Analisis Resepsi Komunikasi Konteks Rendah pada Iklan Introducing Iphone 15 (2023)

Eni Kardi Wiyati, Fransiska Angelina Widiyanti, Widyarini Ridwan

Abstract


Digitalisasi telah berkembang dalam berbagai bidang, tidak terkecuali pada dunia periklanan. Salah satu penggunaan iklan secara digital dilakukan berbagai produk gadget (hanphone) dari berbagai merek. Iklan iPhone 15 (2023) dipilih karena dianggap memiliki ciri-ciri komunikasi konteks rendah, yaitu menekankan pada penyampaian informasi secara eksplisit dan langsung, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan meminimalisir penggunaan simbolisme dan makna tersirat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi komunikasi konteks rendah pada iklan iPhone 15 (2023). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis resepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resepsi komunikasi konteks rendah pada iklan iPhone 15 (2023) umumnya positif. Informan memahami informasi yang disampaikan dalam iklan dengan baik dan menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan budaya komunikasi konteks rendah pada iklan Introducing iPhone 15. Kendati demikian, adapula informan yang menunjukkan posisi negosiasi terhadap penggunaan budaya komunikasi tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang resepsi komunikasi konteks rendah dalam sebuah iklan, khususnya pada iklan iPhone 15 (2023).


Keywords


Analisis Resepsi; Iphone 15; Periklanan

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: (kedua). Tiara Kencana.

Ajijah, J. H., & Selvi, E. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Perangkat Desa. Jurnal Manajemen, 13(2), 232–236.

Alexander, J. (2008). Consensus: The Hidden Code of Swedish Leadership. Ingaro: InterMedia Publications.

Ardiansyah, R. (2021). Persepsi Konsumen Tentang Iklan Smartfren terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro). [IAIN METRO]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10219%0A

Bai, H. (2016). A Cross-Cultural Analysis of Advertisements from High-Context Cultures and Low-Context Cultures. Canadian Center of Science and Education, 9(8). https://doi.org/10.5539/elt.v9n8p21

Behrns, M., & Karphammar, A. (2018). Advertising in High-and Low Context Cultures: A Comparative Content Analysis Between Sweden and Brazil. International Marketing Program.

Davis, G., & Rimm, S. B. (2004). Education of the Gifted and Talented. Pearson Education International.

Dzulhidayat. (2022). RESEPSI TENTANG PERNYATAAN CHILDFREE GITA SAVITRI PADA TAYANGAN YOUTUBE ANALISA CHANNEL. 8(5).

Gudykunst, W. B., & Kim, Y. Y. (2003). Communicating With Strangers: An Approach to Intercultural Communication (4th Editio). McGraw Hill Education.

Hair, J. F., Celsi, M. W., Ortinau, D. J., & Bush, R. P. (2017). Essentials of Marketing Research. McGraw Hill Education.

Hall, E. T. (1976). Beyond Culture. Anchor Press/Double day.

Hall, S. (1973). Encoding and Decoding in the Television Discourse. Centre for Contemporary Cultural Studies.

Hall, S., Hobson, D., Lowe, A., & Willis, P. (1980). Culture, Media, Language : Working Papers in Cultural Studies (1st editio). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203381182

Koester, J., & Lustig, M. W. (1996). Intercultural Competence: Interpersonal Communication Across Cultures (2nd ed.). HarperCollins College Publishers.

Krisyantono, R. (2009). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Perdana Media Group.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.

Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2013). Communication Between Cultures: Eight Edition. Wadsworth Cengage Learning.

Saputri, M. E., & Saraswati, T. G. (2017). High-Low Context Communication In Business Communication of Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 150.

Setya Watie, E. D. (2012). Periklanan Dalam Media Baru (Advertising in the New Media). Jurnal The Messenger: Cultural Studies, IMC, and Media, 4(01).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yasmin, H. A. (2024). Analisis Resepsi Generasi Z Dalam Iklan iPhone Series 15 (Studi Kasus Pada Iklan iPhone 15 Pro Musik Video Olivia Rodrigo “Get Him Back”). Universitas Bakrie.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.