KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN PASIEN FDC ALAM SUTERA
Abstract
Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan umum, dan meningkatnya kesadaran masyarakat menuntut pelayanan klinik gigi yang berkualitas. Klinik gigi swasta berperan penting dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045 melalui peningkatan kualitas layanan kesehatan masyarakat. Saat ini, klinik gigi tidak hanya berfungsi sebagai fasilitas medis, tetapi juga entitas sosio-bisnis yang menekankan kepuasan dan loyalitas pasien dalam menghadapi kompetisi industri kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, dengan mempertimbangkan strategi pengenaan harga dan kompetensi karyawan sebagai variabel intervening di Klinik FDC Alam Sutera. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 99 pasien, serta analisis data menggunakan regresi dan analisis jalur (path analysis) melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Selain itu, strategi harga dan kompetensi karyawan secara signifikan memediasi hubungan tersebut. Strategi harga yang kompetitif dan penguatan kompetensi karyawan melalui pelatihan berkelanjutan terbukti meningkatkan persepsi nilai dan kepuasan pasien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ari Setyaningrum. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta:CV. Andi Offset
Aulia, M., & Hidayat, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(5)
Azhima Fajar Amalia, Veta Lidya Delimah Pasaribu (2022) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada pasien klinik jakarta dental Project. Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398
Cahyani, G, Febby. 2016. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5 No.3 Maret 2016
Christ Windreis (2021) Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien dengan Pelayanan Sebagai Variabel Intervening Pada RS Bina Kasih Pekanbaru Journal of Trends Economics and Accounting Research Vol 1, No 4, Juni 2021, pp 142−146
Cut, Mutiawati., et. Al. , 2019, Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta: CV. BUDI UTAMA
Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta
Donny Wirawan, Ngaliman, I Wayan Catra Yasa (2024) Pengaruh Kompetensi, Tarif Pelabuhan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada PT. Covanova Trans Services Batam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Lembaga Penellitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol 24, No 2 (2024): Juli, 1951-1956
Endah Zuraidah, Ernani Hadiyati, Umi Muawanah (2021) Pengaruh Harga, Penerapan e-resep dan Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap kepuasan pasien, dengan kualitas pelayanan sebagai variabel intervenin. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.
Gunadi, Adi Irawan, Sri Langgeng Ratnasari, Chablullah Wibisono (2015) kualitas pelayanan sebagai variabel intervening antara kompetensi pegawai dan budaya kerja terhadap kepuasan mitra di pelayanan terpadu satu pintu badan pengusahaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis vol. 3, no. 1, 2015, 56-65 ISSN: 2337-7887
Hermawati (2018) pengaruh kompetensi pegawai, kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan pelanggan pada kantor UPT pendapatan wilayah makassar 01 selatan, provinsi sulawesi selatan. Jurnal Mirai Management Volume 3 No.1 2018
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Markx Pattiasina. (2011). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan PT.Bank Tabungan Negara, Tbk. Kantor Cabang Manado.
Nagari dan Hilda berliana. 2015. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. Diakses dari https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2. 174
Pakurár M. et al. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability (Switzerland),11(4), 1–24.
Diakses dari https://doi.org/10.3390/su11041113
Pambudi, Ryllo Saka Pambudi (2021) Strategi Pemasaran dalam Marketplace Facebook. Strategi Pemasaran dalam Marketplace Facebook.
Pertiwi, Dewi. 2021. Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage di Bandung Raya). Sleman: Deepublish.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta
Tianing, V. N., & Siswahyudianto. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kelompok Tani. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 3(1), 57–74. Diakses dari https://doi.org/10.54471/idarotuna.v3i1.28
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada, Jakarta-14240.
Windasuri, Heria, H. S. & B. T. (2017). Excellent Service The Secrets of Building a Service Organization.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Yuana, D., & Wahyuati, A. (2018). Pengaruh Harga, Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(12). http: // jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/237.
DOI: https://doi.org/10.32509/kelola.v11i1.6063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: kelola@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2023 Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1.png)







