Digital Advertising Mamaguru Sebagai Startup Parenting Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial Instagram

Rahma Angraini, Kusnul Arifin, Gunawan Gunawan

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai Strategi Digital Advertising yang dilakukan Mamaguru sebagai Start Up Parenting dalam membangun brand awareness melalui media sosial Instagram Landasan dari penelitian ini menggunakan konsep digital advertising, media sosial (Instagram), dan Model AISAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif  kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui strategi digital advertising yang digunakan oleh Mamaguru dalam membangun brand awareness melalui media sosial Instagram.  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membangun brand awareness melalui media sosial Instagram, Mamaguru menggunakan strategi digital advertising dengan melakukan pendekatan menggunakan kolaborasi dengan influencer maupun brand yang sesuai dengan konsep digital advertising, media sosial (Instagram), maupun Model AISAS. 


Keywords


Digital Advertising; Model AISAS; Brand Awareness; Instagram

Full Text:

PDF

References


BİLGİN, Y. (2018). the Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya) (Ketiga). PRENADAMEDIA GROUP.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. PT Pustaka Pelajar.

Eriyanto. (2018). Metode Penelitian Komunikasi (Ketiga). Universitas Terbuka.

Fannani, S. I., Najib, M., & Sarma, M. (2020). the Effect of Social Media Toward Organic Food Literacy and Purchase Intention With Aisas Model. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 17(3), 285–293. https://doi.org/10.17358/jma.17.3.285

Fariastuti, I., & Azis, M. A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Onefourthree.co Di Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 54–69.

Kriyantono, R. (2012). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Kriyantono, R. (2021). Teknis Praktis Riset Komunikasi (Edisi Kedua) (Edisi Kedu). Kencana.

Limanseto, H. (2021, November 10). Menko Airlangga: Pengembangan Ekonomi Digital di Indonesia, Tidak Hanya Target Pasar Tapi Harus Jadi Pemain Global. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3433/menko-airlangga-pengembangan-ekonomi-digital-di-indonesia-tidak-hanya-target-pasar-tapi-harus-jadi-pemain-global#:~:text=Nilai ekonomi digital Indonesia pada,digital Indonesia masih terbuka lebar.&text=“Nilai t

McStay, A. (2017). Digital Advertising (Second Edi). Bloomsbury Publisher.

Moriarty, S., Mitchell, N., Wood, C., & Wells, W. (2019). Advertising & IMC; Principles & Practice (Eleventh E). Pearson Education, Inc. www.pearson.com

Saxena, K., & Mittal, S. (2019). An Analytical Study of Digital Advertising Strategies and Measuring Thei Effectiveness. Internation Journal of Trade & Commerce, 8(I), 98–111. www.sgsrjournals.co.in

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. BSI E-Journal, 1, 7.

Social, W. are, & Hootsuite. (2022). Digital 2022: April Global Statshot Report. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2022-april-global-statshot

Social, W. are, & Kepios. (2022). Digital 2022: Essential Instagram Stats for Q1 2022. https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2022-essential-instagram-stats-for-q1-2022-v01

Sondak, S. H., Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 671–680.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa (Edisi Pert). Andi.

Wiradharma, G., Arisanty, M., & Mahmudah, D. (2021). SEBAGAI MEDIA DISEMINASI INFORMASI DAN BRANDING EKONOMI KREATIF KABUPATEN / KOTA DI INDONESIA THE INFOGRAPHY OF INDONESIA AGENCY FOR CREATIVE ECONOMY AS INFORMATION DISSEMINATION AND BRANDING MEDIA FOR CREATIVE ECONOMY OF REGENCIES / CITIES IN INDONESIA P. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 25(1), 46–60.

World Stats, I. (2021). ASIA INTERNET USE, POPULATION STATISTICS DATA AND FACEBOOK DATA - MID-YEAR 2021. https://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.