PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI PADA APLIKASI ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19

Indra Ade Irawan

Abstract


The purpose of this study was to determine and analyze the effect of product quality, brand image and price on Coffee Purchasing Decisions in Online Applications during the Covid-19 Pandemic. The population in this study is the community who use online applications in the area of Tangerang City Selatang (Grabfood, Gofood, and Shoppeefood). The sample used is 100 respondents. The sampling method uses Convinience Sampling. The data collection method used survey method, with the research instrument was a questionnaire. The data analysis method used was multiple linear regression analysis. The results of the research hypothesis testing indicate that the variable product quality has a positive and significant effect on the decision to buy coffee in online applications, brand image has a positive and significant effect on the coffee purchase decision in the online application, and the price has a positive and significant effect on the coffee purchase decision in the online application

Keywords


Product Quality; Brand Image; Price; Coffee Purchase Decision; Online Application

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. (2010). Manajemen Ekuitas Merek. Edisi Revisi.Jakarta : Mitra Utama.

Alamsyah, Bagas Yudhistira. (2018). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio M3 (Studi Kasus Pada Pembeli Sepeda Motor Yamaha Mio M3 di Kembangan, Jakarta Barat). Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Afatimah, Shellawati. (2018). Pengaruh Iklan Lingkungan Hidup, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Ades. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Brahmana, Ary Alfry. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Harga Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Lokal di DKI Jakarta. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Djatmiko, Tjahjono dan Rezza Pradana. (2015). Brand Image and Product Price : Its Impact for Samsung Smarphone Purchasing Decision. Procedia – Social and Behavioral Sciences 219 (2016) 221 – 227.

Faisal, Gian. (2018). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza di Jakarta Barat.Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Fatlahah, Aniek. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall's Magnum. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Ghozali, Imam. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi kelima. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro..

Ghozali, Imam. (2013)Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ketujuh. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016)Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi kesembilan. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Hotimah, Husnul. (2017). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan PRomosi Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Air Minum Isotonik Mizone (Studi Kasus Pada Konsumen di Bandung). Universitas Mercu Buana. Jakarta.

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ (di unduh pada 30 Juni 2019)

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/12/12/indonesia-masuk-daftar-negara-konsumsi-kopi-terbesar-dunia (di unduh pada 30 Juni 2019)

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton

Ibrahim, Banu. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Mazda 2 di Wilayah Jakarta Barat.Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Irmawati, Dewi. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Mahasiswa d UMB Menteng).Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Kato, Takumi dan Kazuhiko Tsuda. (2018). A Management Method of the Corporate Brand Image Based on Customers'Perception.Procedia – Social and Behavioral Sciences 126 (2018) 1368 - 1377.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi ke 8. Jakarta: Erlangga.

Kristianto, Paulus Lilik. (2011). Psikologi Pemasaran: Integrasi Ilmu Psikologi dalam Kegiatan Pemasaran.Jakarta : PT Buku Seru.

Lalu Muhammad Fahri, (2019) Strategi Marketing Public Relations Go-Food dalam Pembentukan Citra Perusahaan di Kota Surabaya, Jurnal, Surabaya, h.5

Moleong, Lexy J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mariah. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Hi Steel pada CV Bumi Surya Pertiwi Depok. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Ningsih, Asmah A. (2017). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu XL Prabayar di UMB Menteng. Jakarta:Universitas Mercu Buana.

Olson, Jerry C. dan J. Paul Peter. (2012). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.

Putra, Fajar D. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan HArga Terhadap Keputusan Pembelian Rimah di PT Paramount Enterprise International Gading Serpong Tangerang. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Ratela, Gerry Doni dan Rita Taroreh. (2015). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Kopi Coffe Island.Sulawesi : Universitas Sam Ratulangi Manado..

Sari, Risna Purnama. (2019). Pengaruh Haga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Lea Jeans Pada Pengunjung Toko Lea Jeans Di Mall Ciputra Grogol Jakarta Barat. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Setiawan, Elfa. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan PErsepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada PT TIKI Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE) Kantor Wilayah Bekasi Jawa Barat. Jakarta : Universitas Mercu Buana Program Pasca Sarjana.

Setiawan, Elfa. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada PT TIKI Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE) Kantor Wilayah Bekasi Jawa Barat. Jakarta : Universitas Mercu Buana Program Pasca Sarjana.

Sopiah, dan Etta Mamang Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma.Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Swastha, Basu. (2016). Manajemen Penjualan; Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tirawati, Monika dan Mahmudah. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond's Flawless White. BISMA-Bisnis Manajemen Volume 6. No. 2. Febuari 2013.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Weenas, Jackson RS. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Sulawesi : Sulawesi : Universitas Sam Ratulangi Manado.




DOI: https://doi.org/10.32509/kelola.v7i1.1409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

  


Recomended Tools:

goto turnitin.com  goto mendeley web

KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: kelola@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2023 Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.