GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROFESI TAHUN 2021/2022 TENTANG PATIENT SAFETY DI RSGM UPDM(B)

Tuti Alawiyah, Vidiana Tryartha Ramadhani

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang: Patient Safety merupakan suatu tindakan untuk mencegah terjadinya kesalahan medis dan efek samping bagi pasien terkait perawatan kesehatan. Pelayanan kesehatan bagi pasien terutama pasien di rumah sakit berisiko terjadi kecelakaan keselamatan pasien. Hal ini menuntut rumah sakit untuk memberikan pelayanan medis yang aman, bermutu, tidak diskriminatif, dan efektif dengan mengutamakan kebutuhan pasien sesuai standar pelayanan rumah sakit. Pengetahuan merupakan hasil dari keinginan untuk mengetahui terhadap sesuatu objek, biasanya didapatkan setelah melakukan pengindraan. Pengetahuan mahasiswa profesi tentang patient safety berperan penting dalam menciptakan budaya patient safety di rumah sakit. Mahasiswa profesi merupakan calon dokter/dokter gigi yang nantinya akan berinteraksi langsung dengan pasien dan terlibat dalam merencanakan maupun tindakan perawatannya, sehingga mahasiswa yang menyelesaikan proses pendidikan di rumah sakit yang disiplin tentunya dibekali dengan kemampuan untuk merawat pasien sebaik mungkin. Tujuan: Menjelaskan gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa profesi tahun 2021/2022 tentang patient safety di RSGM UPDM(B). Metode: Penelitian deskriptif dengan desain cross sectional dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Kuesioner dalam bentuk google form disebarkan untuk menilai pengetahuan. Analisis univariat dilakukan dengan menggunakan software pengolah data statistik. Hasil: Dari 120 responden mayoritas berusia 23 tahun (52,5%), didominasi oleh perempuan (79,2%), memiliki kategori pengetahuan yang cukup sebanyak 84 orang (70%). Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa profesi tahun 2021/2022 tentang patient safety di RSGM UPDM(B) adalah cukup.

 

ABSTRACT

Background: Patient safety is an action to prevent medical errors and side effects for patients related to health care. Health services for patients, especially patients in hospitals, are at risk of patient safety accidents. This requires hospitals to provide safe, quality, non-discriminatory, and effective medical services by prioritizing the needs of patients according to hospital service standards. Knowledge is the result of a desire to know about an object, usually obtained after sensing. Knowledge of professional students about patient safety plays an important role in creating a culture of patient safety in hospitals. Professional students are prospective doctors/dentists who will later interact directly with patients and be involved in planning and treatment actions so that students who complete the educational process in a disciplined hospital are certainly equipped with the ability to treat patients as well as possible. Objective: To describe the level of professional students' knowledge in 2021/2022 about patient safety at RSGM UPDM(B). Methods: A descriptive cross-sectional study with a purposive sampling technique. Questionnaires in the form of google forms were distributed to assess the knowledge. Univariate analysis was performed using statistical data processing software. Results: The majority of the 120 largest respondents came aged 23 years (52,5%), dominated by women (79,2%), with good knowledge category as many as 84 people (70%). Conclusion: The results of the study show that the knowledge level of professional students in 2021/2022 about patient safety at RSGM UPDM(B) is sufficient.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Patient Safety, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Anonim. Primum non nocere Definition & Meaning - Merriam-Webster. Tersedia di: https://www.merriam-webster.com/dictionary/primum%20non%20nocere [Diakses 7 Januari 2022].

Shmerling, RH. First, do no harm - Harvard Health. Tersedia di: https://www.health.harvard.edu/blog/first-do-no-harm-201510138421 [Diakses 7 Januari 2022].

World Health Organization. Regional Office for South-East Asia. Regional strategy for patient safety in the WHO South-East Asia region (2016-2025). New Delhi: WHO; 2015:36.

Menteri Kesehatan RI. Permenkes RI No. 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien. Jakarta: Depkes RI. 2017.

Pham JC, Hoffman C, Popescu I, Ijagbemi OM, Carson KA. A tool for the concise analysis of patient safety incidents. Joint Commission Journal on Quality and Patient Safety. 2016;42(1):26–33.

Gunawan, Yuli Widodo F, Harijanto T. Analisis Rendahnya Laporan Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit An Analysis of Low Adverse Error Reporting at Hospital. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2015:207.

Notoatmodjo. Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta; 2012:138.

Budiman, Riyanto A. Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2013:66–69.

Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.

Billings DM, Halstead JA. Teaching in Nursing: A Guide for Faculty. 6th ed. St. Louis: Elsevier; 2019:237

Masturoh I, Anggita N. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2018:67-248.

Musharyanti L, Rohma AN, Fitriani N. Pengetahuan Mahasiswa tentang Patient Safety dan Kesalahan Medis yang Dilakukan Mahasiswa Profesi PSIK UMY di Rumah Sakit. Jurnal UMY. 2016:24-7.

Nuryanti A. Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan Tentang Sasaran Keselamatan Pasien: Undergraduate Nursing Students Knowledge about Patient Safety Goals. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing). 2019;5(2):86-91.

Haskas Y, Rasimin R. Pengetahuan Perawat dengan Upaya Penerapan Patient Safety di Ruang IGD dan ICU RSUD Salewangang Maros. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis. 2019;14(3):317-24.

Cho MY, Jang SJ. Nurses’ Knowledge, Attitude, and Fall Prevention Practices at South Korean Hospitals: A Cross-ectional Survey. BMC nursing. 2020;19(1):1-8

Watulangkow M, Sigar NN, Manurung R, Kartika L, Kasenda E. Pengetahuan Perawat Terhadap Teknik Komunikasi SBAR di Satu Rumah Sakit di Indonesia Barat. Jurnal Keperawatan Raflesia. 2020;2(2):81-8.

Kinanti DW, Kusniati R. Gambaran Manajemen Keselamatan Pasien di RSGM Unimus Berdasarkan Agency For Health Research And Quality Care (AHRQ). Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI). 2020;4(2):166-77.

Rachmawati NP, Ernawati DK, Artini IG. Analisis Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Tahun Ajaran 2017-2018 Universitas Udayana tentang prescribing error. Intisari Sains Medis. 2019;10(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M-Dental Education and Research Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.