Komunikasi Digital Electronic Word Of Mouth Kamalo Coffee & Eatery Dalam Membangun Brand Awareness

Tommy Hermawan, Anggia Hasti Benjamin, Rama Adhypoetra

Abstract


Strategi komunikasi digital word of mouth merupakan sarana promosi atau pemasaran dalam menyebar luaskan produk yang dijual untuk mendapatkan pelanggan yang lebih luas.  Metode promosi digunakan oleh brand baru.Penggunaan strategi komunikasi digital word of mouth ini termasuk promosi yang menarik dan cepat mendapatkan pelanggan untuk di brand, terutama di era digital saat ini. Metode mempromosikannya ke teman-teman melalui media sosial sehingga menjadi bahan pembicaraan antar teman dan tersebar. Seiring dengan pertumbuhan dan evolusi internet, electronic word of mouth telah menjadi fakta yang penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di media digital terhadap minat beli konsumen dari brand Kamalo Coffee & Eatery. Teori yang digunakan E-Wom Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Objek penelitian adalah Kamalo Coffee & Eatery. Hasil penelitian pertama penggunaan digital WOM oleh dilakukan melalui media sosial tentang Strategi Komunikasi Pemasaran secara umum memberikan penilaian postif tentang electronic word of mouth diantaranya dengan menggunakan media sosial hal ini menunjukkan membangun brand awareness dengan electronic word of mouth.


Keywords


Digital Marketing; E-Wom; Brand Awareness; Kamalo Coffee & Eatery

Full Text:

PDF

References


Firdaus, Muhammad Reza, Tresna Wiwitan, and M Si. 2019. “Strategi Komunikasi Word of Mouth Sebagai Promosi Dari Word Of Mouth Communication Strategy As A Promotion Of Kineruku ( Case Study About The Strategy Of Word Of Mouth As A Promotion Of Kineruku ) Kineruku Merupakaan Perpustakaan Alternatif Dan Toko Buku.” : 430–39.

Hardani. Ustiawaty, J. Andriani H. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.

Hasna, Safira, and Dan Irwansyah. 2019a. 8 Jurnal Ilmu Komunikasi ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI STRATEGI PUBLIC RELATION DI ERA DIGITAL.

Hasna, Safira, and Irwansyah Irwansyah. 2019b. “Electronic Word of Mouth Sebagai Strategi Public Relation Di Era Digital.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 8(1): 18. https://ejournal.undip.ac.id/ index.php/interaksi/ article/view/22541.

Isyanto, Puji, Rahayu Gita Sapitri, and Obsatar Sinaga. 2020. “Strategi Pemasaran Electronic Word of Mouth Pada E-Commerce Dalam Menghadapi Era Digital 4.0 Di Indonesia.” Systematic Reviews in Pharmacy 11(1): 601–5. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php /INOVASI/article/ download/8483/1149.

Kurniawan, Feri Arif, and Syahrul Effendi. 2020. “Pengaruh Brand Awarness, Iklan Media Sosial Dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Customer Bintang Motor Jaya Buaran).” Journal of Management Pemasaran. http://repository.stei.ac.id/1585/.

Lauricia, Tiffany. 2020. “Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Tealab.” Performa 5(2): 112–20.

Noti, Fetnisari Babang, Herru Prasetya Widodo, and Emei Dwinanarhati Setiamandani. 2021. “Strategi Komunikasi Pemasaran Kae Thai Tea Dalam Meningkatkan Brand Awareness.” Jurnal Komunikasi Nusantara 3(1): 33–43.

Putu Dharmawan Pradhana, Yunia Sallyana. 2018. “Pengaruh Brand Awareness , Perceived Quality Dan Word Of Mouth ( Wom ) Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Jek Di Denpasar.” Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis 3(2): 124–34.

Rachman, Bangkalan Raniawati, Dan Totok, and Wahyu Abadi. 2016. “Komunikasi Word of Mouth.”

Risyaf, Tengku Abrari. 2022. “Skripsi Strategi Komunikasi Digital Word Of Mouth ( WOM ) Cowboy Chicken Dalam Membangun.” Universitas Prof.Dr Moestopo ( Beragama).

Ryzan, Kezia Descita., Priyowidodo, Gatut., & Tjahjo, Judy. 2020. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Kedai Kopi Kenangan Pada Warga Kota Surabaya.” Jurnal E-Komunikasi 8(2–5).

Sandu Siyoto, and M.A M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.

Tee, Jessica, Rezi Erdiansyah, and Sisca Aulia. 2020. “Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang Di Indonesia.” Prologia 4(1): 18.

Toruan, Rialdo Rezeky M L. 2018. “Proses Implementasi Word of Mouth Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan.” Jurnal Pustaka Komunikasi 1(1): 155–66. https://journal.moestopo.ac .id/ index.php/pustakom/article/view/551.

WARDIYANTI, MAYLIZA. 2021. “‘Implementasi Marketing Wom (Word of Mouth) Di Era Digital Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Di Warung Kopi Klotok Pakem)’ ‘Wom (Word of Mouth) Marketing in Digital Era in the Perspective of Sharia Marketing (Case Study in Kopi Klotok Shop Pakem).’” UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.