KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN SELF INTERNET PADA TRANSAKSI PEMBAYARAN PAJAK

Hendi Prihanto, Selfiani Selfiani, Watriningsih Watriningsih

Abstract


This study aims to determine the magnitude of the effect on the ease of use, trust and security of customer interest in using the Internet for tax payment transactions. The population of this study is all customers who have a savings account at Bank Mandiri Lemigas Jakarta Branch. Sample selection was done by using the Accidental Sampling method. with the method of collecting data using a questionnaire. The data analysis technique in this study used multiple linear regression test in SPSS. The results of this study partially indicate that ease of use and security have a positive and significant effect on customer interest in using Self Internet in tax payment transactions, while the trust variable has no effect on customer interest in using Mandiri Internet in tax payment transactions.


Keywords


Ease of Use; Trust; Security; Customer Interest

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBMM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Rahardjo, Budi, 2005. Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet PT Insan Infonesia - Bandung & PT INDOCISC – Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widyarini. 2005. Analisis Niat Perilaku Menggunakan Internet Banking di Kalangan Pengguna Internet di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, Vol. 5, No. 1 April 2005: 101-123

Ba, S. and Pavlou, P.A. 2002. Evidence Of The Effect Of Trust Building Technology In Electronic Markets: Price Premiums And Buyer Behaviour. MIS Quarterly. Vol. 26, No. 3.

Lau, G, dan Lee, S, 1999. Consumers Trust In A Brand And Link To Brand Loyalty, Journal of Marketing Focused Management.

Panggalih, Restu Guriting. 2013. Minat Individu Terhadap Penggunaan Internet Banking: Pendekatan Modified Theory Of Planned Behavior. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 1, No. 2.

Priyanto. 2015. Faktor Determinan Minat Individu Menggunakan Sistem Informasi Berbasis Internet Banking. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 3, No. 1.

Harlan, Dwimastia. 2014. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kharismawan, Ikhsan Toga. 2015. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Akestabilitas, Keamanan Penggunaan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara E-Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Pengguna Internet Banking di Kota Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Semarang.

Kinanti, Firstly. 2013. Analisis Determinan Sistem Informasi E-Ticketing: Pendekatan Extended Theory of Planned Behavior. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya Malang.

Shofiana, Nur. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Pengguna Internet Banking di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang. Skripsi. IAIN Walisongo Semarang.

Saraswati, Pradhita. 2013. Penerimaan E-Commerce: Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Resiko. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Website

http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran (Diakses 11 Mei 2016)

http://dahlansyuhada25.blogspot.com/2013/12/pengertian-minat-menurut-para-ahli.html (Diakses 11 Mei 2016)

http://eprints.undip.ac.id/view/divisions/mag=5Fmanagement/2010.html (Diakses 11 Mei 2016)

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS 21. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Pogram iIBM SPSS 21. https://doi.org/10.1126/science.1158668

Selfiani, Hendi Prihanto, Tri yulaeli, H. J. M. (2022). ANALISIS POTENSI KECURANGAN PADA PRAKTIK BELANJA ONLINE. JURNAL BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(1), 101–113. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/jmb/article/view/2004




DOI: https://doi.org/10.32509/jmb.v1i2.2217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
JL. HANG LEKIR I No.8 JAKARTA 10270
Email: jmb@jrl.moestopo.ac.id