KOMUNIKASI PEMASARAN KOLABORASI KOMUNITAS CANVASaTHOR DAN DIGITAL KOOMIK DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
Abstract
Dalam dunia pemasaran, terdapat sebuah cara untuk meningkatkan nama sebuah perusahaan atau meningkatkan penjualan produk perusahaan, yaitu kolaborasi. Kolaborasi adalah sebuah kerja sama antar sesama partner untuk mencapai tujuan yang masing-masing kehendaki. Pada penelitian ini sebuah komunitas komikus bernama CANVASaTHOR melakukan komunikasi kolaborasi pemasaran bersama layanan komik digital KOOMIK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil dari komunikasi pemasaran kolaborasi yang dilakukan pihak KOOMIK dan CANVASaTHOR untuk meningkatkan kesadaran merek. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa bentuk kolaborasi yang dilakukan CANVASaTHOR dan KOOMIK adalah kolaborasi eksternal, atau biasa disebut komunikasi dengan pihak luar, serta komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah personal selling yang termasuk unsur dari KOMUNIKASI PEMASARAN, dan hasil dari komunikasi kolaborasi tersebut adalah terjadinya kesadaran merek pada khalayak ketika kedua pihak berkolaborasi, mereka ingat nama kedua pihak ketika disebutkan dalam seminar daring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bojic, Anja. (2023, May 11). Collaborative Communication: Why It Matters And How To Improve It – Pumble Blog. Https://Pumble.Com/Blog/Collaborative-Communication/
Cendekiawan, A. (2021, May 24). Proses Kerja Kbl Dalam Menjalankan Program Corporate Social Responsibility Di Pt. Pelindo 1 (Persero) Cabang Pekanbaru Untuk Meningkatkan Citra. Https://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/50469/1/Skripsi%20gabungan.Pdf#Page=47
Dr. Dwinarko, M.M., M. H. (Ketua P., 0312026604, N. :, 2. Dr. Ari Sulistyanto, S.Sos., M. I. Kom. (Anggota P. 1), 0303077002, N. :, 3. Dr. Wichitra Yasya, S.Si., M. Commun. (Anggota P. 2), & 0303098405, N. : (2022). Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya 1. Strategi Merger Gojek Dan Tokopedia Melalui Komunikasi Perusahaan Dalam Framing Berita Media Daring Di Era Pandemi Covid-19, 1–27.
Fakhrana, D., & Zulfebriges. (2021). Aktivitas Promosi Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Ciamis Melalui Kegiatan Desaku Wisataku. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 61–68. Https://Doi.Org/10.29313/Jrmk.V1i1.163
Hidayah, I. (2018). Pengaruh Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Penilaian (Sip) Bandung Juara Dalam Meningkatkan Kinerja Camat Dan Lurah Kota Bandung Tahun 2016-2017. Https://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/, 1, 1–17.
Juditha, C. (2020, January 24). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Pola Komunikasi Masyarakat Desa (Studi Di Desa Melabun, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung). Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/1717/82e2a909871daf9b1a70b07e2be35cb98bdc.Pdf
Kamil, I. (2018). Komunikasi Kolaboratif Dalam Pelestarian Kawasan Konservasi Hutan Kawah Kamojang Bandung. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 02(01), 651–656.
Karunia, V. (2022). Piramida Brand Awareness Beserta Penjelasannya. 2022. Https://Www.Kompas.Com/Skola/Read/2022/01/10/100000469/Piramida-Brand-Awareness-Beserta-Penjelasannya?Page=All
Kriya Manggala Indonesia. (2023, May 7). Koomik - Portal Berbagi Komik - Izinhlelo Zokusebenza Ku-Google Play. Https://Play.Google.Com/Store/Apps/Details?Id=Com.Apps.Koomik&Hl=Zu&Gl=Us
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i1.65
Lestari, C. I., & Irwansyah, I. (2021). Kolaborasi Produksi Konten Youtube Melalui Multi-Channel Network: Studi Pada Kreator Sandy Ss Dengan Collab Asia. Jurnal Riset Komunikasi, 4(1), 143–159. Https://Doi.Org/10.38194/Jurkom.V4i1.152
Fakhrurrozi, M. (2019). Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus Pada Ranu Klakah Di Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang) (Issue Mi). Http://Repository.Itbwigalumajang.Ac.Id/732/
Medina, I. (2023). 9 Jenis Kolaborasi Di Dunia Kerja, Mana Yang Cocok Untukmu? February, 10. Https://Glints.Com/Id/Lowongan/Jenis-Kolaborasi-Di-Dunia-Kerja/#:~:Text=Kolaborasi Eksternal&Text=Kolaborasi Eksternal Termasuk Jenis Kolaborasi,%2c Perusahaan Lain%2c Hingga Kompetitor.
Rahmalia, N. (2022). Personal Selling: Definisi, Manfaat, Cara Melakukannya. Https://Glints.Com/Id/Lowongan/Personal-Selling-Adalah/
Permatasari, D. N. C. (2022). Strategi Peningkatan Brand Awareness Dan Aktifitas Promosi Dalam Sport Event (Studi Kasus: Event Maybank Bali Marathon 2019, Gianyar, Bali). Jurnal Kepariwisataan, 21(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.52352/Jpar.V21i1.697
Profil Canvasathor. (2021.).
Rachmawati, D., & Fithrah Ali, D. S. (2018). Analisis Kriteria Personal Branding Selebgram Non Selebriti (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @Lippielust). Jurnal Komunikasi, 12(1), 23–30. Https://Doi.Org/10.21107/Ilkom.V12i1.3712
Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Educational Guidance And Counseling Development Journal, Iii(1), 1–7.
Rismayanti, R. (2017). Integrated Marketing Communications (Komunikasi Pemasaran) Di Pt Halo Rumah Bernyanyi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 253–266. Https://Doi.Org/10.24002/Jik.V13i2.835
Salmaa. (2023, February 27). Penelitian Studi Kasus: Pengertian, Jenis, Dan Contoh Lengkapnya.Https://Www.Duniadosen.Com/Penelitian-Studi-Kasus/#Jenis_Penelitian_Studi_Kasus
Tanjung, A. (2019). Kolaborasi Dinas Kebudayaan Kabupaten Gowa Dengan Masyarakat Adat Dalam Pelestarian Di Kawasan Pariwisata Benteng Somba Opu. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
What Is The Importance Of Collaborative Work Communication? | Wrike. (2023). Retrieved May 28, 2023, From Https://Www.Wrike.Com/Collaborative-Work-Guide/Faq/What-Is-The-Importance-Of-Collaborative-Work-Communication/
Wulandari, F. (2019). Kolaborasi Organisasi Terhadap Perlindungan Dan Pelayanan Publik (Studi Kasus Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bone. In Progress In Retinal And Eye Research. Universitas Muhammadiyah Makassar.
DOI: https://doi.org/10.32509/kelola.v9i1.4060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: kelola@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2023 Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.