PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SISTEM PERPAJAKAN, SANKSI DENDA, KEMAMPUAN FINANSIAL DAN PERSEPSI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP PENGGELAPAN PAJAK (TAX EVASION)

Islamiah Kamil

Abstract


This study aims to determine the magnitude of the influence of service quality, taxation system, fine sanctions, financial capacity and perceptions of individual taxpayers on tax evasion (tax evasion. Sample selection was carried out using the Convinience Sampling method. Respondents of the study were DKI Jakarta Regional Taxpayers. The sample used was 120 respondents. The sample technique used was multiple linear regression analysis in SPSS ver. 22. The results of this study partially prove that service quality has an effect on tax evasion. The tax system has an effect on tax evasion. Penalties have no effect on tax evasion. Financial capability has no effect on tax evasion. Perceptions of individual taxpayers do not affect tax evasion.


Keywords


service quality; tax system; penalty; financial capability; individual taxpayers; tax embezzlement

Full Text:

PDF

References


Abidin, Nurfaizah. 2016. “pengaruhtarifpajak, sistem perpajakan, pengawasan pajak dan sunset policy terhadap minimalisasi tax evasion (studi empiris pada wajib pajak KPP Makassar Selatan)” dalamhttp://repositori.uin-alauddin.ac.id/1614/1/Nurfaizah%20Abidin.pdf.

Annisa Heny. 2018 “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Semarang)”. Jurnal Studi Manajemen Organisasi 15 (2018) Juni 55 – 69

Brotodiharjo, R Santoso. 2013. PengantarIlmuHukumPajak. RefikaAditama.

Devano dan Rahayu. 2006.”Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu”. Kencana. Jakarta.

Dhana, MeliYanti dan Ketut Ali Suardana. 2017. “pengaruhpersepsiwajibpajak mengenai penggelapan pajak dan keadilan sistemperpajakan pada kepatuhanpajak di Kantor PelayananPajak (KPP) PratamaBadung Selatan”

Ezer, EbenGozali. 2017.” membuatpenelitian yang berjudul pengaruh tingkat pendapatan, tarif pajak, denda pajak dan probabilitaspemeriksaanpajakterhadapkepatuhanpajak” dalamhttp://eprints.undip.ac.id/54892/1/12_EZER.pdf.

Febriyanto, Bobby. 2017. “melakukanpenelitian yang berjudul pengaruh kualitas pelayanan fiskus dan karakter eksekutif terhadap penghindaran pajak (studi kasus Pada KPP Pratama Jakarta Matraman)” dalamhttps://repository.mercubuana.ac.id/view/divisions/432/2017.html

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gunadi. 2005. AkuntansiPajak. PT. GramediaWidiasarana, Jakarta

Ritonga, Pandapotan. 2011. Analisis PengaruhKesadaran dan Kepatuhan Wajib PajakTerhadapKinerja Kantor PelayananPajak (KPP) dengan Pelayanan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening di KPP Medan Timur. Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Kotler, Philip. 2002. ManajemenPemasaran :Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, terj : Hendra Teguh dan Ronny Antonius

Rusly, Edisi 9, Jilid 1 dan 2, PT Prenhalindo, Jakarta.

Hardiansyah. 2011. KualitasPelayananPublik. Yogyakarta: Gava Media.

Lintang, Dea Novatrias. 2011. “pengaruhsanksiperpajakan dan administrasi perpajakan terhadap upaya penggelapan pajak (survey pada KPP Pratama Bandung Karees)”

Mardiasmo. 2013. Perpajakan, Politik, Sosial dan Sejarah. Andi Yogyakarta.

McGee, et al. 2008. “persepsietikamengenaipenggelapan pajak di Hong Kong dan Amerika Serikat” dalamhttps://www.academia.edu/24829240/PENGARUH_KEADILAN_SISTEM_PERPAJAKAN_DAN_DISKRIMINASI_TERHADAP_PERSEPSI_WAJIB_PAJAK_MENGENAI_ETIKA_PENGGELAPAN_PAJAK_TAX_EVASION

Nugroho, RA 2012. Kesediaanuntukmembayarpajak, membayarpajakkesadaran, pengetahuan dan pemahamanwajibpajak, persepsi yang baikdariefektivitassistemperpajakan, kualitaspelayanan. DipenegoroJurnalAkuntansi. ISSN. 2337-3806, Vol.1 No 2

Nurmantu, Safri. 2003. PengantarPerpajakan. Jakarta. Granit.

Pradnya, A.A Mirah Paramita dan I GustiAyuNyomanBudiasih. 2016. “pengaruhsistemperpajakan, keadilan dan teknologi perpajakan pada persepsi wajib pajakmengenaipenggelapanpajak pada tahun 2016” dalam https://www.e-jurnal.com/2017/01/pengaruh-sistem-perpajakan-keadilan-dan.html.

Prasetyo, S. 2010. PersepsiEtisPenggelapanPajakBagiWajibPajak Di WilayahSurakarta. Tesis.Surakarta: UniversitasSebelasMaret Surakarta.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia : Konsep dan Aspek Formal. GrahaIlmu. Yogyakarta.

Resmi, Siti. 2009. Perpajakan: Teori dan Kasus. Edisi 8. SalembaEmpat. Jakarta

S.R, Soemarso. 2007. PerpajakanPendekatanKomprenensif. SalembaEmpat. Indonesia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suparyadi. 2002. Faktor-faktor yang MempengaruhiPersepsi dan DampaknyaterhadapMinat Ber-kunjungWisatawankeObjekWisataAlam di KabupatenKe-diri, JurnalEkuitas Vol. 6 No. 1.

Tjiptono, Fandy. 2009. Service Marketing: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis

Waluyo, 2007. Perpajakan Indonesia. Buku 1. SalembaEmpat. Jakarta

Waluyo. 2009. AkuntansiPajak. Jakarta: SalembaEmpat

Xynas, L. 2011. "Tax Planning, Avoidance and Evasion in Australia 1970-2010: The Regulatory Responses and Taxpayer Compliance". Revenue Law Journal Vol.20 Issue.1.

Zain, Mohammad. 2007. Manajemen Perpajakan. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32509/jakpi.v1i1.1343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

 

 Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal JAKPI
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta 10270
Email: jakpi@jrl.moestopo.ac.id