Pengaruh Konten Visual Produk MALACCA.JKT Terhadap Minat Beli Komunitas Workshop Skate

Muhammad Akbar Kiagung, Ardan Achmad, Bramayanti Kusumasakti

Abstract


Di internet banyak sekali inovasi serta trend yang beragam, dengan hadirnya media sosisal saat ini khusus Instagram, menjadi alat untuk mempromosikan sebuah produk supaya dikenalkan lebih oleh khalayak luas. Instagram menjadi salah satu platfrom media social yang memiliki fitur utama yang berbasis visual. Oleh karena itu brand Malacca.jkt menggunakan media social Instagram sebagai media promosi. Dengan memanfaatkan Konten Visual yang dibuat untuk menarik konsumen dan dapat mempengaruhi minat beli produk-produk mereka. Pertanyaan yang ditujukan dalam penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh produk brand Malacca.jkt dalam Instagram. Dengan maksud untuk mengetahui sebarapa besar minat konsumen produk brand Malacca.jkt. Sebagai landasan dari penelitian ini, dugunakan Teori Use and Effect dan AISAS (Attention, Interest, Search, Action, and Share), dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivistik. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari berbagai publikasi. Studi ini mendistribusikan formuliar Google kepada 100 peserta untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh sebesar 54% Konten Visual produk Malacca.jkt terhadap minat beli komunitas Workshop Skate, dengan sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh faktor di luar model yang di teliti.

Keywords


Konten Visual; Instagram; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Amanda P. Santoso, Imam Baihaqi, & Satria F. Persada. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 6.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. WIDYAKALA JOURNAL: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY, 3, 49–56.

Diamastuti, E. (2018). KE (TIDAK) PATUHAN WAJIB PAJAK: POTRET SELF ASSESSMENT SYSTEM. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 20(3), 280–304. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2016.v20.i3.52

Dwi, A. (2012). Bambang. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Fadila, D., & Ridho, Z. (2013). Perilaku Konsumen: Palembang: Citrabooks Indonesia.

Fauziah, A., & Trenggana, A. F. (2016). Pengaruh penggunaan social media terhadap tingkatan brand awareness HijUp. com di kota Bandung.

Firdaus Haidar, N., & Martadi. (2021). ANALISIS KONTEN VISUAL POST INSTAGRAM Riliv DALAM MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT. Jurnal Barik, 2(2), 121–134. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Gahran. (2015). Factors Determining the Usefulness of Mobile Educational Applications: A Review. International Journal of Emerging Trends in Engineering Research, 8(10), 6788–6796. https://doi.org/10.30534/ijeter/2020/278102020

Ghafoor Awan, A., & Rehman, A. (2014). IMPACT OF CUSTOMER SATISFACTION ON BRAND LOYALTY-AN EMPIRICAL ANALYSIS OF HOME APPLIANCES IN PAKISTAN. In British Journal of Marketing Studies (Vol. 2, Issue 8). Online. www.eajournals.org

Ghozali, I. (2017). Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9 (9th ed.). Universitas Diponegoro.

Helmi, M. S. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada cv master pasir pengaraian kabupaten rokan hulu. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi, 3(1).

Ismawati, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Akun Instagram “Duniahalal” Terhadap Keputusan Pembelian Barang. 31–32.

Jokom, R. (2018). Persepsi Follower terhadap Pemasaran Restoran melalui Instagram di Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 11(1), 20–32.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Karjaluoto, H., Shaikh, A. A., Leppäniemi, M., & Luomala, R. (2019). Examining consumers’ usage intention of contactless payment systems. International Journal of Bank Marketing, 38(2), 332–351. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2019-0155

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa, Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–137.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya. Sosioteknologi. Cet. Kedua. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.

Pentak, S., Roth, R., & Lauer, D. A. (2021). Design basics: 2D and 3D. Cengage Learning.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer.

Rahima, P. (2018). Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Botol Merek Narmada (Studi Kasus: Pada Masyarakat Lingkungan Kebun Sari Mataram). Jurnal Varian, 1(2), 92–101.

Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). Self disclosure melalui media sosial Instagram (Studi kasus pada anggota Galeri Quote). Nyimak: Journal of Communication, 2(1), 81–94.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Secretariat address:

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus III, Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
WA: +62 857-1707-0292 (Chat Only)

email: hybrid_ad@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.