Penerapan Digital Marketing Audio One dengan Pendekatan Komunikasi Pemasaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Audio One, dengan fokus pada pemanfaatan digital marketing melalui media sosial, e-commerce, dan saluran komunikasi daring lainnya. Dalam menghadapi tantangan pasar yang kompetitif, terutama setelah pandemi COVID-19, Audio One menerapkan konsep bauran pemasaran (4P), model PENCILS, serta pendekatan Four Steps Public Relations untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam dengan pemilik toko, karyawan, dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing Audio One mencakup promosi melalui WhatsApp, Instagram, marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, serta publikasi melalui event dan media online. Selain itu, keterlibatan dalam komunitas serta pelayanan pelanggan yang responsif turut memperkuat citra positif perusahaan. Evaluasi rutin setiap tiga bulan dilakukan untuk mengukur efektivitas strategi komunikasi yang dijalankan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi strategi pemasaran digital dengan pendekatan hubungan masyarakat yang humanis berperan penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan daya saing toko di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Winarko, H. B., Sihabudin, A., & Dua, M. (2023). Strategi komunikasi pemasaran digital terpadu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal Mebis, 5(1), 58–68. https://doi.org/10.33005/mebis.v5i1.103
Telkom University. (2023). Strategi komunikasi pemasaran digital pada pelaku usaha mikro: Studi Kebab Factory. Management Jurnal. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/21834
Hadianti, M. P., & Setyanto, Y. (2022). Strategi marketing public relations Gaspace dalam membangun brand awareness di era pandemi. Kiwari: Jurnal Komunikasi, 1(3), 486–492. https://journal.untar.ac.id/index.php/Kiwari/article/view/15798/12482
Dandi, D., Ridwan, H., Susilawaty, F. T., & Rajab, M. (2024). Penerapan teori PENCILS dalam manajemen krisis perbankan: Studi pada Bank Sultra. Newcomb: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media, 2(1), 101–118. https://newcomb.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/138
Febriyantoro, A., & Arisandi, I. (2024). Pemanfaatan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran bagi UMKM. Jurnal JW, IAHN Gde Pudja. https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/JW/article/download/2006/724/
Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi UMKM sebagai hasil inovasi dalam komunikasi pemasaran sahabat UMKM selama pandemi COVID‑19. JRK (Jurnal Risets Komunikasi), Universitas Pendidikan Indonesia. https://ejournal.upi.edu/index.php/Tekmulogi/article/view/39412
Strategi pemasaran produk UMKM di era digital. (2023). Jurnal Ilmu Komunikasi dan Manajemen (JIKM). https://sejurnal.com/pub/index.php/jikm/article/download/1654/1909/5449
Strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. (2022). Ekopedia, Indojurnal.com. https://indojurnal.com/index.php/ekopedia/article/view/643
Cutlip, S. M., & Center, A. H. (2018). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education.
Ardianto, E. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Panito, A. S., & Sukendro, G. (2023). Strategi komunikasi pemasaran Starbucks Indonesia. Kiwari: Jurnal Komunikasi.
Sinaga, S. Y., & Nindi, I. A. (2023). Strategi komunikasi pemasaran membangun minat pengunjung festival. Action Research Literate.
Rangkuti, F. (2019). Flexible Marketing. Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies
Secretariat address:
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)
email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.