Pengaruh Iklan Aesthetic Perfumery Catalog di Instagram @rectahouse.idn terhadap Minat Beli Konsumen

Pijar Kencana Salaska, Yos Harta Meliala, Rialdo Rezeky Manogari Lumban Toruan

Abstract


Recta house merupakan brand parfum yang menjual 6 jenis varian. Uniknya produk Recta house mengklaim bahwa ketika penggunanya semakin berkeringat maka semakin kuat aromanya, sehingga cocok untuk dipakai sambil beraktivitas.Pada saat ini Instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi momen lewat foto dan video. Instagram dapat juga digunakan untuk para pengiklan sebagai media. Oleh karena itu Recta House menggunakan fitur Instagram ads untuk mengiklankan produk-produknya. Dengan harapan iklan yang dibuat oleh Rectahouse dapat mempengaruhi minat beli. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui pengaruh iklan aesthehic perfumery catalog terhadap minat beli (Studi kasus pada followers aktif Instagram @rectahouse.idn). Penelitian ini didukung oleh teori S-O-R dan konsep-konsep yang berkaitan dengan iklan dan minat beli. Peneliti memilih untuk menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti memilih teknik non probability sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane sehingga mendapatkan jumlah sampel sebanyak 193 orang dari 375 anggota populasi. Data yang diperoleh didapatkan melalui penyebaran angket google form yang disebar oleh admin Instragram @rectahouse.idn. Dari hasil penelitian, peneliti kemudian dapat menarik kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh positif antara variabel iklan terhadap minat beli. Skor untuk variabel Iklan memberikan pengaruh konstribusi sebanyak 54% kepada variabel terikat Minat Beli, sedangkan 46% diberikan oleh variabel-variabel di luar model penelitian.

Keywords


iklan; minat beli; parfum; Instagram; recta house

Full Text:

PDF

References


Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101–118.

Bungin, B. (2017). Sistem Pemilu Dan Komunikasi Politikeksekutif-Legislatif, "seminar Nasionalimplikasi Perubahan Sistem Pemilu Terhadap Kehidupan Demokrasi Di Indonesia. Ubhara Surabaya.

Cresswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Daymette, L., & Montenegro Morales, D. (2017). THE HISTORY OF ADVERTISING.

Fatima, S., & Lodhi, S. (2015). Impact of Advertisement on Buying Behaviours of the Consumers: Study of Cosmetic Industry in Karachi City. International Journal of Management Sciences and Business Research.

Ihwan, H. (2021). Pengaruh Iklan Instagram Stories dan Iklan Instagram Timeline terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta Angkatan 2016 dan 2017.

Irdiana, S., Darmawan, K., & Ariyono, K. Y. (2021). Impulse buying di masa pandemi covid 19. Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), 1297–1310.

Khatib, F. (2016). The impact of social media characteristics on purchase decision empirical study of Saudi customers in Aseer Region. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41–50.

Kusumawardani, & Rohmah. (2021). Pengaruh endorsement dan Instagram ads terhadap penjualan sport apparel pada online shop@ Bajusport_Id. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mishra, A., & Mahalik, D. (2017). IMPACT OF ONLINE-ADVERTISING ON CONSUMERS. International Journal of Advanced Research, 5, 1935–1939. https://doi.org/10.21474/IJAR01/4625

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Qader, K. S., Hamza, P. A., Othman, R. N., Anwer, S. A., Hamad, H. A., Gardi, B., & Ibrahim, H. K. (2022). Analyzing different types of advertising and its influence on customer choice. International Journal of Humanities and Education Development (IJHED), 4(6), 8–21.

Ratnawati, P., & Hanifa, F. H. (2019). Pengaruh Event Marketing Terhadap Minat Beli Mobil Daihatsu All New Terios (Studi Masyarakat Di Kota Bandung Tahun 2019). EProceedings of Applied Science, 5(2).

Renaldi, P. A., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Iklan dan Citra Merek serta Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Produk Kopi Siap Minum dalam Kemasan Merek Nescafe. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 163–170.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. CV. Alfabeta.

Yandi, D. R., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-Commerce Situs blibli. com dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(3), 67–77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.