Pengaruh Penggunaan Instagram Hastag Local Pride Indonesia Terhadap Minat Beli Komunitas Backpacker Jakarta

Vendra Palova, Ardan Achmad, Nono Sungkono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Instagram Hastag Local Pride Indonesia Terhadap Minat Beli Komunitas Backpacker Jakarta. Teori yang digunakan teori media sosial dan model attention, interest, desire, action (AIDA). Metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan eksplanatif. Populasi penelitian yakni komunitas Backpacker Jakarta. Sampel penelitian sebanyak 255 komunitas dengan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil temuan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Penggunaan Instagram Hastag Local Pride Indonesia Terhadap Minat Beli Komunitas Backpacker Jakarta yang signifikan dengan besarnya pengaruh termasuk kategori pengaruh kuat, artinya bahwa semakin meningkatnya penggunaan Instagram Hastag Local Pride Indonesia maka akan semakin meningkat minat beli Komunitas Backpacker Jakarta. Dari hasil koefisien determinasi, diketahui besarnya persentase minat beli Komunitas Backpacker Jakarta setelah dipengaruhi Penggunaan Instagram Hastag Local Pride Indonesia sebesar 57% dan sisanya 43,0% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti, seperti iklan di website, iklan di Facebook, dan word of mouth.


Keywords


Instagram; Minat Beli; Komunitas Backpacker; Hastag Local Pride Indonesia

Full Text:

PDF

References


Alkatiri, S., Tumbel, A. L., & Roring, F. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Ekonomi Dan Bisnis, 5.2.

Chandra, A. N. A., & Bambang Pujiyono, MM, M. S. (2018). Pengaruh Program Indonesia Bagus Di Net Tv Terhadap Minat Traveling Komunitas Backpacker Indonesia. Ilmu Komunikasi.

Emzir, S. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Perss.

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi ilmu manajemen. Universitas Diponegoro.

Humbatov, S. (2015). Brand Management with Social Media In Service Industry. Anchor Academic Publishing.

Kemenparektaf. (2021, April). Tak Ingin Kalah Saing, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Belanja Brand Lokal. Https://Pedulicovid19.Kemenparekraf.Go.Id.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management (6e Global). Pearson Education Limited.

Kotler, P., Keller, K. L., Mairead Brady, M. G., & Hansen, T. (2019). Marketing Management (1 European). Pearson Education Limited.

Luttrell, R. (2015). Social media : how to engage, share, and connect. Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc.

Morissan. (2012). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.

Nasrullah, R. (2016). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (N. S. Nurbaya (ed.); 2nd ed.). Simbiosa Rekatam Media.

Park, J., & Oh, I.-K. (2015). A Case Study of Social Media Marketing by Travel Agency: The Salience of Social Media Marketing in the Tourism Industry. International Journal of Tourism Sciences, 12(1), 93–106. https://doi.org/10.1080/15980634.2012.11434654

Soewadji, J. (2012). Pengantar metodologi penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120–123.

Wibisaputra, A. (2011). “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang)”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. Ilmu Sosial Dan Ekonomi.

Zappavigna, M. (2016). Social media photography: construing subjectivity in Instagram images. Visual Communication, 15(3), 271–292. https://doi.org/10.1177/1470357216643220


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.