekolah dan menarik calon siswa baru melalui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan konsep bauran pemasaran, promosi dan media sosial sehingga berkaitan dengan penggunaan teori komunikasi pemasaran. Saat ini, kegiatan pemasaran yang membantu dalam memasarkan sekolah SMK Grafika Yayasan Lektur adalah melalui Word of Mouth.


Keywords


SMK Grafika; Komunikasi Pemasaran; Promosi; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, Y. P. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Pelayanan Anggota. Retrieved from Jurnal Bianglala Informatika: file:///C:/Users/dinda/Downloads/2703-6931-3-PB.pdf

Jayani, D. H. (2021, 04 23). Databoks. Retrieved from SMK Makin Diminati Masyarakat, Apa Alasannya?: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/23/smk-makin-diminati-masyarakat-apa-alasannya#:~:text=Sebanyak%2051%2C9%25%20responden%20tertarik,murah%20(23%2C4%25).

Maisah, Mahdayeni, Maryam, dan Alhaddad. (2020). Penerapan 7P Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi.

Marliansyah, A. H. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN FAST FORWARD RECORD BANDUNG (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Fast Forward Record Bandung Dalam Meningkatkan Popularitas Band The Pilsner). Retrieved from Repository Unikom: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-adeherdimn-39444

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurlaela. (2021). PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM. Retrieved from Repository ummat: https://repository.ummat.ac.id/3002/1/COVER%20-%20BAB%20III.pdf

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemperor. Bandung: Alfabeta.

Radarmadiun. (2022, 03 04). Retrieved from SMK Terancam Tak Dilirik, Efek Berantai Lulusannya Banyak yang Nganggur: https://radarmadiun.jawapos.com/berita-daerah/ngawi/04/03/2022/smk-terancam-tak-dilirik-efek-berantai-lulusannya-banyak-yang-nganggur/

Riyanto, A. D. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. Retrieved from Hootsuite (We are Social): https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa. Retrieved from Jurnal usu: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/9930/4418

Siregar, R. A. (2018). Penanganan Pembiayaan Bermasalah Mikro 75ib Di Bank BRI Syariah Kcp Rantau Prapat. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Repository UINSU.

Sugiyama Kotaro, T. A. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch. New York: The Mac GrawHill Companies.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono Fandy, A. D. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Wardhana, A. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Bandung: Media Sains Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.